Sukses

10 Penyebab Ketiak Hitam dan Cara Mengatasinya yang Tepat

Penyebab ketiak hitam bisa dipengaruhi kebiasaan yang mungkin sering kamu lakukan hingga faktor kesehatan lainnya.

Liputan6.com, Jakarta Penyebab ketiak hitam perlu dikenali agar bisa mengatasinya. Ketiak hitam tentunya bisa mengganggu rasa percaya diri seseorang. Banyak orang menganggap bahwa ketiak hitam terjadi akibat kebiasaan mencukur ketiak.

Padahal, hal ini juga dapat dipengaruhi oleh berbagai kondisi lainnya. Cara mengatasinya pun berbeda tergantung pada penyebabnya. Kamu bisa melakukan tindakan penanganan dengan penggunaan obat ataupun menggunakan bahan alami.

Penyebab ketiak hitam bisa dipengaruhi kebiasaan yang mungkin sering kamu lakukan hingga faktor kesehatan lainnya. Warna kulit ketiak seharusnya sama seperti warna kulit di bagian tubuh lain. Namun pada beberapa orang, kulit di bagian ketiak bisa tampak menghitam.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (29/1/2021) tentang penyebab ketiak hitam.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Penyebab Ketiak Hitam

Kebiasaan Mencukur

Penyebab ketiak hitam yang pertama adalah kebiasan mencukur. Mencukur rupanya dapat memengaruhi warna ketiak. Pasalnya, aktivitas tersebut dapat mengiritasi kulit sehingga menimbulkan hiperpigmentasi dan kulit ketiak pun menjadi gelap. Sebagai alternatif, kamu dapat melakukan waxing agar warna hitam tampak memudar.

Infeksi Bakteri

Ketiak adalah tempat ideal bagi pertumbuhan bakteri. Keringat berlebihan dapat menyebabkan bakteri tumbuh subur sehingga menimbulkan bau serta warna kulit yang menggelap.

Penggunaan Deodoran

Penyebab ketiak hitam juga dapat dipengaruhi penggunaan deodoran. Deodoran maupun antiperspirant kerap digunakan untuk mencegah bau ketiak tak sedap.

Pada beberapa jenis produk, terdapat kandungan yang dapat mengiritasi kulit sehingga menyebabkan ketiak jadi hitam. Selain itu, bekas deodoran yang kurang bersih juga dapat memicu terjadinya kulit ketiak hitam.

3 dari 5 halaman

Penyebab Ketiak Hitam

Acanthosis Nigricans

Acanthosis nigricans adalah salah satu penyebab ketiak hitam, yang merupakan kondisi perubahan warna kulit yang menjadi lebih gelap, khususnya di daerah lipatan. Daerah yang biasanya lebih gelap adalah ketiak, selangkangan, dan leher.

Selain menjadi lebih gelap, kulit di daerah tersebut umumnya menjadi lebih tebal. Ada banyak faktor yang memengaruhi terjadinya acanthosis nigricans. Kondisi ini bisa disebabkan oleh faktor riwayat keluarga, obesitas, dan masalah metabolik lainnya seperti diabetes.

Obesitas

Penyebab ketiak hitam lainnya adalah berat badan berlebih atau obesitas. Seseorang yang mengalami obesitas cenderung memiliki kulit yang lebih gelap di daerah ketiak dan bagian tubuh lainnya. Obesitas merupakan salah satu faktor risiko dari acanthosis nigricans, penyakit yang juga menyebabkan kulit ketiak hitam.

Diabetes Mellitus

Diabetes mellitus atau penyakit gula juga dapat menjadi penyebab ketiak hitam. Resistensi insulin pada diabetes mellitus meningkatkan risiko seseorang mengalami acanthosis nigricans. Pada akhirnya kulit ketiak orang diabetes akan lebih gelap.

4 dari 5 halaman

Penyebab Ketiak Hitam

Gangguan Hormon

Penyakit yang memengaruhi hormon dalam tubuh juga dapat menjadi penyebab ketiak hitam, seperti sindrom polikistik ovarium (polycystic ovary syndrome/PCOS), cushing syndrome, dan hipotiroid. Tak hanya mengalami kulit ketiak hitam, umumnya penderitanya juga mengalami gejala lain yang berhubungan dengan penyakit di atas.

Kehamilan

Sebagian ibu hamil dapat mengalami perubahan atau gangguan kulit, dan salah satunya adalah kulit ketiak hitam. Hal ini kemungkinan disebabkan oleh perubahan hormon kehamilan yang merangsang peningkatan produksi melanin.

Penumpukan Sel Kulit Mati

Sel kulit mati dari seluruh tubuh dapat terakumulasi di permukaan kulit, termasuk di ketiak. Hal ini dapat menyebabkan kulit ketiak tampak lebih gelap dan kusam.

Penggunaan Obat Tertentu

Beberapa obat-obatan yang rutin dikonsumsi dapat menjadi penyebab ketiak berwarna hitam. Obat-obatan tersebut, seperti insulin, obat golongan kortikosteroid, dan kontrasepsi hormonal.

5 dari 5 halaman

Cara Mengatasi Ketiak Hitam

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, cara mengatasi ketiak hitam tergantung pada penyebabnya.

Cegah iritasi kulit ketiak

Jika sering mencukur bulu ketiak, coba mandi air hangat terlebih dahulu dan gunakan krim atau gel cukur saat hendak mencukur agar kulit ketiak tidak mudah iritasi. Jika kulit ketiak sering teriritasi setelah menggunakan deodoran, cobalah ganti deodoran dengan jenis deodoran yang tanpa pewangi atau hentikan penggunaan deodoran untuk sementara waktu.

Gunakan bahan alami

Kamu juga dapat menggunakan masker alami dari mentimun, lemon, kunyit, minyak kelapa, atau kulit jeruk untuk mengatasi ketiak hitam. Cara membuat masker untuk ketiak hitam cukup mudah. Pertama, bahan-bahan tersebut diiris, dilunakkan, atau dibuat menjadi jus, lalu tempelkan ke ketiak. Setelah itu, tunggu sampai beberapa menit lalu bilas hingga bersih.

Mengobati Gangguan Kesehatan yang Dialami

Cara mengatasi ketiak hitam yang disebabkan oleh penyakit acanthosis nigricans, bisa dengan mengobati penyakit penyebabnya, misalnya jika disebabkan oleh obesitas, maka pengobatannya adalah dengan menurunkan berat badan. Sementara itu, untuk ketiak hitam yang disebabkan oleh kelainan hormon, maka bisa digunakan obat-obatan untuk memperbaiki kadar hormon.

Dokter juga mungkin akan merekomendasikan penggunaan krim yang mengandung hidroquinon, tretinoin, kortikosteroid, azaleic acid, AHA, atau asam kojik untuk mengatasi ketiak hitam. Jika disebabkan oleh infeksi bakteri, maka penggunaan obat antibiotik dapat menjadi solusinya.

Untuk mencegah ketiak hitam, kamu harus selalu menjaga kebersihan ketiak dan bagian kulit sekitarnya. Kenakanlah pakaian yang nyaman dan dapat menyerap keringat, dan jangan lupa untuk mandi setiap kali tubuh berkeringat atau kotor.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini