Sukses

Cara Menulis Daftar Pustaka dari Jurnal, Format APA dan MLA

Menulis daftar pustaka dari jurnal ada tata caranya.

Liputan6.com, Jakarta Cara menulis daftar pustaka dari jurnal memiliki sejumlah model. Daftar pustaka merupakan bagian penting dalam penulisan ilmiah. Daftar pustaka berisi rujukan atau sumber penulis dalam membuat tulisan ilmiah.

Sumber dari tulisan ilmiah bisa berasal dari buku, jurnal, majalah, hingga internet. Salah satu sumber tulisan ilmiah yang paling sering digunakan adalah jurnal ilmiah. Jurnal bisa diterbitkan secara cetak maupun online.

Cara menulis daftar pustaka dari jurnal sangat penting bagi kamu yang sedang menulis tulisan ilmiah. Ada dua cara menulis daftar pustaka dari jurnal yang bisa digunakan. Cara menulis daftar pustaka dari jurnal ini adalah dengan model APA dan MLA.

Kedua cara menulis daftar pustaka dari jurnal sudah dijadikan standar penulisan daftar pustaka di seluruh dunia. Ada sejumlah perbedaan dalam cara menulis daftar pustaka dari jurnal dengan model APA dan MLA.

Berikut cara menulis daftar pustaka dari jurnal, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis(21/1/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

Isi daftar pustaka dari jurnal

Sebelum mengetahui cara menulis daftar pustaka dari jurnal, penting mengetahui apa saja yang harus ada dalam daftar pustaka. Beberapa hal tersebut di antaranya adalah nama penulis, tahun terbit, judul artikel, nama jurnal, volume atau edisi, halaman, DOI atau digital object identifier, dan URL website dari jurnal tersebut.

Cara menenulis daftar pustaka dari jurnal juga memiliki beberapa bentuk sesuai dengan format-format standarnya atau gaya penulisan daftar pustaka yang digunakan.

3 dari 8 halaman

Cara menulis daftar pustaka dari jurnal: APA style

APA Style diterbitkan oleh American Psychological Association. Gaya penulisan ini biasanya digunakan dalam bidang prikoogi, filsafat, ilmu safar, linguistik, antropologi, artificial intelligence atau kecerdasan buatan, akuntansi, ekonomi, geografi, hukum, pendidikan, politik, sejadah, dan sosiologi.

Format cara penulisan daftar pustaka APA Style secara umum adalah:

Nama akhir pengarang. (Tahun penerbitan). Judul jurnal, volume (edisi jika ada), nomor halaman DOI (jika ada).

Jika memungkinkan, sertakan nomor DOI (pengenal objek digital) di akhir daftar pustaka. Jika nomor DOI tidak tersedia dan kamu mengakses artikel secara online, berikan URL halaman beranda jurnal.

Ada beberapa ketentuan cara menulis daftar pustaka dari jurnal APA style. Ketentuan ini di antaranya adalah:

- Gunakan huruf besar untuk kata pertama dalam judul, subjudul, dan kata benda.

- Daftar pustaka harus diberi spasi ganda.

- Baris pertama dari setiap referensi harus rata kiri dan baris lainnya harus diberi jarak.

Contoh cara menulis daftar pustaka dari jurnal APA style satu penulis:

Ready, R. (2000). Mothers’ personality and its interaction with child temperament as predictors of parenting behavior. Journal of Personality and Social Psychology, 79, 274-285.

4 dari 8 halaman

Cara menulis daftar pustaka dari jurnal: APA style

Cara menulis daftar pustaka dari jurnal APA style dua penulis

Jika artikel memiliki dua penulis, ikuti format dasar sebagai referensi jurnal. Tempatkan koma setelah inisial pertama penulis pertama diikuti dengan simbol dan (&). Kemudian cantumkan nama belakang dan inisial nama penulis kedua.

Contoh cara menulis daftar pustaka dari jurnal APA style dua penulis:

Mischel, W., & Baker, N. (1975). Cognitive transformations of reward objects through instructions. Journal of Personality and Social Psychology, 31, 254-261.

Cara menulis daftar pustaka dari jurnal APA style 3 sampai 20 penulis

Untuk artikel jurnal dengan tiga hingga 20 penulis, ikuti format yang sama seperti yang kamu lakukan dengan dua penulis, tetapi pisahkan setiap penulis dan inisial dengan koma. Penulis akhir harus diawali dengan tanda ampersand (&). Ikuti format yang sama ini untuk setiap penulis tambahan hingga 20 penulis.

Contoh cara menulis daftar pustaka dari jurnal APA style 3 sampai 20 penulis:

Hart, D., Keller, M., Edelstein, W., & Hofmann, V. (1998). Childhood personality influences on social-cognitive development: A longitudinal study. Journal of Personality and Social Psychology, 74, 1288-1289. doi:10.1037/0022-3514.74.5.1278

atau

Keller, J. L., Smithfield, K. B., Ellis, M., Michelina, R., & Bels, S. (1987). The limitations of anchoring bias. Journal of Market Research, 17, 115-119.

5 dari 8 halaman

Cara menulis daftar pustaka dari jurnal: APA style

Cara menulis daftar pustaka dari jurnal APA style lebih dari 20 penulis

Cantumkan nama belakang dan inisial depan setiap penulis, dengan setiap individu dipisahkan oleh koma. Penulis terakhir harus diawali dengan ampersand (&).

Jika artikel terdiri dari 20 penulis atau kurang, daftarkan setiap penulis secara terpisah. Jika ada lebih dari 20, sertakan 19 pertama dan kemudian sertakan elipsis (...) Di tempat nama penulis sebelum membuat daftar penulis akhir.

Contoh cara menulis daftar pustaka dari jurnal APA style lebih dari 20 penulis:

Arlo, A., Black, B., Clark, C., Davidson, D., Emerson, E., Fischer, F., Grahmann, G., Habib, H., Ianelli, I., Juarez, J., Kobayashi, K., Lee, L., Martin, M., Naim, N., Odelsson, O., Pierce, P., Qiang, Q., Reed, R., Scofield, S., . . . Thatcher, T. (2011). Even more references. APA Format Today, 11(4), 30-38.

Cara menulis daftar pustaka dari jurnal APA style tanpa penulis

Jika sebuah artikel tidak mengutip penulis mana pun, mulailah dengan memberikan judul artikel, diikuti dengan tanggal publikasi, sumber, dan URL jika kamu mengakses artikel secara online.

Contoh cara menulis daftar pustaka dari jurnal APA style tanpa penulis:

Scientists seek source of creativity. (2012, March, 6). Dayton County News. http://www.daytoncountyews.com/news/39756_39275.html

 

6 dari 8 halaman

Cara menulis daftar pustaka dari jurnal: MLA style

MLA style atau Modern Languange Association dibuat sangat sederhana dan cukup mudah bila dibandingkan gaya penulisan daftar pustaka lainnya. Gaya MLA biasanya digunakan dalam kutipan dan daftar pustaka pada bidang seni, bahasa, sastra, bidang agama, pancasila, kewarganegaraan, ilmu sosial dasar, ilmu alamiah dasar, dan ilmu budaya dasar.

Format MLA Style:

Penulis. judul artikel. nama jurnal. volume dan nomor. bulan dan tahun. rentang halaman. dan DOI (jika ada).

Jika tidak ada DOI, kamu dapat menambahkan URL sebagai gantinya.

Contoh penulisan untuk satu penulis:

Andreff, Wladimir. “The Evolving European Model of Professional Sports Finance.” Journal of Sports Economics, vol. 1, no. 3, Sept. 2000, pp. 257–76, doi:10.1177/152700250000100304.

7 dari 8 halaman

Cara menulis daftar pustaka dari jurnal MLA style dua penulis

Dalam gaya MLA, maksimal dua penulis disertakan dalam kutipan. Buat daftar dalam urutan kemunculannya di sumber, pisahkan dengan koma, dan jangan membalik nama penulis kedua.

Contoh cara menulis daftar pustaka dari jurnal MLA style dua penulis:

Eve, Martin Paul, and Joe Street. “The Silicon Valley Novel.” Literature & History, vol. 27, no. 1, May 2018, pp. 81-97, doi:10.1177/0306197318755680.

 

8 dari 8 halaman

Cara menulis daftar pustaka dari jurnal MLA style tiga atau lebih penulis

Jika artikel memiliki tiga atau lebih penulis, sertakan hanya nama penulis pertama, diikuti dengan "et al."

Contoh cara menulis daftar pustaka dari jurnal MLA style tiga atau lebih penulis:

Steffen, Will, et al. “The Trajectory of the Anthropocene: The Great Acceleration.” The Anthropocene Review, vol. 2, no. 1, Jan. 2015, pp. 81–98, doi:10.1177/2053019614564785.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini