Sukses

Contoh Surat Izin Orang Tua untuk Anak Tidak Masuk Sekolah, Kenali Unsur-unsurnya

Contoh surat izin orang tua untuk anak tidak masuk sekolah bisa menyesuaikan format dari alasan tidak dapat menghadiri kelas pada hari itu.

Liputan6.com, Jakarta Contoh surat izin orang tua saat anak sakit atau ada acara keluarga perlu dikenali. Hal ini karena format dalam membuat surat izin ini tentunya tidak sembarangan. Hal ini penting dipahami tidak hanya bagi orang tua, tetapi juga bagi anak.

Membuat surat izin sekolah masih banyak digunakan karena dianggap lebih formal dan sopan. Surat izin tidak masuk sekolah harus dibuat saat seorang siswa berhalangan hadir di dalam kelas pada hari itu. Surat ini biasanya dibuat oleh orang tua dengan format tertentu.

Contoh surat izin orang tua untuk anak tidak masuk sekolah bisa menyesuaikan format dari alasan tidak dapat menghadiri kelas pada hari itu. Jadi, cara membuat surat izin tidak masuk sekolah ini tergantung pada alasan anak tidak masuk, seperti sedang sakit atau karena urusan keluarga.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (1/6/2023) tentang contoh surat izin orang tua.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Contoh Surat Izin Orang Tua Karena Sakit

Contoh surat izin orang tua untuk anak tidak masuk sekolah memang tidak begitu sulit dibuat. Berikut contoh surat izin orang tua saat anak berhalangan hadir ke sekolah:

 

Yogyakarta, 12 Desember 2022

 

Kepada Yth.

Bapak/Ibu Guru Wali Kelas XI IPA 7

SMA ...........

di Tempat

 

Dengan hormat,

Dengan ini saya selaku orang tua/wali murid dari :

Nama       : ..................

Kelas        : XI IPA 7

Alamat    : Jl. Parangtritis KM 5, Yogyakarta

NISN       : 1223334444

 

Memberitahukan bahwa anak saya tersebut tidak dapat mengikuti pelajaran seperti biasa pada hari ini, Senin, 12 Desember 2022 dikarenakan sakit. Oleh karena itu, kami memohon pada Bapak/Ibu Guru Wali Kelas XI IPA 7 agar memberikan izin. Demikian yang dapat kami sampaikan. Atas perhatian Bapak/Ibu kami ucapkan terimakasih.

 

Hormat kami,

Orang tua/Wali murid,

 

Udin

3 dari 5 halaman

Contoh Surat Izin Orang Tua Karena Menghadiri Pernikahan Saudara

Contoh surat izin orang tua untuk anak tidak masuk sekolah juga bisa karena ada acara keluarga. Berikut contoh surat izin orang tua karena menghadiri pernikahan saudara:

 

Sleman, 12 Desember 2022

 

Hal : Surat Izin Tidak Masuk Sekolah

Kepada Yth,

Kepala SMA Negeri 1 Sleman

di Sleman

 

Dengan hormat,

Saya yang bertandatangan dibawah ini adalah Orang tua dari :

 

Nama       : Butami

Kelas        : X 5

NISN       : 987654

 

Memberitahukan bahwa putri saya tersebut tidak dapat masuk sekolah seperti biasa, dikarenakan mengikuti prosesi akad nikah kakak kandungnya di luar kota. Dengan ini, kami memohon kepada Bapak/Ibu Guru Wali Kelas X 5 agar memberikan izin. Demikian yang dapat kami sampaikan. Atas perhatian Bapak/Ibu kami ucapkan terimakasih.

 

Hormat saya,

Orang Tua Siswa,

 

Agus

4 dari 5 halaman

Contoh Surat Izin Orang Tua dengan Surat Keterangan Dokter

Berikut contoh surat izin orang tua untuk anak tidak masuk sekolah dengan surat keterangan dokter:

 

Bantul, 12 Desember 2022

 

Hal : Permohonan Izin Sekolah

Lampiran : 1 Lembar

 

Kepada Yth,

Bapak/Ibu Guru SMA Negeri 1 Bantul

Jl. Pendidikan No. 1

Bantul

 

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini, orang tua dari:

 

Nama       : Dwi

Kelas        : XII IPA 7

Alamat    : Jl. An yang sunyi 3 No. 99, Imogiri

NISN       : 667778888

 

Dengan ini bermaksud memberitahukan bahwa anak kami dengan nama tersebut sedang dalam keadaan sakit. Atas saran dokter, siswa tersebut harus beristirahat total selama tiga hari. Adapun surat keterangan sakit dari dokter sudah kami lampirkan bersama dengan surat ini. Demikian surat permohonan izin kami buat, atas perhatian Bapak/Ibu guru kami mengucapkan banyak terimakasih.

 

Hormat Kami,

Orang tua Siswa,

 

Cahyono

5 dari 5 halaman

Unsur-Unsur Surat Izin Orang Tua untuk Anak Tidak Masuk Sekolah

Contoh surat izin orang tua paling penting adalah mengenali unsur-unsurnya. Berikut usnur-unsur surat izin orang tua untuk anak tidak masuk sekolah:

1. Tujuan pengiriman surat. Tujuan yang dimaksud adalah di mana surat ini berisi sebuah informasi kepada siapa surat ini ditujukan. Apakah ke kepala sekolah, pimpinan perusahaan, kepada wali kelas, atau yang lainnya. Catatan, kalau kamu sudah memakai kata “Kepada” maka kamu tidak usah memakai kata Yth dan sebaliknya.

2. Alasan izin. Dalam cara membuat surat izin sekolah, unsur ini sangat penting. Hal ini karena unsur inilah yang menentukan apakah surat yang kamu buat dapat diterima atau tidak. Kamu harus menulis alasan yang benar-benar logis.

3. Tanggal dan tempat pembuatan surat

4. Alamat tujuan

5. Salam pembuka

6. Kalimat pembuka surat

7. Isi dalam surat

8. Salam penutup surat

9. Nama pengirim surat

Selain itu, contoh surat izin orang tua ini juga perlu memperhatikan bentuk fisiknya. Cara membuat surat izin sekolah selanjutnya diharuskan memakai amplop agar lebih rapi dan sopan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.