Sukses

Apa Fungsi Fakta dalam Teks Eksplanasi?, Kenali Ciri dan Tujuannya

Fakta adalah unsur utama eksplanasi.

Liputan6.com, Jakarta Apa fungsi fakta dalam teks eksplanasi penting dalam penulisannya. Teks eksplanasi adalah teks yang berisi penjelasan tentang bagaimana atau mengapa sesuatu terjadi. Apa fungsi fakta dalam teks eksplanasi merupakan unsur utama dalam teks ini.

Fakta menjadi unsur penting dalam teks yang menjelaskan sesuatu yang terjadi. Apa fungsi fakta dalam teks eksplanasi berkaitan dengan kebenaran dari sesuatu yang dijelaskan. Melalui apa fungsi fakta dalam teks eksplanasi penjelasan detail dan logis dapat diterima pembaca.

Apa fungsi fakta dalam teks eksplanasi juga membantu membangun kepercayaan pada pembaca. Tanpa apa fungsi fakta dalam teks eksplanasi, teks akan diragukan kebenarannya. Berikut penjelasan apa fungsi fakta dalam teks eksplanasi, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa(1/2/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Apa itu teks eksplanasi?

Teks eksplanasi adalah teks yang bersifat menerangkan atau menjelaskan dan keterangan, pernyataan atau fakta yang menjelaskan. Teks eksplanasi menceritakan bagaimana atau mengapa sesuatu terjadi. eksplanasi adalah bentuk teks yang menyajikan serangkaian peristiwa.

Teks eksplanasi memberi tahu pembaca bagaimana sesuatu bekerja atau mengapa sesuatu terjadi. Teks ini berisi penjelasan rinci dan secara logis menggambarkan tahapan dalam suatu proses. Teks Eksplanasi adalah sebuah teks yang berisi tentang proses-proses yang berhubungan dengan fenomena-fenomena alam, sosial, ilmu pengetahuan, budaya, dan lainnya.

3 dari 7 halaman

Tujuan teks eksplanasi

Tujuan dari teks eksplanasi adalah untuk memberitahukan setiap langkah proses (bagaimana) dan memberi alasan (mengapa). Tujuan teks ini menjelaskan fenomena yang terjadi di dunia. Teks ini membantu pembaca memahami dunia dan memungkinkannya menyimpan pengetahuan ini untuk masa depan.

Teks ini mencoba menjelaskan bagaimana sesuatu terjadi atau mengapa sesuatu itu dibuat. Teks eksplanasi banyak ditemukan dalam sebuah penelitian, dimana penulisnya akan menggunakan berbagai informasi sebagai penjelas dalam sebuah masalah.

4 dari 7 halaman

Apa itu fakta?

Fakta adalah pernyataan yang dapat dibuktikan. Fakta dapat ditunjukkan benar atau salah tanpa keraguan, biasanya melalui beberapa bukti yang tak terbantahkan, seperti pengukuran atau pengamatan. Fakta adalah pengamatan yang tak terbantahkan dari fenomena alam atau sosial.

Fakta pada dasarnya adalah sesuatu yang ada, atau hadir dalam kenyataan. Fakta adalah informasi yang tak bisa didebat lagi. Untuk dapat mengetahui sebuah informasi adalah fakta atau bukan adalah apakah hal itu dapat dibuktikan sesuai dengan pengalaman.

Fakta adalah hal-hal yang dapat dilihat secara visual, dan ini adalah hal-hal yang benar-benar dapat diverifikasi. Fakta adalah hal-hal yang objektif daripada yang subjektif. Ini bukan hanya sesuatu yang diyakini, tetapi ini lebih atau kurang adalah hal-hal yang dapat diamati secara empiris, atau oleh indra. Jadi, fakta dapat dilihat dan didengar, serta dibuktikan dengan indera lainnya.

5 dari 7 halaman

Apa fungsi fakta dalam teks eksplanasi

Fakta sangat penting dalam teks eksplanasi. Setiap peristiwa atau kejadian yang diceritakan dalam teks eksplanasi harus dilengkapi dengan fakta. Apa fungsi fakta dalam teks eksplanasi membantu pembaca mengerti apa yang terjadi atau dijelaskan dalam teks tersebut.

Teks eksplanasi adalah seperangkat pernyataan yang biasanya dibangun untuk menggambarkan serangkaian fakta yang menjelaskan penyebab, konteks, dan konsekuensi dari fakta-fakta tersebut. Teks eksplanasi yang tidak dilengkapi fakta akan menurunkan kualitasnya.

Fungsi fakta dalam teks eksplanasi adalah penguat dari keaslian atau kebenaran dari pesan yang disampaikan teks tersebut. Fakta menjadi penjelas tentang sebab akibat yang dijelaskan dalam teks eksplanasi.

6 dari 7 halaman

Struktur teks eksplanasi

Ada tiga struktur utama dalam teks eksplanasi. Ini meliputi pernyataan umum, deretan penjelasan, dan kesimpulan.

Pernyataan umum

Pernyataan umum berisi gagasan yang berupa kalimat-kalimat yang menjelaskan tentang suatu fakta yang bersifat umum. Pernyataan umum merupakan penjelasan tentang topik utama.

Penjelasan

Deretan penjelasan merupakan inti dari teks eksplanasi. Bagian ini berisi kalimat-kalimat yang menjelaskan pernyataan umum. Deretan penjelasan dijelaskan fakta tentang proses terjadinya sesuatu dan sebab akibat sesuatu itu terjadi.

Kesimpulan

Kesimpulan atau interpretasi berisi ringkasan penjelasan dari penulis. Bagian ini juga berisi gagasan yang dapat berupa tanggapan, kesan, pendapat, atau pandangan teoretis terhadap sesuatu.

7 dari 7 halaman

Ciri-ciri teks eksplanasi

Seperti teks lainnya, teks eksplanasi memiliki ciri-cirinya sendiri. Ciri-ciri inilah yang membedakan teks eksplanasi dengan teks lainnya. Berikut ciri-ciri teks eksplanasi:

- teks eksplanasi bertujuan memberikan informasi, pengertian, dan pengetahuan.

- teks eksplanasi bersifat menjawab pertanyaan apa, mengapa, dan bagaimana.

- teks eksplanasi disampaikan dengan gaya yang lugas danmenggunakan bahasa baku.

- teks eksplanasi umumnya disajikan dengan menggunakan susunan logis.

- teks eksplanasi biasanya memuat penunjuk keterangan waktu, penunjuk keterangan cara, konjungsi kronologis, dan kata tunjuk.

- teks eksplanasi termasuk jenis teks non-fiksi yang di dalamnya terdapat data, fakta, serta opini yang logis.

- teks eksplanasi bersifat faktual di mana ia memuat seluruh informasi yang bersifat fakta dan ilmiah.

- teks eksplanasi menggunakan konjungsi kausalitas maupunkronologis. Konjungsi kausalitas contohnya adalah: antara lain, sebab, karena, oleh sebab itu, oleh karena itu, atau sehingga. Sementara konjungsi kronologis contohnya adalah: kemudian, lalu, setelah itu, pada akhirnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.