Sukses

5 Cara Menghilangkan Memar di Tubuh Secara Alami, Mudah dan Ampuh

Segera atasi luka memar di tubuh dengan menggunakan cara mudah ini.

Liputan6.com, Jakarta Memar atau lebam merupakan kondisi yang umum terjadi pada siapa saja. Penyebab memar yang paling sering terjadi diakibatkan oleh benturan dengan benda keras, Selain itu, memar juga bisa disebabkan oleh aktivitas fisik atau olahraga berat seperti terjatuh atau keseleo, sehingga menyebabkan pecahnya pembuluh darah kecil atau kapiler.

Inilah yang menyebabkan kulit berubah warna. Selain itu, rasa nyeri juga kerap dirasakan pada penderita memar. Pada memar ringan yang diakibatkan oleh benturan benda keras dapat hilang dalam waktu dua hingga tiga minggu. Untuk itu, memar tidak membutuhkan penangan medis, karena bisa disembuhkan sendiri. Ya, kamu bisa mengobati luka memar sendiri di rumah.

Warna memar bisa berubah karena reaksi tubuh menyembuhkan mamar. Proses penyembuhan memar secara alami oleh tubuh yaitu dengan cara memecahnya dan menyerap kembali darahnya. Namun, apabila kamu ingin mengurangi rasa nyeri dan mempercepat penyembuhan memar, ada cara alami yang bisa kamu lakukan untuk meredakannya.

Berikut Liputan6.com, Selasa (3/9/2019) telah merangkum dari berbagai sumber beberapa cara menghilangkan memar di tubuh secara alami.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Lakukan dengan Metode RICE

Kamu bisa mengobati memar dengan metode RICE, yang merupakan singkatan dari Rest (mengistirahatkan), Ice (memberikan kompres dengan es), Compression (memberikan balutan yang bersifat menekan), dan Elevate (meninggikan area tubuh yang bermasalah).

Umumnya metode ini dilakukan pada penderita yang baru saja mengalami operasi, keseleo, atau ketegangan otot berlebih, Namun metode ini juga bisa dilakukan untuk menghilangkan memar di tubuh secara alami. Cara melakukannya adalah dengan mengurangi sementara aliran darah di bagian tubuh yang memar. Hal ini berguna untuk mencegah pembengkakan dan memar berlebih.

Meninggikan, mengistirahatkan, memberikan balutan tekanan rendah, dan memberi kompres es selama 20 menit per jam bisa mengurangi aliran darah dan peradangan. Menggunakan metode RICE ini dengan segera setelah terjadi cedera dan selama proses penyembuhan memar bisa mengurangi rasa nyerinya juga.

3 dari 6 halaman

Mengonsumsi Makanan Sehat

Terdapat beberapa makanan yang bisa membantu menyembuhkan memar. Berikut makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi bagi kamu yang mengalami memar di tubuh.

Kamu bisa mengonsumsi nanas untuk menghilangkan memar. Hal ini dikarenakan nanas memiliki kandungan bromelin yang mampu menyembuhkan memar lebih cepat. Selanjutnya, makanan yang mengandung quercetin seperti apel, buah golongan sitrus, bawang merah, buah berry, dan ceri berwarna gelap, dan sayuran berdaun hijau.

Makanan yang mengandung vitamin K juga bisa kamu konsumsi untuk menghilangkan memar. Makanan yang mengandung vitamin K antara lain, bayam, brokoli, selada, kacang kedelai, stroberi, dan blueberry. Protein tanpa lemak seperti ikan, ungags, tofu, dan daging tanpa lemak juga menyediakan protein yang cukup untuk menguatkan pembuluh darah kecil yang rentan terhadap memar.

Makanan yang kaya akan zink untuk membantu tubuh menyembuhkan memar dan jaringan yang cedera. Kamu bisa mengonsumsi daging kepiting, lobster, bayam, biji labu, dan kacang polong.

4 dari 6 halaman

Oleskan Krim atau Gel Vitamin K

Ketika kamu mengalami memar pada tubuh, maka tubuh kamu membutuhkan vitamin K untuk mengumpulkan darah ketika diperlukan. Kamu bisa mengoleskan vitamin K. Obat oles ini akan memberikan terapi penanganan memar dan secara umum aman untuk sebagian besar orang.

5 dari 6 halaman

Menggunakan Cuka

Cara menghilangkan memar selanjutnya adalah dengan menggunakan cuka. Ambil beberapa tetes cuka dan asuk ke dalam air hangat. Masukkan kain bersih dan rendam selama beberapa saat. Gunakan untuk menggosok bagian yang memar secara perlahan. Cara ini berguna untuk meningkatkan aliran darah dan menghilangkan darah di sekitar memar.

6 dari 6 halaman

Menggunakan Seledri

Seledri juga dipercaya bisa membantu mengurangi peradangan atau inflamasi, mengurangi rasa nyeri, dan menyembuhkan memar lebih cepat. Cara menghilangkan memar di tubuh menggunakan seledri adalah dengan menghancurkan satu genggam seledri segar. Kemudia letakkan di atas luka memar dan balut dengan perban.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.