Sukses

Dampak Negatif Kekurangan Garam Pada Tubuh, Konsumsi dengan Tepat

Kekurangan garam bisa sebabkan masalah serius.

Liputan6.com, Jakarta Terlalu banyak konsumsi garam kerap dikaitkan dengan tekanan darah tinggi dan sejumlah masalah kesehatan lainnya. Tubuh manusia mengatur berapa banyak natrium yang dikandungnya. Jika kadarnya terlalu tinggi, tubuh akan merasa haus, dan ginjal mempercepat proses menghilangkannya.

Garam atau sodium ditemukan di hampir semua makanan dan minum. Sodium hadir secara alami di banyak makanan, ditambahkan ke orang lain selama proses pembuatan dan digunakan sebagai agen penyedap makanan.

Komponen utama garam adalah sodium yang merupakan elektrolit penting dalam tubuh. Kebanyakan pedoman saat ini merekomendasikan asupan sodium sebesar 2.300 mg per hari, atau kurang. Beberapa bahkan mencapai 1500 mg per hari.

Namun, meskipun terlalu banyak garam menyebabkan masalah, konsumsi terlalu sedikit bisa sama buruknya. Pada jumlah yang tepat, garam adalah nutrisi penting bagi kesehatan. Ia memainkan peran penting dalam fungsi saraf otot dan membantu tubuh menjaga keseimbangan cairan normal.

Tubuh akan mengalami masalah saat kekurangan garam. Berikut kondisi yang akan dihadapi jika tubuh kekurangan garam, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin (9/9/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Kemungkinan Peningkatan Resistensi Insulin

Beberapa penelitian telah mengaitkan pola makan rendah natrium dengan peningkatan resistensi insulin. Resistensi insulin terjadi ketika sel-sel tubuh tidak merespon dengan baik sinyal dari hormon insulin, yang mengarah ke insulin dan kadar gula darah yang lebih tinggi.

Resistensi insulin diyakini menjadi pendorong utama banyak penyakit serius, termasuk diabetes tipe 2 dan penyakit jantung. Satu penelitian terhadap 152 orang sehat menemukan bahwa resistensi insulin meningkat setelah hanya 7 hari dengan pola makan rendah sodium.

Namun tidak semua penelitian setuju, dan beberapa tidak menemukan efek, atau bahkan penurunan resistensi insulin. Penelitian ini bervariasi dalam panjang, populasi penelitian dan tingkat pembatasan garam, yang dapat menjelaskan perbedaan hasil.

3 dari 7 halaman

Risiko Penyakit Jantung

Memang benar bahwa mengurangi natrium dapat mengurangi tekanan darah. Namun, tekanan darah hanyalah faktor risiko penyakit. Beberapa studi pengamatan telah melihat efek dari pola makan rendah sodium pada serangan jantung, stroke dan risiko kematian.

Satu studi menemukan bahwa kurang dari 3.000 mg natrium per hari dikaitkan dengan peningkatan risiko kematian akibat penyakit jantung, termasuk dari serangan jantung dan stroke.

Dalam ulasan 2011 dari percobaan terkontrol, mengurangi natrium tidak mengurangi risiko kematian akibat serangan jantung atau stroke, dan itu meningkatkan risiko kematian akibat gagal jantung.

Satu ulasan uji coba terkontrol menemukan bahwa orang dengan gagal jantung yang membatasi asupan natrium akan meningkatkan risiko kematian. Faktanya, orang yang membatasi asupan natriumnya memiliki risiko kematian 160% lebih tinggi. Namun hasilnya sangat dipengaruhi oleh hanya satu studi, sehingga diperlukan lebih banyak penelitian.

4 dari 7 halaman

Tingkatkan Kolesterol dan Trigliserida

Banyak faktor yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, termasuk peningkatan kolesterol LDL dan trigliserida. Beberapa penelitian telah menemukan bahwa pola makan rendah sodium dapat meningkatkan kolesterol LDL dan kadar trigliserida.

Dalam sebuah studi review tahun 2003 bersama orang sehat, pola makan rendah sodium menyebabkan 4,6% peningkatan kolesterol LDL dan 5,9% peningkatan trigliserida. Ulasan yang lebih baru melaporkan peningkatan 2,5% dalam kolesterol dan peningkatan 7% dalam trigliserida.

Terlebih lagi, studi-studi ini menemukan bahwa pembatasan garam hanya menyebabkan sedikit penurunan tekanan darah rata-rata, dengan efek yang sedikit lebih kuat pada orang-orang dengan tekanan darah tinggi.

5 dari 7 halaman

Peningkatan Risiko Kematian bagi penderita diabetes

Penderita diabetes memiliki peningkatan risiko serangan jantung dan stroke. Oleh karena itu, banyak pedoman untuk penderita diabetes merekomendasikan untuk membatasi asupan garam.

Namun, beberapa penelitian telah menemukan hubungan antara asupan natrium rendah dan peningkatan risiko kematian untuk diabetes tipe 1 dan tipe 2. Namun, ini adalah studi observasional, dan hasilnya harus ditafsirkan dengan hati-hati.

6 dari 7 halaman

Risiko Hiponatremia yang Lebih Tinggi

Hiponatremia adalah suatu kondisi yang ditandai dengan kadar natrium yang rendah dalam darah. Gejalanya mirip dengan yang disebabkan oleh dehidrasi. Dalam kasus yang parah otak dapat membengkak dan menyebabkan sakit kepala, kejang, koma dan bahkan kematian.

Populasi tertentu, seperti orang dewasa yang lebih tua, memiliki risiko hiponatremia yang lebih tinggi. Ini karena orang dewasa yang lebih tua lebih cenderung memiliki penyakit atau minum obat yang dapat mengurangi kadar natrium dalam darah.

Atlet, terutama mereka yang berpartisipasi dalam acara ketahanan jarak jauh, juga berisiko tinggi terkena hiponatremia yang berhubungan dengan olahraga. Dalam kasus mereka, Ini biasanya disebabkan oleh minum terlalu banyak air dan gagal menggantikan natrium yang hilang melalui keringat.

7 dari 7 halaman

Berapa Banyak Garam yang Harus Dikonsumsi?

Terlalu banyak garam mungkin berbahaya, tetapi terlalu sedikit juga dapat memiliki konsekuensi serius. Risiko terendah masalah kesehatan dan kematian tampaknya ada di antara keduanya.

Asupan 3000-5000 miligram per hari telah disarankan sebagai optimal, yang mirip dengan rata-rata yang telah dikonsumsi seseorang. Jumlah ini meliputi 7,5-12,5 gram garam meja per hari, yang sama dengan 1,5-2,5 sendok teh per hari.

Namun, beberapa orang mungkin perlu mendapat asupan natrium terbatas, seperti orang-orang dengan tekanan darah tinggi. Jika memiliki kondisi medis yang memerlukan pola makan rendah natrium, atau jika dokter telah menyarankan untuk membatasi asupan, tak ada masalah untuk menguranginya.

Tetapi jika tubuh masih sehat dan berusaha untuk tetap sehat, maka tidak ada bukti yang baik bahwa mengikuti pola makan rendah sodium akan meningkatkan kesehatan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.