Sukses

10 Manfaat Jus Mangga untuk Diet, Kaya Serat Sehatkan Pencernaan

Jus mangga kaya serat dan menyehatkan.

Liputan6.com, Jakarta Manfaat jus mangga untuk diet tak hanya lezat dan segar. Ketika tiba musim mangga, buah satu ini begitu melimpah dan bisa ditemui di mana saja. Salah satu cara nikmat menyantap mangga adalah menjadikannya jus yang segar. Manfaat jus mangga untuk diet juga tak main-main. 

Selain rasanya yang menggugah selera, manfaat jus mangga untuk diet sangatlah besar. Mangga segar rendah kalori dan mengandung nutrisi yang bermanfaat. Mangga dianggap sebagai salah satu buah paling enak dan paling sehat. Manfaat jus mangga untuk diet bisa membantu menurunkan berat badan.

Manfaat jus mangga untuk diet juga bisa meningkatkan kesehatan pencernaan. Di saat musim mangga, manfaat jus mangga untuk diet jadi sangat mudah didapatkan.

Berikut 10 manfaat jus mangga untuk diet, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu(2/9/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Manfaat jus mangga untuk diet

Kaya serat

Manfaat jus mangga untuk diet yang sangat penting adalah kandungan seratnya yang tinggi. Serat membantu melancarkan pencernaan dan mencegah sembelit. Serat makanan juga memiliki manfaat yang lebih luas. Serat bisa meningkatkan rasa kenyang dan mencegah makan berlebihan.

1 buah mangga bisa mengandung 5 gram serat makanan. Diet tinggi serat juga dapat mengurangi kemungkinan penyakit jantung, diabetes tipe 2, dan penyakit divertikular.

Lancarkan pencernaan

Mangga memiliki beberapa kualitas yang membuatnya sangat baik untuk kesehatan pencernaan. Pertama, mangga mengandung sekelompok enzim pencernaan yang disebut amilase. Enzim ini memecah molekul makanan yang besar sehingga mudah diserap.

Selain itu, karena mangga mengandung banyak air dan serat makanan, mangga dapat membantu mengatasi masalah pencernaan seperti sembelit dan diare.

3 dari 6 halaman

Manfaat jus mangga untuk diet

Sehatkan usus

Serat dalam mangga merupakan prebotik yang memberi makan bakteri baik di usus. Ini bisa meningkatkan kesehatan usus dan mencegah masalah pencernaan yang terkait dengan usus. Usus yang sehat juga membantu meningkatkan metabolisme dan mendukung berat badan yang sehat.

Bantu turunkan berat badan

Konsumsi jus mangga bisa membantu menurunkan berat badan. Daging mangga mengandung serat makanan. Makan makanan berserat tinggi bisa membuat perut merasa kenyang untuk waktu yang lebih lama. Ini bisa mencegah konsumsi makanan berlemak dan berkalori tinggi.

4 dari 6 halaman

Manfaat jus mangga untuk diet

Kuatkan kekebalan tubuh

Mangga adalah sumber nutrisi penambah kekebalan yang baik. 165 gram mangga menyediakan 10% dari kebutuhan vitamin A harian. Vitamin A sangat penting untuk sistem kekebalan yang sehat, karena membantu melawan infeksi. Sementara itu, tidak mendapatkan cukup vitamin A dikaitkan dengan risiko infeksi yang lebih besar.

Mangga juga menyediakan hampir tiga perempat dari kebutuhan vitamin C harian. Vitamin ini dapat membantu tubuh memproduksi lebih banyak sel darah putih yang melawan penyakit, membantu sel-sel ini bekerja lebih efektif dan meningkatkan pertahanan. Mangga juga mengandung folat, vitamin K, vitamin E dan beberapa vitamin B, yang juga membantu meningkatkan kekebalan.

Cegah anemia

Mangga mengandung zat besi yang dapat mencegah anemia. Vitamin C pada mangga juga dapat membantu penyerapan zat besi yang efektif dalam tubuh. Jus mangga sangat bermanfaat bagi para calon ibu karena mereka membutuhkan kandungan zat besi yang tinggi.

5 dari 6 halaman

Manfaat jus mangga untuk diet

Cegah diabetes

Jus mangga tanpa gula membantu mengontrol kadar gula dengan menormalkan kadar insulin, menjaga tekanan darah, dan menurunkan kolesterol jahat. Penyebab diabetes yang paling umum termasuk tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, dan resistensi insulin. Manfaat jus mangga untuk diet dapat menurunkan berat badan, menurunkan kadar gula darah, dan menurunkan kadar lemak dalam darah.

Sehatkan jantung

Kandungan serat, kalium, dan vitamin dalam mangga semuanya membantu menjaga arteri tetap bekerja dan mengurangi risiko penyakit jantung. Mangga juga mengandung antioksidan unik yang disebut mangiferin. Antioksidan ini bisa melindungi sel jantung dari peradangan, stres oksidatif dan kematian sel. Selain itu, jus mangga dapat menurunkan kadar kolesterol darah, trigliserida, dan asam lemak bebas.

6 dari 6 halaman

Manfaat jus mangga untuk diet

Kontrol tekanan darah

Jus mangga mengandung kalium yang membantu fungsi otot, jantung, dan saraf. Mineral ini bermanfaat mengatur keseimbangan cairan dalam tubuh dan tekanan darah. Ini bisa menjaga denyut nadi yang sehat dan pembuluh darah tetap rileks. Jus mangga juga mengandung vitamin C yang bisa menurunkan kolesterol.

Cegah kanker

Mangga juga ditemukan mengandung antioksidan unik yang tidak terdapat pada buah dan sayuran lainnya. Mangga kaya akan polifenol yang berpotensi memiliki sifat antikanker. Polifenol dapat membantu melindungi terhadap stres oksidatif yang terkait dengan berbagai jenis kanker.

Penelitian tabung reaksi dan hewan menemukan bahwa polifenol mangga mengurangi stres oksidatif dan menghentikan pertumbuhan atau menghancurkan berbagai sel kanker, termasuk leukemia dan kanker usus besar, paru-paru, prostat, dan payudara.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini