Sukses

10 Cara Mengecilkan Perut Buncit Pria yang Cepat dan Mudah Dipraktikkan

Cara mengecilkan perut buncit pria yang bisa menjaga penampilan sekaligus kesehatan.

Liputan6.com, Jakarta Pahami cara mengecilkan perut buncit pria sebagai upaya menjaga penampilan dan menjaga kesehatan. Pada dasarnya, pria memang lebih berisiko memiliki perut buncit daripada wanita. Hal ini disebabkan karena jaringan lemak pria berada pada bagian perut dan pinggang.

Selain karena tempat penyimanan jaringan lemak, usia pria juga memengaruhinya. Pria dengan usia lebih dari 40 tahun akan mengalami penurunan hormon testosteron dan membuatnya menjadi kalori. Di sinilah pentingnya mengetahui cara mengecilkan perut buncit pria.

Cara mengecilkan perut buncit pria bisa dilakukan dengan berbagai macam cara. Mulai dari mengurangi konsumsi kalori, olahraga ringan, banyak konsumsi air putih, konsumsi karbohidrat tepat, konsumsi lemak sehat, dan masih banyak lagi lainnya.

Berikut Liputan6.com ulas cara mengecilkan perut buncit pria dari berbagai sumber, Selasa (27/10/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Cara Mengecilkan Perut Buncit Pria

Konsumsi Air Putih

Banyak konsumsi air putih termasuk cara mengecilkan perut buncit pria yang dianggap mudah dan murah. Cara ini juga tak membahayakan, malah menyehatkan badan.

Air putih juga dipercaya mampu menghilangkan racun tubuh. Cukup konsumsi air putih sebanyak 1 gelas sebelum dan sesudah makan. Lakukan secara teratur untuk hasil maksimal.

Untuk kebutuhan sehari-hari, cukup penuhi kebutuhan 2 liter air untuk proses metabolisme tubuh. Meminum air putih sebanyak 2 liter atau 8 gelas per hari dipercaya mampu untuk membakar 96 kalori/hari.

Konsumsi Makanan Rendah Kalori

Konsumsi banyak air putih juga harus dibarengi dengan konsumsi makanan rendah kalori. Selain rendah kalori, pastikan makanannya juga padat gizi dan nutrisi. Mengonsumsinya termasuk cara mengecilkan perut buncit pria yang efektif.

Ketika kalori yang dikonsumsi sedikit dan tubuh digunakan untuk aktivitas tinggi, lemak mudah terbakar. Lemak perut dalam hal ini akan menjadi sumber energi dan pembakarannya. Jadi enggak perlu ragu mengonsumsi makanan rendah kalori. Misalnya seperti buah, sayuran, gandum utuh, dan lain sebagainya.

3 dari 7 halaman

Cara Mengecilkan Perut Buncit Pria

Konsumsi Karbohidrat Tepat

Coba praktikkan konsumsi karbohidrat tepat sebagai cara mengecilkan perut buncit pria. Karbohidrat sederhana atau olahan memiliki nilai gizi yang rendah namun berkalori tinggi.

Karbohidrat olahan biasanya ada pada roti putih, biji-bijian olahan, makanan, dan minuman manis. Mulai sekarang lebih baik hindari karbo olahan. Mulai beranjak ke karbo tepat.

Penelitian mengaitkan karbohidrat olahan dengan bertambahnya jumlah lemak perut. Untuk itu ganti karbohidrat sederhana dengan karbohidrat kompleks. Karbohidrat tepat atau kompleks bisa ditemukan pada berbagai jenis buah-buahan, sayur, dan biji-bijian.

Buah dan sayuran juga menambah asupan serat bagi tubuh. Penelitian menunjukkan bahwa serat dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2, penumpukan lemak visceral, kelebihan berat badan, serta membantu mengatur gula darah.

Konsumsi Lemak Sehat

Selain karbohidrat kompleks, konsumsi juga lemak sehat. Lemak sehat juga lebih mudah diterima tubuh daripada lemak tak sehat. Makanan dengan lemak sehat ini terdiri dari buah alpukat, chia seed, telur, lemak ikan, kacang-kacangan, minyak zaitun, dan lain sebagainya. Mengonsumsinya termasuk cara mengecilkan perut buncit pria yang patut dicoba.

Hindari jenis lemak jenuh dan lemak trans, lemak ini sangat tinggi risikonya menjadi penyebab penyakit jantung dan stroke. Lemak jahat juga dapat menyebabkan penambahan berat badan dan menjadi sumber utama penyebab bertambahnya lemak visceral. Seimbangkan juga dengan kebiasaan olahraga untuk memaksimalkan hasilnya.

4 dari 7 halaman

Cara Mengecilkan Perut Buncit Pria

Rajin Bergerak

Meningkatkan gerakan ketika beraktivitas harian bisa dijadikan cara mengecilkan perut buncit pria. Aktivitas ini membantu proses pembakaran lemak dan menyusutnya perut. Selain itu, melakukan gerakan lebih banyak ketika beraktivitas dapat memperkuat otot dan meningkatkan mood.

Cara menambah gerakan dalam aktivitas sehari-hari bisa dimulai dari peregangan ketika sedang bekerja dan usahakan tidak terlalu lama duduk. Lalu, ketika akan naik ke lantai atas, usahakan menggunakan tangga dibandingkan lift. Untuk berangkat kantor misalnya, ada baiknya menggunakan sepeda atau berjalan kaki.

Lakukan Push Up dan Sit Up

Cobalah lakukan push up dan sit up lebih rutin selain banyak bergerak. Melakukan keduanya termasuk cara mengecilkan perut buncit pria yang efektif dilakukan saat usia masih muda. Push up dan sit up dapat membantu membakar lemak secara total.

Kelebihan olahraga ringan ini adalah bisa dilakukan di mana pun dan kapan pun. Olahraga yang cocok bagi pria dengan memiliki waktu senggang terbatas. Agar cara mengecilkan perut buncit pria ini bisa efektif, lakukan secara rutin dan tingkatkan intensitasnya.

5 dari 7 halaman

Cara Mengecilkan Perut Buncit Pria

Konsumsi Lemon dan Jahe

Mengonsumsi air lemon dan jahe bisa membantu mengecilkan perut buncit pria. Lemon dipercaya ampuh dipakai sebagai bahan alami penurun berat badan. Lemon juga baik untuk membantu meningkatkan kerja metabolisme tubuh.

Prinsipnya, semakin cepat proses metabolisme tubuh, semakin cepat lemak di tubuh terbakar. Jika dipadukan dengan jahe, dapat sekaligus mengontrol kadar gula darah dan kolesterol. Perpaduan keduanya efektif dijadikan sebagai cara mengecilkan perut buncit pria.

Cara membuat:

1. Siapkan panci kecil dan panaskan 4 gelas air atau sesuai kebutuhan.

2. Ambil buah lemon segar lalu bersihkan. Potong menjadi beberapa bagian.

3. Setelah itu, ambil 1 ruas jahe, bersihkan dan cuci hingga bersih.

4. Lalu potong menjadi beberapa bagian.

5. Campurkan buah lemon dan jahe yang telah dibersihkan kedalam air yang sudah mendidih.

6. Masak sekitar 5 menit apabila sudah tercium aroma kuat jahe dan lemon, dinginkan pada gelas yang telah disediakan lalu bisa langsung diminum.

7. Minumlah secara teratur agar cara mengecilkan perut buncit yang satu ini dapat bekerja secara maksimal.

Perhatikan Makan Malam

Ada fakta yang menyebutkan bahwa saat tidur, tubuh membakar lemak secara alami. Maka ketika sebelum tidur makan, apalagi dalam jumlah banyak, pembakaran lemak tidak akan berjalan maksimal. Hal ini yang menjadikan tubuh terasa berat, terutama di daerah perut.

Selain itu, patut dicatat bahwa ketika berbaring dengan perut sedang penuh, refluk terjadi. Lebih tepatnya, refluks asam lambung dan gangguan pencernaan akan terjadi. Hal ini disebabkan gaya gravitasi, makanan yang ada di saluran pencernaan menjadi sulit dicerna karena tak ada gravitasi.

Mulai perhatikan waktu makan malam dan tekniknya yang tepat. Cara mengecilkan perut buncit pria ini sebenarnya sederhana. Hanya memerlukan ketelatenan dan kedisiplinan saja. Tetap seimbangkan dengan pola hidup sehat lain sebagai penunjangnya.

 

6 dari 7 halaman

Cara Mengecilkan Perut Buncit Pria

Hindari Dairy Product dan Soda

Mulai hindari dairy produk atau produk olahan susu sebagai cara mengecilkan perut buncit pria. Produk olahan susu bisa bikin perut begah. Hal ini dapat menjadikan perut menghasilkan gas perut dengan berlebihan. Misalnya saja seperti susu kental manis, susu bubuk, susu UHT, susu pasteurisasi, es krim, dan keju.

Minuman bersoda dan berakohol pun demikian, sama-sama harus dihindari sebagai cara mengecilkan perut buncit pria. Minuman bersoda dan berakohol mengandung gas yang bikin perut begah. Begitu juga alkohol yang bisa menghambat pembakaran lemak tubuh.

Konsumsi Teh Hijau

Mengonsumsi teh hijau bisa dijadikan cara mengecilkan perut buncit pria secara alami. Teh hijau juga sudah sejak lama dipakai sebagai alternatif penurun berat badan. Apalagi teh hijau ini memiliki rasa yang nikmat dan sensasi konsumsinya sangat menenangkan.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, teh hijau dapat dikonsumsi secara teratur sebelum makan. Lebih maksimal lagi jika teh hijau bisa dikonsumsi tanpa tambahan gula sama sekali. Jika tidak bisa, coba ganti olahan gula yang lebih baik.

Meminum teh hijau sebelum makan dipercaya dapat membuat tubuh terasa lebih kenyang sebelum makan dan juga efektif mengurangi porsi makan. Teh hijau juga dipercaya dapat memperlancar proses metabolisme tubuh.

7 dari 7 halaman

Penyebab Perut Buncit

Lemak Visceral

Lemak visceral bisa menjadi penyebab perut buncit pada pria dan wanita. Lemak ini disebut juga lemak intra abdomen, lemak yang tertimbun di bawah otot dan mengelilingi organ vital. Lemak ini tentu saja kerap muncul di bagian perut. Lemak ini akan dimetabolisme di hati dan akan diubah menjadi kolesterol darah.

Bakteri Firmicutes

Menurut penelitian di dalam usus manusia terdapat ribuan bakteri. Dari semua bakteri dalam usus, ada yang menguntungkan dan merugikan. Bakteri merugikan inilah yang nantinya bisa menjadi penyebab perut buncit. Salah satunya bakteri firmicutes ini.

Kurang Tidur

Menurut peneliti Wake Forest, seseorang yang tidur lima jam atau kurang berpotensi memiliki lemak perut dua setengah kali lebih banyak dibanding yang tidur lebih dari delapan jam. National Sleep Foundation menyarankan tujuh hingga delapan jam tidur untuk sebagian besar orang dewasa.

Gangguan Makan

Tak hanya gangguan tidur, tetapi gangguan makan juga bisa menjadi penyebab perut buncit. Seperti makan dengan bermain ponsel atau makan sambil menonton televisi.

Makan Cepat

Memiliki kebiasaan makan terlalu lama memang tak baik bagi kesehatan. Meski begitu, makan terlalu cepat juga tak jauh berbeda. Makan cepat justru bisa menjadi penyebab perut buncit.

Makan Tengah Malam

Makan tengah malam termasuk penyebab perut buncit yang kerap diabaikan. Padahal makan tengah malam apalagi sebelum tidur ini kebiasaan yang sangat buruk. Kebiasaan ini hanya akan membuat tubuh tak dapat mencerna kalori dengan maksimal.

Usia

Usia juga bisa menjadi salah satu penyebab perut buncit. Terutama ketika pertambahan usia membuat seseorang kehilangan massa ototnya. Begitu juga bagi yang tak pernah melakukan olahraga dan lebih sering melakukan pekerjaan dengan duduk saja.

Stres

Stres dan mengalami depresi pun bisa menjadi penyebab perut buncit. Tak terkecuali bagi pria dan wanita, keduanya sangat berisiko mengalaminya. Banyak orang yang mengalami stres dan memiliki nafsu makan lebih tinggi.

Bungkuk

Memiliki kebiasaan duduk terlalu lama sudah berisiko membuat perut buncit. Apalagi jika duduknya disertai dengan bungkuk. Bungkuk ini bisa menjadi penyebab perut buncit. Posisi yang bungkuk akan membuat perut terlihat lebih besar.

Kurang Olahraga

Konon, olahraga bisa membuat tubuh memiliki kesehatan jasmani dan rohani. Tak heran jika kurang melakukan olahraga bisa menjadi penyebab perut buncit. Seseorang yang kurang melakukan pergerakan, akan berisiko memiliki penumpukan lemak.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini