Sukses

12 Manfaat Vanila untuk Kesehatan, Tak Cuma Beri Rasa dan Aroma

Vanila punya manfaat baik untuk kesehatan.

Liputan6.com, Jakarta Vanila atau vanili jadi rasa yang sudah tak asing lagi di lidah. Rasa dan aromanya yang luar biasa lembut dan manis menjadikannya bahan populer dalam banyak makanan dan minuman. Rasa vanila bisa ditemukan di es krim, kue, puding, susu, dan banyak lagi. Namun, tak banyak yang tahu ada manfaat vanila untuk kesehatan.

Vanila merupakan tumbuhan yang termasuk dalam jenis anggrek. Bagian yang dimanfaatkan sebagai perasa dan aroma adalah biji dari polong tumbuhan vanila. Polong vanili mentah menguning saat tumbuh sepanjang 5 hingga 8 inci dan siap dipanen. Polong kemudian direbus dalam air mendidih, dikeringkan dan dijemur selama beberapa minggu sampai berubah menjadi coklat tua dan keriput.

Biji berkualitas unggul akan menghasilkan kristal putih yang dikenal sebagai vanillin. Inilah yang disebut dengan rasa vanila. Bentuk vanili yang paling umum adalah ekstrak dan esen vanili.

Tak cuma memberi rasa dan aroma, vanila juga punya manfaat kesehatan. Berikut manfaat vanila, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin (5/10/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

Manfaat vanila untuk kesehatan yang jarang diketahui

Bantu hilangkan stres dan kecemasan

Vanilla sering ditambahkan ke parfum dan lotion pengharum karena aromanya yang menenangkan, manis dan menyenangkan. Aroma vanila bisa menyejukkan dan menenangkan pikiran. Ini membuatnya memiliki efek antidepresan.

Menyeruput susu atau minuman yang mengandung vanila juga bisa membantu mengurangi kecemasan. Bumbu aromatik ini bermanfaat untuk kesehatan sistem saraf.

Redakan batuk

Sirup obat batuk sering menggunakan ekstrak vanila. Ini tak hanya memberi rasa dan aroma yang menenangkan. Sifat anestesi ringan dari ekstrak vanila dapat meredakan gejala seperti sakit tenggorokan atau sakit kepala.

 

3 dari 8 halaman

Manfaat vanila untuk kesehatan perut

 

Atasi masalah pencernaan

Air yang direbus dengan biji vanili adalah obat tradisional untuk muntah dan sakit perut. Aromanya yang lembut efektif meredakan mual. Vanila bisa membantu menenangkan perut yang sakit karena diare atau sembelit.

Redakan mual

Salah satu manfaat ekstrak vanili yang terbaik adalah dapat membantu menenangkan perut saat merasa mual. Aroma vanilla yang lmenenangkan akan membantu meredakan rasa mual. Vanila bisa jadi obat mual yang efektif dan aman.

Untuk menghilangkan mual, cukup tambahkan beberapa tetes ekstrak vanila ke segelas air dan menyesapnya perlahan.

4 dari 8 halaman

Manfaat vanila untuk kesehatan

Baik untuk kesehatan mulut

Vanillin pada vanilla mirip dengan capsaicin pada cabai dan euganols pada rempah-rempah seperti kayu manis. enyawa ini memiliki efek positif pada sistem saraf pusat. Capsaicin adalah pereda nyeri yang efektif sementara euganols bertindak sebagai anestesi topikal. Vanila memiliki kedua sifat ini yang membantu melawan sakit gigi dan infeksi mulut.

Atasi haid tidak lancar

Ekstrak vanili bermanfaat dalam masalah menstruasi. Vanila dapat membantu mengatasi haid tidak teratur. Menambahkan ekstrak vanila ke makanan atau minuman dapat membantu menyehatkan dan melancarkan siklus menstruasi.

5 dari 8 halaman

Manfaat vanila untuk kesehatan kulit

Sehatkan kulit

Vanilla adalah sumber vitamin B yang baik seperti niacin, thiamin, Vitamin B6 dan asam pantotenat. Semua nutrisi ini baik untuk kesehatan kulit. Sifat antioksidan vanilla juga melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas.

Bantu sembuhkan luka

Ekstrak vanila sudah digunakan sejak lama untuk penyembuhan luka. Sifat anti peradangannya dapat menenangkan dan menenangkan area yang meradang pada kulit. Perhatikan bahwa penggunaan ekstrak vanili secara langsung pada luka terbuka dan luka bakar harus dihindari.

6 dari 8 halaman

Manfaat vanila untuk kesehatan

Antibakteri

Manfaat kesehatan dari vanili termasuk sifat antibakteri, yang berarti dapat membantu mencegah infeksi. Sebuah studi sebelumnya, yang diterbitkan dalam Journal of Food Protection edisi 2011, menunjukkan bahwa vanillin, ethyl vanillin, dan vanillic acid memiliki aktivitas antibakteri yang memerangi spesies Cronobacter.

Bakteri ini menyebabkan infeksi parah dan terkadang fatal pada bayi, orang tua, dan orang dengan sistem kekebalan yang lemah. Bakteri dapat mencemari makanan selama pemrosesan atau persiapan makanan.

Antioksidan

Vanillin adalah pembasmi radikal bebas yang kuat. Terlalu banyak radikal bebas menyebabkan kerusakan sel dan dianggap berperan dalam perkembangan kanker serta masalah kesehatan lainnya. Karena kualitas antioksidan dan antitumor vanillin, ia memiliki aplikasi potensial dalam pengobatan terapeutik pasien kanker.

7 dari 8 halaman

Manfaat vanila untuk kesehatan dan kecantikan

Bantu pertumbuhan rambut

aik minyak pembawa dan minyak esensial membantu dalam pertumbuhan rambut. Minyak esensial vanila bisa membantu meningkatkan pertumbuhan rambut. Cukup campurkan minyak esensial vanila dengan 1/4 minyak bawaan seperti zaitun atau almond. Terapkan pada akar sampai ujung rambut. Beri pijatan dan bilas sampai bersih.

Atasi jerawat

Sifat antibakteri dari vanilla membuatnya bermanfaat untuk pengobatan jerawat. Vanillin melalui efek antibakterinya, membantu membersihkan kulit dan mengurangi timbulnya jerawat dan jerawat.

8 dari 8 halaman

Beda ekstrak vanila dan esen vanila

Ekstrak vanila dibuat dengan merendam kacang vanili dalam campuran air dan etil alkohol. Ekstrak ini menghasilkan rasa vanilla khasnya dari molekul yang disebut vanillin yang ditemukan dalam biji vanili.

Sementara itu, esensi vanila biasanya dibuat menggunakan air, etanol, propilen glikol, pengemulsi, dan perasa serta warna yang diproduksi secara kimiawi. Karena perbedaan produksi, ekstrak vanili umumnya lebih sedikit diproses dan memiliki rasa vanili yang lebih kuat dan lebih murni.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini