Sukses

7 Makanan Pendamping ASI Alami yang Sehat untuk Bayi, Ibu Wajib Tahu

Makanan pendamping ASI biasanya berbentuk bubur dan dari bahan alami.

Liputan6.com, Jakarta Makanan pendamping ASI atau biasa disebut MPASI sangat penting diberikan bila sudah waktunya. Apalagi pada usia 6 bulan biasanya sistem pencernaan bayi hampir tumbuh sempurna, sehingga membuat bayi beradaptasi dengan makanan pendamping ASI akan sangat berguna.

Apalagi memang pada usia 6 bulan ini, bayi memerlukan nutrisi tambahan untuk mencukupi kebutuhannya. Jadi tidak hanya ASI saja yang menjadi sumber nutrisi untuk si bayi saat sudah menginjak usia ini.

Makanan pendamping ASI biasanya berbentuk bubur dan dari bahan alami. Makanan bayi berbentuk bubur karena bayi belum mempunyai gigi dan sistem pencernaanya belum begitu sempurna, sehingga dibutuhkan makanan yang mudah dicerna.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (17/6/2019) tentang makanan pendamping ASI. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Labu Kuning dan Kentang

Labu Kuning

Makanan pendamping ASI yang pertama adalah labu kuning. Labu kuning merupakan sebuah sayuran yang tinggi serat yang memiliki banyak sekali kandungan yang dibutuhkan oleh tubuh bayi. Teksturnya yang lunak dan lembut, serta rasanya yang manis sangat cocok menjadi makanan pendamping ASI bagi bayi yang baru mengawali tahapan untuk makan.

Dengan kandungan vitamin A, vitamin K, vitamin C, beta karoten, vitamin B3 serta Niacin membuat labu kuning ini menjadi salah satu makanan pendamping ASI yang sangat baik dikonsumsi bayi. Selain itu, labu kuning juga mengandung banyak mineral seperti kalsium, kalium, zat besi fosfor, hingga magnesium.

Kentang

Makanan pendamping ASI satu ini bisa kamu berikan pada bayi untuk memperkenalkan rasa gurih. Kamu cukup merebus kentang tersebut sampai lunak dan menambahkan susu, kemudian kamu sudah bisa memberikannya kepada si bayi untuk dikonsumsi.

3 dari 5 halaman

Pisang dan Pepaya

Pisang

Makanan pendamping ASI selanjutnya adalah bubur pisang. Tentu saja bubur pisang sudah merupakan hal yang biasa diberikan kepada bayi. Selain karena rasa pisang yang memang disukai banyak orang, pisang juga memiliki banyak kandungan yang baik bagi tubuh, cocok untuk menjadi makanan pendamping ASI.

Dengan mengandung serat, vitamin A, asam folat, kalium, dan fosfor, membuat pisang menjadi makanan pendamping ASI yang aman bagi perut si bayi. Bahkan bila kamu merasa merepotkan untuk membuat pisang menjadi bubur terlebih dahulu, kamu bisa langsung memberikan pisang tersebut kepada si bayi hanya dengan melumatnya sedikit.

Syaratnya, kamu harus memilih pisang yang benar-benar sudah matang sempurna, sehingga si bayi tidak kewalahan dalam mencernanya. Ditambahkan dengan sedikit ASI juga bisa memudahkan si bayi mengonsumsi pisang ini.

Pepaya

Buah pepaya juga memiliki tekstur yang hampir mirip dengan buah pisang yang lunak. Dengan berbagai kandungan yang ada di dalam buah pepaya ini, kamu bisa menjadikannya sebagai makanan pendamping ASI yang menyehatkan.

Dengan kandungan enzim papain, pepaya dapat melancarkan proses pencernaan si bayi. Selain itu pepaya juga dapat membantu proses perkembangan otak dengan kandungan zat besi dan asam folat yang dimilikinya. Serta pepaya juga memiliki kandungan kalsium dan zink yang berguna untuk menjaga kesehatan tulang si bayi.

 

4 dari 5 halaman

Alpukat dan Ubi Jalar

Alpukat

Tak jauh berbeda dengan buah pisang, tekstur alpukat yang lunak juga cocok menjadi makanan pendamping ASI. Buah berwarna hijau yang sering dibuat menjadi jus ini mengandung banyak sekali vitamin A, Vitamin C, magnesium, hingga lemak baik yang dibutuhkan untuk kesehatan bayi.

Kandungan-kandungan tersebut dapat meningkatkan daya tahan tubuh serta kemampuan motorik bayi. Tentunya buah alpukat ini nantinya harus dibuat menjadi bubur terlebih dahulu untuk kemudahan si bayi dalam mencernanya.

Ubi Jalar

Menjadikan ubi jalar menjadi bubur susu dengan mengukusnya, lalu melumatkannya bersama ASI bisa menjadi makanan pendamping ASI yang sangat menyehatkan. Ubi jalar sangat baik untuk membantu proses pertumbuhan.

Dengan kandungan Vitamin A, vitamin E, dan vitamin C, serta zat besi dan kalsium membuat ubi jalar sangat baik untuk kesehatan si bayi. Bahkan ubi jalar berkhasiat untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh si bayi dan mencegah sembelit.

 

5 dari 5 halaman

Wortel

Sayur-sayuran tentunya sangat baik bagi kesehatan manusia. Begitu pula untuk kesehatan bayi. Salah satu sayur sayuran yang sangat dianjurkan untuk makanan pendamping asi adalah wortel.

Tentunya dengan dijadikan bubur terlebih dahulu, wortel akan sangat baik untuk kesehatan bayi dengan kandungan seperti vitamin A dan juga mineral yang tinggi. Sebelum dijadikan bubur, jangan lupa untuk merebus wortel terlebih dahulu.

Itulah beberapa makanan pendamping ASI yang alami dan sehat untuk bayi. Dalam memberikan bayi makanan pendamping ASI perlu diperhatikan nutrisi yang terdapat dalam makanan tersebut.

Selain itu, kebersihan makanan juga harus sangat diperhatikan agar si bayi tidak mudah terserang penyakit dan virus bakteri. Dengan memberikan makanan pendamping ASI seperti buah, sayur atau umbi yang telah disebutkan di atas, kamu bisa menjaga kesehatan bayi dan mengajarkannya untuk sedikit demi sedikit mengonsumsi makanan selain ASI.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini