Sukses

Last Artinya Terakhir, Ini Sinonim dan Contoh Penggunaannya dalam Kalimat

Last artinya adalah yang paling akhir, dan tidak ada lagi hal lain setelahnya.

Liputan6.com, Jakarta Last artinya terakhir. Kata itu biasanya digunakan untuk menunjukkan bahwa sesuatu atau seseorang menjadi yang terakhir dalam sebuah urutan. Selain itu, last artinya juga bisa menunjukkan bahwa sesuatu atau seseorang menjadi satu-satunya yang tersisa.

Sebagai contoh pada frasa "last slice of pizza," artinya itu adalah potongan pizza terakhir atau satu-satunya potongan pizza yang masih tersisa. Contoh lain misalnya pada "last flight" (penerbangan terakhir), artinya tidak ada lagi penerbangan berikutnya.

Dalam kalimat, "The runner who comes in last is behind everyone else. (Pelari yang datang terakhir berada di belakang orang lain)." Kalimat tersebut menunjukkan bahwa tidak ada lagi pelari yang akan datang di belakangnya.

Untuk lebih memahami last artinya apa, berikut penjelasan selengkapnya seperti yang telah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa (23/5/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Pengertian Last Berdasarkan Kamus

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, last artinya adalah terakhir. Artinya, last menunjukkan urutan terakhir dari sesuatu atau seseorang, di mana tidak ada yang lain lagi pada urutan berikutnya. Untuk lebih memahami last artinya apa, penting bagi kita untuk meninjau beberapa maknanya berdasarkan sejumlah kamus bahasa Inggris online.

Menurut Cambridge Dictionary, last artinya seseorang atau sesuatu setelah semua orang atau yang lainnya. Sedangkan menurut Merriam Webster, last artinya setelah semua sisanya; menjadi satu-satunya yang tersisa; setelah semua yang lain; pada akhirnya; paling akhir-akhir ini.

Dari penjelasan tersebut dapat dipahami bahwa last artinya adalah yang paling akhir, dan tidak ada lagi hal lain setelahnya. Dari penjelasan tersebut juga bisa dipahami bahwa last bahwa last artinya adalah satu-satunya yang tersisa. Selain itu, last artinya juga bisa dipahami sebagai tidak ada kelanjutannya lagi, yang paling akhir.

3 dari 5 halaman

Penggunaan Kata Last

Dalam bahasa Inggris, kata last dapat digunakan dengan berbagai cara, antara lain sebagai determiner, kata sifat, kata ganti, dan sebagai kata keterangan.

Sebagai determiner, kata last dapat digunakan untuk menunjukkan bahwa kata benda, baik itu sesuatu atau seseorang, merupakan satu-satunya yang tersisa dalam urutan. Sebagai contoh dalam kalimat, "I saw him last night." Kata last di sana menunjukkan bahwa malam yang dimaksud adalah malam sebelum sekarang.

Sebagai kata sifat, kata last biasanya terletak setelah determiner dan sebelum kata benda. Sebagai contoh, "I ate the last piece of cake."

Kata last juga berfungsi sebagai kata ganti untuk sesuatu. Hanya saja, untuk dapat berfungsi kata ganti, harus ada konteks sebelumnya. Sebagai contoh, "Their new CD is even better than the last."

Kata last juga dapat menduduki fungsi sebagai kata keterangan. Sebagai kata keterangan, kata last artinya menunjukkan urutan terakhir dalam sebuah peristiwa kronologis. Contoh, "I put my shoes on last." Kalimat tersebut menunjukkan bahwa aktivitas mengenakan sepatu dilakukan di urutan terakhir setelah mengenakan pakaian lainnya.

4 dari 5 halaman

Sinonim Kata Last

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, kata last artinya terkahir atau satu-satunya yang tersisa. Dalam bahasa Inggris sebenarnya ada banyak kata yang merujuk pada sesuatu yang berada di urutan paling akhir atau satu-satunya yang tersisa, atau kata yang menjadi sinonim. Adapun kata yang menjadi sinonim dari kata last antara lain adalah sebagai berikut,

  1. bottommost, terendah di tempat atau peringkat.
  2. closing, mengakhiri sesuatu; terakhir.
  3. concluding, mengakhiri (sesuatu).
  4. final, datang di akhir seri.
  5. hindmost, paling belakang.
  6. lag, tertinggal dalam gerakan, kemajuan, atau perkembangan; tidak mengikuti yang lain atau orang lain.
  7. latest, dari tanggal terbaru.
  8. latter, terletak atau terjadi lebih dekat ke akhir sesuatu dari awal.
  9. rearmost, paling belakang.
  10. terminal, dari, membentuk, atau terletak di ujung atau ujung sesuatu.
  11. terminating, mengakhiri.
  12. ultimate, sedang atau terjadi pada akhir proses; terakhir.
5 dari 5 halaman

Contoh Penggunaan Kata Last

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, last artinya terakhir atau urutan paling belakang dan tidak ada lagi selanjutnya. Untuk memahami kata last artinya apa, penting bagi kita untuk memahami berdasarkan contoh penggunaannya dalam kalimat.

Berikut adalah sejumlah contoh kalimat yang menggunakan kata last,

1. Merujuk pada minggu, bulan, tahun yang terbaru

(1) How did you boys sleep last night? (Bagaimana tidur kalian tadi malam?)

(2) Last year the company made a profit of £350 million. (Tahun lalu perusahaan menghasilkan keuntungan sebesar £ 350 juta.)

2. Merujuk pada periode waktu yang berlanjut hingga saat ini

(3) Over the last 15 years there has been a 50% increase in the traffic on our roads. (Selama 15 tahun terakhir telah terjadi peningkatan 50% lalu lintas di jalan kami.)

(4) During the last hour we have been receiving reports of an explosion in the city centre. (Selama satu jam terakhir kami telah menerima laporan tentang ledakan di pusat kota.)

3. Merujuk pada peristiwa, peristiwa, orang, atau hal tertentu

(5) The last time we met both of us had just started new jobs. (Terakhir kali kami bertemu, kami berdua baru saja memulai pekerjaan baru.)

(6) They’ve had only one win from their last eight matches. (Mereka hanya meraih satu kemenangan dari delapan pertandingan terakhir mereka.)

(7) I’m afraid I don’t agree with that last comment. (Saya khawatir saya tidak setuju dengan komentar terakhir itu.)

(8) His next book will be even better than his last. (Buku berikutnya akan lebih baik dari yang terakhir.)

4. Merujuk pada urutan setelah semua yang lain

(9) I swear this is the last cigarette I will ever smoke. (Aku bersumpah ini rokok terakhir yang akan aku hisap.)

(10) Tonight’s performance is the last in a series. (Pertunjukan malam ini adalah yang terakhir dalam rangkaian.)

5. Merujuk pada sesuatu yang menjadi satu-satunya yang tersisa

(11) I wouldn't marry him if he was the last man on earth. (Saya tidak akan menikah dengannya jika dia adalah pria terakhir di dunia.)

(12) The last surviving copy of the manuscript. (salinan naskah terakhir yang masih ada)

4. Merujuk pada prioritas terakhir atau yang paling tidak diinginkan

(13) The last thing we need is a tax rise. (Hal terakhir yang kita butuhkan adalah kenaikan pajak.)

(14) Hurting you is the last thing I’d want to do. (Menyakitimu adalah hal terakhir yang ingin kulakukan.)

(15) I'm the last person you should be asking for advice. (Saya orang terakhir yang harus Anda mintai nasihat.)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.