Sukses

Tipografi adalah Seni Huruf, Ketahui Peranan dan Macam-Macamnya

Tipografi adalah mulai dirasakan seni modern pada abad ke-20.

Liputan6.com, Jakarta Tipografi adalah disiplin seni tentang pengetahuan huruf. Dalam jurnal Tipografi sebagai Sebuah Pengantar oleh Dendi Sudiana Universitas Islam Bandung, dijelaskan pengaruh kuat atau kecenderungan terhadap keberadaan tipografi adalah mulai dirasakan seni modern pada abad ke-20. 

Dalam buku Pengantar Tipografi terbitan tahun 2001 oleh Sudiana, Roy Brewer mengungkap, “Tipografi adalah memiliki arti luas, berupa penataan dan pola halaman, atau cetakan atau dalam arti yang lebih sempit hanya mencakup pemilihan, pengaturan, dan berbagai hal yang berkaitan dengan pengaturan jalur pengaturan huruf (set), tidak termasuk ilustrasi dan elemen lainnya, bukan surat di halaman dicetak.”

Tipografi adalah memiliki peranan klasik agar memudahkan proses membaca dan memperjelas penampilan. Dalam tipografi adalah model huruf tertentu selalu mengandung kesan, baik itu kaku, ringan, lembut, tegas, anggun, dan masih banyak lagi. Dalam bidang ini, tipografi adalah mirip dengan model pakaian wanita.

“Sumbangan yang telah dipersembahkan oleh para perancang huruf (type designer) bagi tipografi dalam menyediakan berbagai jenis dan wajah huruf bagi berbagai kebutuhan, dapat diperiksa pada setiap katalog modal huruf,” jelas dalam jurnal tersebut.

Berikut Liputan6.com ulas tentang tipografi lebih dalam dari berbagai sumber, Rabu (13/10/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pengertian Tipografi Menurut Para Ahli

1. Stanley Marrison

Pengertian tipografi adalah keterampilan mengatur bahan cetak secara baik dengan tujuan tertentu; seperti mengatur tulisan, membagi-bagi ruang/spasi, dan menata/menjaga huruf untuk membantu secara maksimal agar pembaca memahami teks.

2. Manuale Typographicum

Pengertian tipografi adalah seni pencetakan jenis yang tepat sesuai dengan tujuan tertentu; yaitu mengatur surat, mendistribusikan ruang dan mengontrol jenis untuk membantu maksimal pembaca.

3. Roy Brewer

Pengertian tipografi adalah penataan dan pola halaman, atau cetakan atau dalam arti yang lebih sempit hanya mencakup pemilihan, pengaturan, dan berbagai hal yang berkaitan dengan pengaturan jalur pengaturan huruf (set), tidak termasuk ilustrasi dan elemen lainnya, bukan surat di halaman dicetak.

4. Danton Sihombing

Pengertian tipografi adalah representasi visual dari sebuah bentuk komunikasi adalah sifat verbal dan prperti visual dan efektif.

5. Dendi Sudiana

Pengertian tipografi adalah elemen grafis yang paling mudah dibaca. Tetapi melalui kata-kata yang terdiri dari huruf oleh huruflah memandu pemahaman pembaca pesan atau ide.

6. Rustan

Pengertian tipografi adalah salah satu bahasa dalam desain grafis yang tidak berdiri sendiri secara ekslusif, ia sangat erat terkait dengan bidang keilmuan lain seperti komunikasi, teknologi, psikologi, dan lainnya.

3 dari 3 halaman

Macam-Macam Font Tipografi

Mengenali macam-macam font merupakan dasar penting dalam belajar tipografi. Font adalah sekumpulan karakter teks yang dapat ditampilkan dalam gaya dan ukuran tertentu. Apa saja macam-macam font tipografi?

1. Font Serif

Serif adalah macam font yang memiliki ciri khas berupa garis kecil atau stroke secara teratur melekat pada ujung huruf. Dalam tipografi, serif adalah goresan ekstra kecil yang ditemukan di akhir goresan vertikal dan horizontal utama dari beberapa huruf.

Istilah "font serif" mengacu pada gaya jenis apa pun yang memiliki serif. Font serif sangat populer dan telah ada selama bertahun-tahun. Times Roman adalah salah satu contoh font serif. Font dengan serif sangat berguna untuk blok teks yang besar. Serif memudahkan mata untuk menelusuri teks.

2. Font San Serif

Dalam tipografi, sans serif merupakan macam font yang tidak memiliki fitur perluasan yang disebut "serif" di akhir goresan. Font sans-serif cenderung memiliki variasi lebar goresan yang lebih sedikit daripada font serif. Mereka sering digunakan untuk menyampaikan kesederhanaan dan modernitas atau minimalis.

Font sans-serif telah menjadi yang paling umum untuk tampilan teks di layar komputer. Pada tampilan digital beresolusi lebih rendah, detail halus seperti serif mungkin hilang atau tampak terlalu besar. Ini membuat font sans serif lebih mudah dibaca pada tampilan digital.

3. Script

Macam font script didasarkan pada stroke yang bervariasi dan sering kali cair yang dibuat oleh tulisan tangan. Singkatnya,font skrip adalah font yang meniru tulisan tangan. Ada dua jenis utama font skrip. Font skrip formal dan font skrip kasual.

Font skrip formal adalah skrip mewah yang membangkitkan tulisan tangan master yang luar biasa. Font skrip kasual, di sisi lain, menyerupai kaligrafi hanya dengan sedikit sapuan.

4. Decorative

Ini adalah kategori terbesar dan juga paling beragam. Jarang digunakan untuk blok teks yang panjang, tipografi dekoratif populer untuk signage, headline dan situasi serupa adalah pernyataan tipografi yang kuat yang diinginkan. Macam font decorative sering mencerminkan aspek budaya – seperti tato atau grafiti – atau membangkitkan keadaan pikiran, periode waktu atau tema tertentu.

Beberapa jenis dekoratif digambar tangan atau mungkin dibuat dari jenis digital yang telah dimanipulasi dalam editor font atau program grafis agar sesuai dengan tujuan tertentu seperti papan nama buletin atau logo. Ada banyak contoh font dekoratif seperti Calligraphy, Tattoo, Cursive, Lettering, Handwriting, dan masih banyak lagi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.