Sukses

10 Cara Membersihkan Cermin yang Buram, Mudah dan Efektif

Membersihkan cermin yang buram tidak sulit, ikuti tips berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta Cermin merupakan benda yang sangat mencolok. Mengingat kegunaannya sangat penting, kebersihan cermin haruslah terjaga. Hadirnya sedikit saja noda bisa dengan mudah terlihat dan akan mengganggu ketika bercermin.

Tapi jangan cemas, cara membersihkan cermin yang buram mudah dilakukan. Perlukah bahan khusus? Tidak diperlukan bahan-bahan khusus dan sulit didapatkan untuk mendapatkan hasil yang optimal. Maka dari itu, mencoba cara membersihkan cermin yang buram tidak akan menguras kantong.

Jadi bagaimana cara membersihkan cermin yang buram? Berikut ini Liputan6.com telah merangkum dari berbagai sumber, bagaimana cara membersihkan cermin yang buram dengan bahan yang mudah untuk didaptkan, Jumat (4/12/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Cara Membersihkan Cermin yang Buram

1. Alkohol

Selain efektif membunuh kuman penyebab penyakit, alkohol juga berperan penting untuk membersihkan cermin dari noda yang membuat buram. Cara membersihkan cermin yang buram dengan alkohol cukup mudah. Tuangkan sedikit alkohol ke lap kering. Lalu gosok-gosokkan lap secara menyeluruh. Jika sudah merata, keringkan kembali dengan lap kering agar cermin dapat bersih maksimal.

 

2. Filter Kopi

Ternyata, menggunakan saringan alias filter kopi, sangat efektif untuk membersihkan cermin yang mulai buram. Cara penggunaannya cukup mudah, yaitu dengan cara menggosokkan searah secara perlahan sebab kertas penyaring kopi memiliki daya serap yang bagus tapi tidak mudah rusak seperti halnya tisu. Itulah mengapa, tidak perlu khawatir apabila kertas saringan kopi tersebut akan menempel di cermin.

3 dari 6 halaman

Cara Membersihkan Cermin yang Buram

3. Pasta gigi

Meski hanya dikenal untuk membersihkan dan mencegah gigi berlubang, ternyata pasta gigi juga dapat digunakan untuk membersihkan cermin. Penggunaannya sangat mudah, cukup dengan oleskan pasta gigi ke kain lap kering. Pastikan olesannya merata di bagian permukaan cermin yang buram. Lalu diamkan sejenak supaya pasta gigi kering. Apabila sudah kering, jangan lupa untuk membilasnya menggunakan kain lap setengah basah dan lanjutkan proses pengeringan menggunakan lap bersih.

 

4. Cairan pembersih kaca

Cara membersihkan cermin yang buram paling mudah, tentu dengan cairan pembersih kaca. Sebab, cermin masih memiliki unsur yang sama seperti kaca. Maka tidak heran jika menggunakan cairan pembersih kaca bisa membantu mengembalikan kilau dari cermin. Selain itu, cairan ini juga sangat mudah ditemukan di toko terdekat dengan harga terjangkau.

Cara aplikasinya yaitu basahi cermin dengan lap. Kemudian, semprotkan cairan permbersih kaca. ke cermin dan lap hingga kering. Jika belum berhasil, ulangi langkah tersebut beberapa kali.

 

4 dari 6 halaman

Cara Membersihkan Cermin yang Buram

5. Cuka

Selain lemon, menggunakan cuka juga efektif untuk membersihkan cermin. Caranya cukup mencampurkan cuka putih dan air hangat. Selanjutnya, aplikasikan pada area cermin yang kotor. Pastikan cuka dioles hingga merata. Tunggu sebentar, lalu lap dengan kain yang bersih dan kering.

 

6. Kertas koran

Penggunaan kertas koran sebenarnya sama dengan filter kopi. Pertama-tama basahi cermin dengan air. Lalu langsung gosok dan keringkan air menggunakan kertas koran. Keras koran biasanya memiliki daya serap air yang baik dan akan membuat debu ikut terangkat bersama kertas.

5 dari 6 halaman

Cara Membersihkan Cermin yang Buram

7. Air lemon

Selain ampuh membersihkan lemak membandel di alat masak, lemon juga dianggap ampuh untuk menghilangkan noda yang menyebabkan cermin menjadi buram. ternyata juga berlaku untuk kaca cermin. Cara membersihkan cermin yang buram dengan lemon yaitu, tuang air lemon ke dalam wadah (gelas, mangkok, dsb). Kemudian oleskan secara merata perasan lemon dengan menggunakan kapas pada permukaan cermin yang kotor. Selanjutnya, lap air lemon menggunakan lap kering dan bersih.

 

8. Kaporit

Kaporit biasanya digunakan untuk membunuh kuman serta bakteri yang ada di kolam renang maupun sumur. Namun ternyata bubuk kaporit bisa digunakan untuk membersihkan cermin dengan efektif. Cara membersihkan cermin yang buram dengan kaporit cukup campurkan sedikit air dan aduk rata hingga mengental.

Selanjutnya, oles larutan kaporit ke permukaan cermin yang terkena noda. Tunggu dan biarkan hingga mengering terlebih dahulu. Apabila sudah mulai mengering, jangan lupa membilasnya dengan air bersih. Kemudian, keringkan dengan kain lap bersih dan kering. Ketika proses pengelapan pastikan hingga benar-benar kering supaya tidak ada noda bekas air yang kering dan akhirnya menjadi penyebab timbul bercak noda di cermin.

6 dari 6 halaman

Cara Membersihkan Cermin yang Buram

9. Asam sitrat

Apabila noda cermin masih cukup membandel, penggunaan asam sitrat akan efektif. Sebab selain bahan ini ampuh membersihkan cermin, asam sitrat juga berguna untuk membunuh kuman. Langkahnya yaitu dengan mengoleskan larutan asam sitrat hingga rata ke cermin. Lalu diamkan sampai mengering. Ulangi proses pengelapan dengan lap setengah basah yang sudah dicelupkan air hangat. Kemudian keringkan hingga tidak ada bercak air yang tertinggal.

 

10. Pemutih pakaian

Sama halnya dengan pasta gigi. Pemutih juga dikenal hanya untuk membersihkan noda pada baju putih. Padahal, pemutih pakaian mampu bersihkan noda membandel pada cermin.

Proses pembersihannya hampir sama dengan proses pembersihan dengan alcohol, yaitu menuangkan cairan pemutih secukupnya ke lap kering bersih. Kemudian, lakukan penggosokan ke area cermin hingga merata. Apabila sudah bersih, lap kembali dengan lap lain yang kering dan bersih supaya cermin dapat terlihat lebih maksimal hasilnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.