Sukses

Arti Fathan dalam Bahasa Arab, Berikut Rekomendasi Nama Anak dengan Nama Fathan

Nama Fathan sendiri dalam bahasa Arab juga memiliki makna penakluk dan pembimbing.

Liputan6.com, Jakarta Nama Fathan bisa menjadi pilihan menarik bagi para orang tua yang hendak memberikan nama pada anak laki-lakinya. Apalagi Fathan memiliki arti yang indah.

Secara bahasa, Fathan sendiri merupakan kata yang berasal dari bahasa Arab. Bahkan kata dasarnya menjadi salah satu nama surat dalam Alquran, yakni surat Al Fath, yang artinya kemenangan.

Surat Al Fath sendiri merupakan surat ke-48 dalam Alquran. Isi surat ini menceritakan kisah-kisah kemenangan yang Nabi Muhammad SAW capai dalam peperangan.

Nama Fathan sendiri dalam bahasa Arab juga memiliki makna penakluk dan pembimbing. Nama Fathan juga bisa dipahami berasal dari kata yang merujuk pada salah satu sifat Nabi Muhammad SAW, yakni fathanah yang artinya cerdas dan bijaksana.

Dengan memberikan nama Fathan pada anak laki-laki, diharapkan anak tersebut dapat menjadi pribadi yang berijiwa kompetetif karena selalu ingin menang, bisa membimbing, cerdas dan bijaksana.

Dalam kombinasi nama lengkap, Fathan bisa menjadi nama depan, nama tengah, maupun nama belakang. Variasi penulisan nama Fathan ini juga beragam mulai dari Fatan, Fathaan, Alfathan, Elfathan, Fathani atau Fathania. Semuanya masih memiliki arti nama yang sama.

Berikut adalah sejumlah rekomendasi nama anak laki-laki dengan menggunakan kata Fathan berikut maknanya, seperti yang telah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa (24/5/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Nama Anak Laki-Laki dengan Fathan sebagai Nama Depan

1. Fathan Al-Khalifi: Diharapkan menjadi anak laki-laki yang membawa kemenangan, serta mewarisi kebenaran dan kebijaksanaan.

2. Fathan Syaiful Ahmad: Nama tersebut memiliki arti pedang kemenangan Nabi Muhammad SAW. Anak dengan nama ini diharapkan dapat menjadi sosok yang dapat membawa kemenangan bagi ajaran Nabi Muhammad, yakni ajaran agama Islam.

3. Fathan Ramadhanu: anak laki-laki yang membawa kemenangan di bulan Ramadhan.

4. Fathan Rizki Maulana; diharapkan anak dengan nama tersebut dapat membawa kemenangan, memperoleh banyak rizki, dan memiliki kekuasaan.

5. Fathan Putra Kautsar: Anak dengan nama ini diharapkan dapat menjadi seorang anak yang dapat membawa kemenangan dan nikmat yang berlimpah.

6. Fathan Firananda Putra; diharapkan dapat menjadi anak yang dapat membawa kemenangan, serta tetap mampu bersikap ramah dan bersahabat.

7. Fathan Ihsani; diharapkan dapat menjadi anak yang membawa kemenangan dan mampu mencurahkan kebaikan kepada hamba-hamba Allah dengan harta, ilmu, kedudukan, dan badannya.

8. Fathan Alif; diharapkan dapat membawa kemenangan dan mampu bersikap  ramah, penuh kasih, teman, pendamping. Alif adalah huruf pertama dalam bahasa Arab, sehingga nama ini sangat cocok jika diberikan kepada anak pertama.

9. Fathan Lutfiansa; Anak yang membawa kemenangan dengan sikapnya yang lembut dan baik hati. Lutfi juga dapat diartikan sebagai sifat yang ambisius, gemar mengejar kehormatan.

10. Fathan Ahmad Fauzan; pengikut ajaran Nabi Muhammad yang membawa kemenangan, kesuksesan, dan keselamatan.

11. Fathan Miyaz Azrak: Anak laki-laki yang diharapkan bisa menjadi penakluk dan pembimbing, selalu diutamakan karena unik dan beda dari yang lain serta bisa memiliki sifat baik seperti sahabat Nabi Muhammad.

12. Fathan Harun Faizan: Anak laki-laki yang diharapkan bisa menjadi penakluk dan pembimbing, ditinggikan derajatnya karena sifat dermawannya.

13. Fathan Tahir Hammad: Anak laki-laki yang diharapkan bisa menjadi penakluk dan pembimbing, suci dan sederhana serta sangat taat agama dan banyak memuji Tuhan.

14. Fathan Arash Karim: Anak laki-laki yang diharapkan bisa menjadi penakluk dan pembimbing, cerdas, dipuja dan berhati baik.

15. Fathan Kayvan Arhab: Anak laki-laki yang diharapkan bisa menjadi penakluk dan pembimbing, berpikiran luas seperti alam semesta dan cerdas.

3 dari 4 halaman

Nama Anak Laki-Laki dengan Fathan sebagai Nama Tengah

16. Alif Fathan Rhofani: Anak pertama yang diharapkan dapat membawa kemenangan, dengan kasih sayang.

17. Muhammad Fathan Sidik: Anak laki-laki yang diharapkan dapat membawa kemenangan dengan kejujuran dan kebenaran sebagai pengikut Nabi Muhammad SAW.

18. Muhammad Fathan Fadillah: Anak laki-laki pengikut Nabi Muhammad SAW, yang diharapkan dapat membawa kemenangan dan memiliki sifat yang berbudi baik, berbeda, dan mulia.

19. Muhammad Fathan Athaillah: Anak laki-laki yang menjadi pengikut Nabi Muhammad SAW, yang menerima banyak karunia Allah SWT.

20. Muhammad Fathan Gibrani: Anak laki-laki pengikut Nabi Muhammad SAW yang diharapkan dapat membawa kemenangan dan kesuksesan dengan kecerdasannya.

21. Raahil Fathan Numair: Anak laki-laki yang bisa menunjukkan jalan kebenaran, pembimbing yang baik dan bisa menjadi teman setia.

22. Ayaz Fathan Aiman; Anak laki-laki yang tumbuh menjadi pribadi bahagia, dihormati serta beruntung.

23. Ahnaf Fathan Hanash: Anak laki-laki yang cerdas bisa memiliki daya ingat kuat seperti Perawi hadits dan bisa menjadi pembimbing yang baik.

24. Aaqib Fathan Faizan: Anak laki-laki yang bisa menjadi pengikut Nabi Muhammad, pembimbing yang baik dengan sikap murah hati dan kedermawanannya.

25. Nubaid Fathan Abuzar: Anak laki-laki yang membawa kebahagiaan, bisa menjadi pembimbing yang baik, serta kaya raya.

4 dari 4 halaman

Nama Anak Laki-Laki dengan Fathan sebagai Nama Belakang

26. Afraz Sinan Fathan: Anak laki-laki yang rajin mempelajari aturan dan peraturan agama, pikirannya setajam tombak dan bisa menjadi pribadi cerdas dan menang.

27. Meezan Sufyan Fathan: Anak laki-laki yang adil, bisa bergerak dengan cepat dalam tindakannya serta bisa menaklukkan kemenangan.

28. Nahyan Jibran Fathan: Anak laki-laki yang bisa mencegah perbuatan salah, berlimpah pahala dan bisa menjadi pribadi cerdas dan menang.

29. Shazil Ziyaan Fathan: Anak laki-laki yang diharap bisa memiliki sifat tangguh, bertanggung jawab seperti raja, diagungkan dan bisa menjadi pribadi cerdas dan menang.

30. Abram Mahid Fathan: Anak laki-laki yang berpegang kuat pada agama, pandai berdakwah dan menghibur orang lain serta  bisa menjadi pribadi cerdas dan menang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.