Sukses

Contoh Alamat Email dan Cara Membuatnya, Bisa untuk Bisnis dan Melamar Pekerjaan

Email atau electronic mail adalah sebuah metode pengiriman pesan secara elektronik dari satu pengguna internet ke pengguna internet lainnya melalui jaringan komputer.

Liputan6.com, Jakarta Contoh alamat email sangat dibutuhkan untuk keperluan pribadi maupun pekerjaan dan bisnis. Email atau electronic mail adalah sebuah metode pengiriman pesan secara elektronik dari satu pengguna internet ke pengguna internet lainnya melalui jaringan komputer.

Contoh alamat email ini banyak digunakan untuk membuat akun Facebook, Instagram, dan media sosial lainnya. Bahkan kini contoh alamat email menjadi salah satu kebutuhan yang harus dimiliki oleh setiap orang yang mempunyai HP. 

Dengan mengetahui contoh alamat email, maka anda sebagai pemula akan lebih mudah untuk membuatnya. Selain contoh alamat email ini bisa dijadikan referensi bagi anda yang membuatnya. Ada berapa cara membuat alamat email yang bisa anda praktikkan.  

Berikut Liputan6.com ulas mengenai contoh alamat email dan cara membuatnya yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Jumat (26/5/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Contoh Alamat Email yang Praktis

E-mail memiliki format e-mail yaitu ‘nama’@’nama pengguna internet’. Contoh alamat email adalah John@gmail.com. Dalam contoh alamat email tersebut, ‘John’ merupakan nama pengguna, kemudian ‘gmail’ merupakan nama perusahaan pengguna e-mail, dan ‘.com’ merupakan nama yang berasal dari ‘co’ berarti company dan ‘id’ yang artinya indonesia.

Email memiliki format email yaitu nama@nama pengguna internet. Format tersebut sama dan tetap untuk semua alamat email. Perlu diketahui bahwa alamat email tidak boleh ada spasi, namun boleh mengandung huruf dan angka, tanda garis bawah (underscore), tanda minus atau dash, dan tanda titik atau dot.

Alamat email boleh menggunakan huruf besar atau kapital dan huruf kecil atau huruf besar dan kecil tidak diperhatikan, namun umumnya ditulis dalam huruf kecil. Sedangkan untuk karakter lain seperti #,$,%,/, dan lain-lain tidak diperkenankan dalam alamat email.

Simbol @ pada alamat email merupakan karakter penting yang digunakan untuk memisahkan nama pengguna dengan domain di alamat email. Simbol tersebut disebut juga sebagai at sign atau at symbol.

Secara teknis, simbol @ digunakan sebagai tanda pemisah antara bagian lokal atau local part dan bagian domain atau domain part dalam alamat email. Bagian lokal biasanya adalah nama pengguna atau alias nama email, sedangkan bagian domain adalah nama domain dari server email yang digunakan.

Contoh alamat email yang menggunakan simbol @ adalah ‘nama.pengguna@email.com’. Seperti yang dijelaskan di atas bahwa ‘nama.pengguna’ adalah bagian lokal dan ‘email.com’ adalah bagian domain.

Supaya lebih paham dengan penjelasan di atas, berikut ini terdapat beberapa contoh alamat email yang bisa menjadi referensi anda untuk membuatnya, yakni:

  1. bumimayaku@gmail.com
  2. akusedangdaring@gmail.com
  3. iniaku@yahoo.com
  4. khususaku@yahoo.com
  5. amheresosmed@outlook.com
  6. dismenotyou@hotmail.com
  7. bukankamu@kmail.com
  8. halomaya18@kimal.com
  9. ohduniamaya10@knail.com
  10. nurul.aini@cileungsi.com
  11. mama@axis.blackberry.com
  12. John@yahoo.co.id
  13. grhatama@galangpress.com
  14. Sangjuara@telkom.net
  15. galangpress@jmn.net.id
3 dari 5 halaman

Cara Membuat Email Baru Melalui HP

1. Google Chrome

  1. Pertama, buka Google Chrome melalui HP.
  2. Di halaman utama, klik foto profil yang berada pada pojok kanan atas untuk membuka pengaturan akun.
  3. Kemudian lanjutkan dengan mulai klik “Manage Account On This Device.”
  4. Selanjutnya pilih “Add account to device”, pilih “Create Account” lalu “For My Self.”
  5. Akan ditampilkan halaman formulir, mulai isi nama lengkap dan identitas lengkap yang dibutuhkan.
  6. Klik “Next” untuk mengisi alamat e-mail yang dibuat, kemudian mulai buat kata sandi.
  7. Akhirnya sampai pada halaman “Tambahkan Nomor Telepon” kemudian klik “Lewati Saja.”
  8. Selesaikan cara membuat email baru ini dengan klik “Next” untuk meninjau informasi akun yang sudah diisi sebelumnya dan muncul tampilan “Privasi dan Persyaratan” dan klik “Saya Setuju.”

2. Aplikasi Gmail

  1. Pertama, buka aplikasi Gmail melalui HP.
  2. Pada halaman utama, mulai dengan klik foto profil untuk membuka menu pengaturan akun Gmail.
  3. Selanjutnya, mulai dengan pilih “Add Another Account” klik “Google” di “Set Up Email” klik “Create Account” dan pilih “For Myself.”
  4. Pada halaman berikutnya, akan diminta untuk mulai mengisi identitas lengkap yang dibutuhkan.
  5. Klik “Next” kemudian mengisi alamat e-mail dan buat kata sandinya.
  6. Akhirnya sampai pada halaman “Tambahkan Nomor Telepon” kemudian klik “Lewati Saja.”
  7. Selesaikan dengan klik “Next” untuk meninjau informasi akun yang sudah diisi sebelumnya dan muncul tampilan “Privasi dan Persyaratan” dan klik “Saya Setuju.”
4 dari 5 halaman

Cara Membuat Email Baru untuk Bisnis

  1. Masukkan alamat web berikut ini: gsuite.google.com
  2. Jika sudah, maka halaman baru untuk menyelesaikan proses pendaftaran akan terbuka.
  3. Pendaftar Gmail Bisnis akan diminta memasukkan nama bisnis, jumlah karyawan, dan negara asal.
  4. Selanjutnya, pendaftar Gmail Bisnis akan diminta untuk memasukkan informasi tentang kontak bisnis.
  5. Masukkan nama depan, nama belakang, dan alamat email yang sudah dimiliki saat ini. Proses ini akan memudahkan admin akun G Suit buat Gmail untuk bisnis.
  6. Selanjutnya, pendaftar akan diberi pertanyaan mengenai domain.
  7. Domain (contoh.com) akan sangat diperlukan untuk menyelesaikan proses buat Gmail untuk bisnis dan akun G Suite bisnis.
  8. Tinggal pilih memiliki, ingin membeli, atau ingin domain gratis (.page).
  9. Buat sendiri domainnya atau gunakan domain gratis yang berlaku selama satu tahun dari Gmail. Jika menginginkan yang gratis, akan tersedia juga harga setelah satu tahun berlalu.
  10. Jika sudah menemukan domain yang pas, maka domain nantinya akan digunakan untuk menyiapkan G Suite. Termasuk membuat email profesional seperti (sales@contoh.page) untuk login ke Gmail, Dokumen, Drive, Kalender, dan lain sebagainya.
  11. Ini adalah domain aman yang hanya mengizinkan koneksi yang aman (HTTPS). Perhatikan apabila nanti harus menambahkan sertifikat SSL jika ingin membuat situs.
  12. Penambahan domain di lain waktu bisa dilakukan.
  13. Berikutnya dengan mengisi informasi bisnis terkait alamat, baris alamat dua, kota, provinsi, kodepos, dan nomor telepon bisnis.
  14. Jika sudah selesai, maka pendaftar akan diantar ke halaman masuk akun G Suite dan membuat alamat email bisnis. Masukkan nama pengguna dan sandi.
  15. Lalu centang ‘Saya Bukan Robot’ dan selesai.
5 dari 5 halaman

Cara Buat Alamat Email Baru Melalui Laptop

1. Masukkan alamat www.Gmail.com pada web browser Anda.

2. Klik create an account, sebuah kotak akan terbuka.

3. Atau anda dapat langsung masuk ke alamat https://accounts.google.com/signup

4. Selanjutnya isi data diri Anda dengan lengkap. Meliputi nama depan, nama belakang, username, dan password

5. Pada isian setelah nama, Anda akan diminta untuk menuliskan username, anda dapat memilih sendiri apa username anda.

6. Apabila terdapat tulisan “That username is taken. Try another” maka Anda tidak bisa menggunakan alamat Gmail tersebut. Sebab, ada kemungkinan jika nama pengguna yang Anda ingin gunakan:

  1. Sudah digunakan.
  2. Sangat mirip dengan nama pengguna yang sudah ada (misalkan, jika contoh@gmail.com sudah ada, Anda tidak dapat menggunakan cont0h@gmail.com).
  3. Sama seperti nama pengguna yang pernah dipakai seseorang, yang kemudian telah dihapus.
  4. Tidak disediakan oleh Google untuk mencegah spam atau penyalahgunaan.

7. Apabila nama yang diinginkan sudah disetujui oleh Google, maka Anda bisa klik Next dan Isi semua kolom yang belum terisi dengan data yang benar.

8. Berikutnya, anda diminta untuk mengisi tanggal lahir dan jenis kelamin. Sedangkan untuk data lain seperti nomor HP dan akun recovery bersifat opsional.

9. Klik Next Step, akan muncul agreement, atau kotak persyaratan. Klik pada I Agree.

10. Akun Gmail Anda telah aktif.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.