Sukses

6 Cara Menjadi Reseller Online Shop, Mudah dan Untung Berlimpah

Pahami cara menjadi reseller online shop agar bisnis lebih lancar.

Liputan6.com, Jakarta Reseller adalah istilah untuk pelanggan yang membeli, kemudian menjual produk lagi kepada pelanggan lain. Kegiatan reseller ini sudah biasa dilakukan pada jual-beli online. Beberapa online shop mungkin ada yang bersedia menerima reseller dan ada yang tidak. Agar bisa memulainya, coba pahami cara menjadi reseller online shop.

Alih-alih menjadi produsen utama, sebenarnya menjadi reseller juga banyak untungnya. Selain cara menjadi reseller online shop yang mudah, modal yang dibutuhkan juga minim sekali. Bahkan, jika tidak memiliki modal sama sekali, menjadi reseller tetap bisa dilakoni.

Reseller tidak pernah dipusingkan dengan produksi suatu barang. Jika produsen barang menerima dropship, maka penyimpanan barang yang akan dijual juga tidak perlu dipusingkan. Cara menjadi reseller online shop ini juga bisa dilakukan di rumah tanpa harus pergi ke mana-mana.

Berikut Liputan6.com ulas cara menjadi reseller online shop dari berbagai sumber, Kamis (2/7/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Produk yang Menarik

Cara menjadi reseller online shop yang pertama adalah memilih produk yang menarik. Produk yang menarik dan sedang banyak diminati memiliki nilai jual yang lebih tinggi. Jika untung yang didapat hanya sedikit, bukan lagi menjadi masalah. Meski untung sedikit jika produk laris terjual maka untungnya juga menjadi berlipat ganda.

Selain memilih produk yang menarik, pelajari dan pahami produk yang akan dijual ini. Tujuannya agar ketika ada pelanggan yang menanyakan, reseller juga bisa lebih pintar menjawabnya. Pelanggan juga akan menjadi lebih puas dengan pengalaman belanja bersama reseller. Intinya adalah reseller harus memahami kelebihan dan kekurangan produk yang akan dijualnya.

Produk yang menarik bisa ditemukan dengan melakukan riset. Lakukan riset kecil-kecilan di media sosial. Amati barang-barang yang sedang digunakan oleh para seleb Instagram. Amati juga makanan yang kerap muncul di Instagram Stories orang-orang.

 

3 dari 7 halaman

Produsen Berkualitas dan Terpercaya

Memilih produsen yang berkualitas dan terpercaya adalah salah satu dasar cara menjadi reseller online shop. Memilih rekan atau produsen yang demikian akan memudahkan penjualan. Apalagi jika rekan ini bisa didekati dan lebih diakrabi. Semakin akrab maka modal yang dikeluarkan oleh reseller semakin minim.

Produsen yang berkualitas juga penting. Semakin berkualitas produsen yang dipilih, maka kekhawatiran akan produk yang ditawarkan tidak lagi mengganggu pikiran. Jika sudah menemukan produsen berkualitas, cobalah untuk lebih banyak mencari lebih dari produsen. Hal ini untuk mengantisipasi produsen satu yang akan kewalahan dengan produksinya dan mengantisipasi kemungkinan lain.

Produsen yang berkualitas dan terpercaya bisa diamati dengan riset. Riset kecil-kecilan tidak hanya ketika mencari produk tetapi juga mencari produsen. Coba amati toko, produk, dan komentar yang diberikan di online shopnya/media sosialnya. Pastikan bahwa review yang diberikan kepada produk adalah benar dan bukan review bayaran. Review produk yang benar pasti akan lebih spesifik penuturannya dan tidak dilebih-lebihkan.

4 dari 7 halaman

Pemasaran Produk

Cara menjadi reseller online shop selanjutnya pemasaran. Pemasaran produk juga harus dikuasai oleh reseller. Kalau bisa, reseller harus lebih pandai menjual produknya.

Hal ini disebabkan karena reseller akan mendapat keuntungan lebih berlimpah ketika bisa menjual produk lebih banyak. Reseller memiliki keuntungan lebih tipis dari produsen utamanya, jadi harus lebih pintar menawarkan produk, ya.

Hal-hal yang harus diperhatikan sebelum pemasaran adalah:

- Harga jual yang ingin tetapkan

- Kompetitor yang ada di lapangan

- Lokasi penjualan produk

- Memasarkan produk

Usahakan untuk menetapkan harga jual sebelum bersepakat menjadi reseller. Pastikan juga bahwa potongan harga yang diberikan oleh produsen sudah adil. Nah, jika mendapat produsen yang tidak ingin memberikan potongan sama sekali lebih baik mencari produsen lain.

Perhatikan juga kompetitor yang ada di lapangan. Terutama perhatikan berapa harga yang mereka tawarkan untuk menjual produk serupa. Perhatikan juga cara mereka menjual dan hal menarik apa yang bisa dijadikan pelajaran.

5 dari 7 halaman

Toko Online untuk Jualan

Memilih toko online untuk jualan termasuk bagian dari cara menjadi reseller online shop. Pilihlah ingin menjual produk secara online atau offline. Lebih disarankan untuk menjual produk secara online karena lebih mudah. Toko ini bisa dibuat di media sosial atau turut serta membuka toko di online shop ternama. Misalnya saja dengan membuka toko di tokopedia, bukalapak, shopee, dan masih banyak lagi.

6 dari 7 halaman

Strategi Pemasaran

Jika sudah menentukan toko, cara menjadi reseller online shop selanjutnya dengan tentukan strategi pemasarannya. Gunakan Google Ads untuk menyasar calon pelanggan melalui pencarian Google. Biasanya pelanggan ini akan mencari produk melalui pencarian dengan kata kunci. Gunakan Ads Instagram untuk menyasar target demografis pelanggan. Bisa juga memasang iklan toko online pada marketplace dan memperbanyak artikel terkait produk.

 

7 dari 7 halaman

Evaluasi

Jika sudah menerapkan semua cara menjadi reseller online shop, selanjutnya lakukan evaluasi. Evaluasi ini perlu dilakukan untuk menilai sejauh mana perkembangan penjualan. Untuk menghitung untung rugi penjualan dan membuat strategi baru penjualan. Semakin sering dilakukan evaluasi, maka akan semakin berkembang penjualan yang dilakukan. Lambat laun, reseller akan menjadi produsen yang bisa memasok barang dagangan sendiri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini