Sukses

12 Manfaat Minyak Kemiri untuk Rambut dan Wajah, Jaga Kecantikan

Manfaat minyak kemiri sangat baik untuk kecantikan berkat kandungan nutrisinya yang melimpah.

Liputan6.com, Jakarta Manfaat minyak kemiri untuk rambut dan wajah bisa kamu dapatkan dengan menerapkannya secara rutin. Minyak kemiri terkenal dengan manfaatnya yang baik untuk rambut. Namun, ternyata bahan alami satu ini juga baik untuk menjaga kesehatan wajah.

Manfaat minyak kemiri untuk rambut didapat dari adanya kandungan nutrisi di dalam minyak kemiri seperti gliserida, asam linoleat, protein, vitamin B1, vitamin E, dan mineral yang baik untuk kesehatan dan pertumbuhan rambut.

Sementara itu, untuk kulit wajah kandungan vitamin A, C, D, dan E berperan sebagai antioksidan untuk melawan radikal bebas. Ada juga asam lemak sehat, seperti asam oleat (omega-9) dan asam linoleat (omega-6), yang memberikan nutrisi baik untuk kulit.

Manfaat minyak kemiri sangat baik untuk kecantikan berkat kandungan nutrisinya yang melimpah. Bagi kamu yang ingin merawat rambut dan wajah dengan bahan alami, minyak kemiri bisa jadi pilihan. Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (5/7/2021) tentang manfaat minyak kemiri.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Manfaat Minyak Kemiri untuk Rambut

Menutrisi Rambut

Manfaat minyak kemiri untuk rambut yang pertama yaitu untuk menutrisi rambut. Caranya, ambil minyak kemiri secukupnya secara merata pada rambut dan kulit kepala.Lakukan pijatan dengan rambut dan biarkan semalaman. Keeseokan harinya bilas dengan sampo. Lakukan secara teratur untuk mendapatkan rambut yang subur dan tebal.

Atasi Rambut Rontok

Apabila kamu memiliki masalah rambut rontok, kamu bisa menggunakan minyak kemiri untuk mengatasinya. Manfaat minyak kemiri untuk rambut ini didapatkan dari adanya kandungan protein dan mineral yang terkandung di dalam kemiri. Minyak kemiri mampu menguatkan rambut dari akar hingga ujung rambut.

Apabila kamu memiliki masalah dengan kebotakan, kamu bisa menggunakan minyak kemiri untuk membantu mengatasinya. Manfaat minyak kemiri untuk rambut mampu membantu mengatasi kebotakan karena dapat merangsang pertumbuhan rambut. Penggunaan minyak kemiri secara teratur dapat mencegah rambut rontok dan menumbuhkan kembali rambut bahkan lebih kuat dan lebih sehat dari sebelumnya.

Rambut Lebih Hitam

Apabila kamu berkeinginan untuk mendapatkan rambut lebih tebal, kamu bisa menggunakan minyak kemiri. Manfaat minyak kemiri dapat membuat rambut kembali bersinar tanpa perlu mewarnainya. Untuk mendapatkan hasil maksimal, kamu bisa menggunakan minyak kemiri secara rutin dan sabar.

3 dari 5 halaman

Manfaat Minyak Kemiri untuk Rambut

Memperkuat Akar Rambut

Salah satu penyebab rambut mudah rontok diakibatkan akar rambut yang rapuh. Untuk memperkuat akar rambut, dapat memanfaatkan minyak kemiri sebagai perawatan rambut.

Mengurangi Peradangan Akibat Ketombe

Manfaat minyak kemiri untuk rambut selanjutnya adalah mengurangi peradangan akibat ketombe. Manfaat ini didapatkan dari adanya asam linoleat yang merupakan jenis asam lemak tak jenuh omega-6 yang memiliki fungsi sebagai antiinflamasi. Selain bersifat sebagai antiinflamasi, kandungan tersebut juga dikenal efektif dalam mengurangi peradangan kulit kepala akibat ketombe.

Untuk mengatasinya, kamu dapat mengoleskan minyak kemiri pada kulit kepala yang meradang atau seluruh bagian kulit kepala. Setelahnya, pijat selama 10 menit, lalu bilas hingga bersih.

Mencegah Munculnya Uban di Usia Muda

Sebenarnya munculnya uban di usia muda termasuk sebagai salah satu tanda penuaan dini. Namun, sebaiknya tak perlu khawatir karena permasalahan tersebut dapat diatasi dengan minyak kemiri.

Manfaat minyak kemiri untuk rambut ini didapatkan dari adanya kandungan vitamin E sebagai antioksidan yang berfungsi untuk mencegah tanda-tanda penuaan dini, salah satunya rambut beruban.

Untuk mendapatkan manfaat minyak kemiri untuk rambut ini, kamu bisa melakukan perawatan dengan mengaplikasikannya ke seluruh batang hingga ujung rambut secara rutin. Dengan begitu uban akan menghilang perlahan.

4 dari 5 halaman

Manfaat Minyak Kemiri untuk Wajah

Menghilangkan Kerutan

Manfaat minyak kemiri untuk wajah adalah untuk menghilangkan kerutan dan lingkaran hitam di bawah mata. Selain itu, minyak ini kaya antioksidan yang dapat meningkatkan produksi kolagen dan membantu mengganti sel-sel kulit mati.

Secangkir minyak kemiri mengandung sekitar 85 persen vitamin E. Minyak kemiri juga mengandung vitamin A, C, dan K. Vitamin ini bekerja secara bersamaan untuk menjaga keremajaan kulit, mencegah pembentukan keriput dan kerutan. Perkembangan dini garis-garis halus di alis atau di wajah juga teratasi dengan baik, sehingga memperlambat proses penuaan kulit.

Melembapkan Kulit

Manfaat minyak kemiri untuk wajah selanjutnya adalah melembapkan kulit. Hal ini didapatkan berkat kemiri yang mengandung antioksidan, yang dapat membuat kulit menjadi lebih lembut. Minyak ini juga dapat menyerap cepat ke dalam kulit dengan sempurna.

Kandungan antioksidan dan asam stearat pada minyak kemiri bisa menjaga kelembapan kulit. Selain itu, kandungan vitamin A, C, E, dan F (omega-6) pada kemiri dapat menutrisi kulit agar tetap terhidrasi dan terhindar dari kekeringan.

Merawat Kulit dari Sinar Matahari

Minyak kemiri dapat diserap oleh lapisan kulit terdalam dan membantu perlindungan kulit dari kerusakan. Oleh karena itu, minyak ini dapat digunakan untuk menenangkan kondisi kulit yang terpapar sinar matahari dan membantu menghilangkan stretch mark.

Minyak kemiri dapat dijadikan tabir surya alami untuk membantu kulit menyaring sinar UV internal matahari. Karena kualitasnya, kerap sekali minyak kemiri dijadikan sebagai bahan dasar lotion.

Minyak kemiri mengandung vitamin E yang sangat efektif dalam melindungi kulit dari efek buruk sinar UV matahari. Jika digunakan secara rutin maka kulit akan tampak lebih sehat.

5 dari 5 halaman

Manfaat Minyak Kemiri untuk Wajah

Membuat Wajah Bercahaya

Seperti yang sudah diketahui, minyak kemiri dapat melindungi dari sinar sinar UVA dan UVB, di mana sinar ini dapat merusak kulit dan membuatnya menjadi kusam. Kandungan vitamin A, C, dan E, serta antioksidan yang dimiliki kemiri dapat membantu regenerasi kulit. Kondisi kulit akan menjadi lebih sehat dan bercahaya. 

Jika kamu rutin menggunakan minyak kemiri, maka kulit akan menjadi lebih bersih dan cerah. Kamu pun bebas beraktivitas seharian meski di bawah sinar matahari sekalipun.

Meredakan Eksim

Minyak kemiri juga dapat membantu kamu yang memiliki keluhan kulit eksim atau menderita psoriasis, seperti dilansir dari FutureDerm. Hal ini dikarenakan sifat kemiri yang dapat melembapkan kulit dengan baik.

Minyak kemiri dapat meredakan gatal pada kondisi kulit seperti eksim. Lalu, kondisi seperti psoriasis dan rosacea juga dapat dikurangi gejalanya dengan minyak ini.

Menyamarkan Bekas Luka

Kulit sangat sensitif, terkadang terkena goresan sedikit saja sudah menjadi luka yang serius. Bekas luka seperti, luka bakar, iritasi, bekas jerawat dan kulit kering bisa diatasi dengan minyak kemiri.

Cukup oleskan minyak kemiri pada bagian kulit yang bermasalah. Lakukan secara rutin untuk hasil maksimal. Tak butuh waktu lama kulit menjadi lebih halus dan bekas luka tersamarkan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini