Sukses

12 Cara Alami Atasi Kaki Bengkak Saat Hamil, Mudah Dilakukan

Kaki yang bengkak bisa menimbulkan ketidaknyamanan.

Liputan6.com, Jakarta Pada masa-masa kehamilan, ibu mengalami serangkaian perubahan cepat pada tubuh. Perubahan ini bisa menimbulkan rasa sedikit tidak nyaman. Salah satu ketidaknyamanan yang kerap timbul adalah pembengkakan kaki.

Pembengkakan kaki ini merupakan bagian normal dari kehamilan yang disebabkan oleh tambahan darah dan cairan ini. Pembengkakan normal yang juga disebut edema, dialami di tangan, wajah, pergelangan kaki, dan kaki. Pembengkakan dapat terjadi dari trimester pertama hingga trimester ketiga.

Selama kehamilan, tubuh memproduksi sekitar 50% lebih banyak darah dan cairan tubuh untuk memenuhi kebutuhan bayi yang sedang berkembang. Cairan ekstra juga membantu mempersiapkan persendian dan jaringan panggul agar terbuka untuk persalinan. Cairan inilah yang menyebabkan pembengkakan pada bagian tubuh termasuk kaki.

Meski kaki bengkak tidak menyakitkan, kondisi ini bisa menimbulkan ketidaknyamanan. Untungnya, ada sejumlah cara sederhana untuk meredakan gejala pembengkakan ini selama kehamilan. Simak cara alami mengatasi kaki bengkak selama kehamilan, dirangkum liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat(8/11/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Menjauhi makanan tertentu

Kurangi asupan garam

Salah satu cara untuk mengurangi kaki bengkak selama kehamilan adalah dengan membatasi asupan garam. Garam membuat tubuh menahan air lebih banyak. Ini dapat memperparah pembengkakan. Cobalah untuk menghindari makanan kaleng atau olahan, karena ini mengandung banyak sodium. Coba juga untuk menjauhi garam meja dan menggantinya dengan rempah gurih seperti rosemary, bawang putih, atau oregano.

Kurangi asupan kafein

Meski kafein tak berbahaya bagi kehamilan, meminumnya terlalu banyak bisa memperburuk kaki bengkak. Kafein bersifat diuretik, menyebabkan tubuh mudah buang air kecil yang kemudian membuat tubuh berpikir perlu menahan cairan.

3 dari 7 halaman

Menambah asupan nutrisi

Tingkatkan asupan kalium

Tidak mendapatkan cukup kalium juga bisa membuat pembengkakan bertambah buruk, karena kalium membantu tubuh menyeimbangkan jumlah cairan yang dimiliki. Penting untuk makan sumber kalium makanan yang baik. Beberapa makanan yang secara alami tinggi kalium termasuk kentang, ubi jalar, pisang, bayam, kacang, yogurt, dan ikan salmon.

Minum lebih banyak air

Jika tubuh mengira Anda mengalami dehidrasi, ia akan menahan lebih banyak cairan untuk mengimbanginya. Jadi cobalah untuk minum setidaknya 10 gelas air setiap hari agar tubuh tetap terhidrasi. Jika merasa sulit untuk minum air sebanyak itu, cobalah menambahkan lemon, mint, atau beri agar lebih menyenangkan.

4 dari 7 halaman

Memerhatikan pakaian

Pakailah pakaian longgar dan nyaman

Mengenakan pakaian ketat, terutama di pergelangan tangan, pinggang, dan pergelangan kaki, bisa membuat kaki bengkak bertambah parah. Pada dasarnya, ini membuat darah tidak mudah bersirkulasi. Cobalah untuk mengenakan pakaian yang longgar dan nyaman.

Pakailah sepatu yang nyaman

Sepatu hak tinggi bukan pilihan terbaik saat menjalani kehamilan. Mengenakan sepatu yang nyaman dan pas adalah kunci untuk mengurangi pembengkakan kaki. Ini juga bisa mencegah masalah pinggul dan punggung yang dapat timbul saat pusat gravitasi bergeser dan berat badan bertambah.

5 dari 7 halaman

Olahraga ringan

Berenang

Belum ada penelitian yang membuktikan bahwa tekanan air mengurangi kaki bengkak selama kehamilan, tetapi banyak wanita yang merasa terbebas dari pembengkakan saat mereka menghabiskan waktu di kolam. Cobalah berdiri atau berenang di kolam di mana kedalaman air hampir sampai ke leher. Paling tidak, tubuh akan merasa lebih ringan, lebih dingin, dan sedikit berolahraga.

Berjalan

Berjalan kaki 5 atau 10 menit beberapa kali sehari dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah yang membantu mengurangi pembengkakan. Jalan kaki merupakan cara yang bagus untuk berolahraga yang aman bagi kehamilan. Berjalan juga merupakan latihan gravitasi positif yang memperkuat kontraksi dan mengarah pada persalinan aktif.

6 dari 7 halaman

Atur posisi tubuh

Tinggikan kaki dan istirahatkan

Cobalah duduk, luruskan kaki, dan angkat sedikit keatas, Anda bisa menyangganya dengan bangku atau kursi rendah. Duduk dengan kaki ditinggikan sebentar terutama di penghujung hari dapat membantu mengeringkan cairan yang terkumpul di kaki sepanjang hari.

Tidur di sisi kiri

Tidur di sisi kiri jika memungkinkan dapat meningkatkan aliran darah sheingga mengurangi pembengkakan kaki. Berbaring di sisi kiri menghilangkan tekanan rahim dari vena cava inferior. Ini merupakan pembuluh darah besar yang mengembalikan darah ke jantung.

7 dari 7 halaman

Tenangkan tubuh

Dinginkan tubuh

Jika Anda hamil selama bulan-bulan musim panas, tinggal di dalam rumah selama cuaca panas dan menghindari aktivitas yang kuat dapat membantu tubuh tetap tenang dan mengurangi pembengkakan.

Lakukan pijatan

Pijat membantu mengedarkan cairan yang cenderung menumpuk di kaki. Menambahkan beberapa minyak esensial peppermint atau lavender juga dapat membuat Anda lebih santai. Pijatan tidak hanya dapat membantu mengatasi kaki bengkak, tetapi juga bagus untuk membantu meredakan beberapa stres yang bisa menyertai kehamilan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini