Sukses

Love Yourself Artinya Cintai Dirimu Sendiri, Simak Cara Melakukannya

Love yourself artinya mencintai dirimu sendiri.

Liputan6.com, Jakarta Love yourself artinya adalah kosa kata dalam bahasa Inggris yang sering digunakan oleh masyarakat dalam percakapan sehari-hari. Dalam kamus bahasa Inggris ke Indonesia, kata love yourself artinya adalah cintai dirimu sendiri. 

Love yourself artinya mencintai dirimu sendiri merupakan sebuah frasa yang bermakna menjunjung tingga kesejahteraan dan kepercayaan diri sendiri. Love yourself artinya mencintai diri sendiri ini penting dilakukan oleh kebanyakan orang, tujuannya sendiri untuk menjadi pribadi yang lebih tenang dari ceria daripada sebelumnya.

Namun, masih ada seseorang yang belum bisa melakukan tindakan love yourself artinya mencintai diri sendiri. Untuk itu, penting mengetahui bagaimana cara melakukan love yourself artinya mencintai diri sendiri.

Berikut Liputan6.com ulas mengenai arti love yourself dan cara melakukannya yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Selasa (23/5/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Love Yourself Artinya

Dalam kamus Bahasa Inggris ke Indonesia, love yourself artinya cintai dirimu sendiri. Tindakan ini perlu dilakukan oleh semua orang bersama dengan sikap percaya diri. Hal ini dapat dicapai dengan mempelajari bahwa anda harus mencintai diri sendiri apapun yang terjadi, karena itu menjadi harga diri anda.

Secara etimologi, love yourself terdiri dari kata bahasa Inggris yakni love yang artinya cinta dan yourself yang artinya dirimu sendiri. Jadi, jika digabungkan, kata love yourself artinya adalah mencintai dirimu sendiri.

Istilah love yourself ini ramai dibicarakan karena masih banyak orang yang belum mencintai dirinya sendiri. Hal ini karena kurangnya rasa bersyukur terhadap diri sendiri. Padahal dengan melakukan love yourself artinya mencintai diri sendiri, anda akan lebih tenang dan bahagia. Sebab anda akan lebih mengutamakan diri sendiri, percaya pada diri sendiri, memaafkan diri sendiri, hingga menerima semua kekurangan dan ketidaksempurnaan yang ada pada diri kita.

3 dari 3 halaman

Cara Melakukan Love Yourself

Melansir laman The Everygirl, terdapat beberapa cara untuk melakukan love yourself, yakni:

1. Kenali diri sendiri

Meskipun kita telah bersama diri sendiri sejak lahir hingga kini, tetapi semua itu tidak cukup sebagai bukti kamu mencintai dirimu. Namun, ada beberapa hal lain seperti, seberapa baik kamu benar-benar mengenal dirimu, mengetahui apa yang kamu suka, hal apa yang membuat bahagia, dan apa yang kamu inginkan dari hidup.

Sebab, seseorang bisa mengatakan mencintai diri sendiri, tetapi tidak cukup mengenal dirinya. Jadi, luangkan waktu untuk memikirkan tentang apa yang kamu yakini, hargai, dan sukai, dan kenali kekuatan kamu.

Dengan mengenal diri sendiri juga berarti jujur ​​​​pada diri sendiri, sebab cinta sejati berarti kejujuran dan tanggung jawab. Jadi, tingkatkan kesadaran diri dengan tidak lagi meremehkan diri sendiri sehingga kamu dapat menerima diri kamu sepenuhnya.

2. Maafkan diri sendiri

Cara untuk melakukan cintai diri sendiri yang lainnya adalah dengan memaafkan diri sendiri. Umumnya seseorang menjadi tidak cinta terhadap dirinya sendiri, sebab berpegang pada hal-hal yang terjadi di masa lalu. Momen memalukan yang menghantui hingga hari ini atau kesalahan serius yang masih dibiarkan mengganggu.

Berhentilah untuk menyalahkan diri sendiri dan mengungkit masa lalu yang justru membuatmu semakin gelisah. Mulailah untuk berpikir ke depan dan berdamai dengan keadaan yang ada dipikiran dan hatimu. Dengan begitu, pelan-pelan cobalah untuk memaafkan dirimu sendiri.

3. Berani berkata tidak pada sesuatu

Mengatakan "tidak" saat kamu bermaksud tidak, menandakan bahwa kamu telah menempatkan kebutuhanmu di atas kebutuhan orang lain. Misalkan, saat rekan kerja yang meminta bantuan saat kamu sudah kewalahan dan kelelahan lalu kamu memilih menyetujuinya hanya karena rasa sungkan.

Perlu diperhatikan, setiap kali kamu mengatakan "ya" ketika ingin mengatakan "tidak", menempatkan pendapat dan kebutuhan orang lain di atas pendapat kamu sendiri, hal itu justru akan membangun lebih banyak bukti bahwa kamu bukanlah prioritas. Sehingga, mulailah untuk tidak ragu, mengatakan yang sesuai dengan kemampuan tubuhmu, yakni "ya" jika kamu bermaksud ya dan "tidak" jika memang kamu tidak menginginkan hal itu.  

4. Perlakukan dirimu seperti orang yang Anda cintai

Cara untuk melakukan cintai diri sendiri yang lainnya adalah memperlakukan dirimu seperti orang kamu memperlakukan orang yang anda cintai. Hubungan terpenting dalam hidup sebenarnya adalah hubungan yang kamu miliki dengan diri sendiri. Jadi, mulailah memelihara hubungan itu seperti yang kamu lakukan dengan sahabat, ibu, atau orang penting lainnya.

Mencintai diri sendiri cukup sederhana, layaknya kamu mememperlakukan orang yang kamu cinta dengan memberikan mereka hadiah, pujian, atau mengucapkan "selamat malam" sebelum tidur. Cara-cara memperlakukan orang itulah yang harus juga menjadi cara kamu memperlakukan diri sendiri.

5. Jangan mencemaskan masa depan

Memang sulit untuk tidak mencemaskan masa depan, namun cobalah untuk tidak memikirkan hal yang belum tentu akan terjadi ke depannya. Jangan membuang waktumu untuk memikirkan hal-hal tersebut, rencanakan dan jalani hidup Anda dengan baik. Sebab biasanya hal-hal yang Anda cemaskan tersebut tidak akan terjadi seperti yang dibayangkan. Buatlah pikiran yang positif adalah bentuk Anda mencintai diri sendiri.

6. Jangan membandingkan dirimu dengan orang lain

Cara berikutnya yakni jangan membandingkan dirimu dengan orang lain. Orang lain tidak lebih baik atau lebih buruk, lebih atau kurang dari kamu. Mereka hanya berbeda dari kamu, setiap orang memiliki jalan hidup yang berbeda-beda. Kamu memiliki nilai apa adanya dan menerima diri sendiri berarti tidak perlu melakukan perbandingan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.