Sukses

17 Penyebab Sakit Kepala Sebelah Kiri, Tumor Otak Salah Satunya

Jangan menyepelekan dan mulai kenali penyebab sakit kepala sebelah kiri.

Liputan6.com, Jakarta Kepala yang berdenyut karena sakit kepala memang bukan hal yang menyenangkan. Biasanya denyutan ini akan terjadi di sebelah kanan atau sebelah kiri. Seringkali hal ini akan sangat mengganggu aktivitas keseharian. Kali ini kenali penyebab sakit kepala sebelah kiri yang harus lebih diwaspadai.

Sakit kepala sebelah kiri umumnya akan terasa tegang, tajam, dan sangat berdenyut. Bisa datang tiba-tiba dan perlahan yang menjalar ke leher, belakang mata, dan gigi. Sakit kepala sebelah kiri rata-rata terjadi selama beberapa jam saja. Meski begitu, mengetahui penyebab sakit kepala sebelah kiri akan memudahkan cara mengatasinya.

Ada beberapa cara juga untuk menangani sakit kepala sebelah kiri ini. Penanganan ini sangat berkaitan dengan penyebab sakit kepala sebelah kiri. Bisa dengan mengompres air hangat/dingin, beristirahat, mengonsumsi ibuprofen, paracetamol, dan aspirin.

Berikut Liputan6.com ulas penyebab sakit kepala sebelah kiri dari berbagai sumber, Kamis (11/6/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Penyebab Sakit Kepala Sebelah Kiri

Neuralgia oksipital

Neuralagia oksipital salah satu penyebab sakit kepala sebelah kiri. Kondisi ketika ada gangguan pada saraf oksipital. Tepatnya saraf oksipital yang berada di atas sumsum tulang belakang. Gangguan ini akan menjalar ke leher hingga pangkal tengkorak.

Gangguan akan diperparah ketika saraf mengalami iritasi. Kondisi ini akan menyebabkan sakit yang sangat intens, parah, dan menusuk di bagian belakang kepala/pangkal tengkorak. Sakit kepala ini akan berlangsung selama beberapa detik atau menit saja.

Giant cell arteritis

Giant cell arteritis juga menjadi penyebab sakit kepala sebelah kiri. Terjadi peradangan pada pembuluh darah. Tepatnya pada arteri temporal yang ada di sepanjang sisi kepala. Kondisinya tidak hanya menyebabkan sakit kepala.  Nyeri rahang, bahu, pinggul, dan perubahan penglihatan juga akan dirasakan penderita.

Gegar otak

Gegar otak juga termasuk penyebab sakit kepala sebelah kiri. Kondisi ini biasanya disebabkan oleh pukulan. Pukulan keraslah yang akan menyebabkan cedera otak traumatis. Rasa sakit akan terasa pada daerah yang terkena pukulan. Jika gegar otak terjadi, tidak hanya sakit di kepala tetapi juga bingung, mual, dan muntah.

 

3 dari 7 halaman

Penyebab Sakit Kepala Sebelah Kiri

Glaukoma

Glaukoma termasuk penyebab sakit kepala sebelah kiri. Glaukoma atau meningkatnya tekanan dalam bola mata. Hal ini sangat berbahaya karena dapat menyebabkan kebutaan. Jika merasakan sakit mata, penglihatan kabur, dan sakit kepala parah, sebaiknya segera berobat sebelum terlambat.

Tekanan darah tinggi

Tekanan darah tinggi dapat memicu sakit kepala sebelah kiri. Penyebab sakit kepala sebelah kiri tidak menimbulkan gejala. Tapi pada beberapa orang sakit kepala bisa jadi pertanda hipertensi. Hal ini dapat diketahui melalui pemeriksaan tekanan darah.

Stres

Stres juga termasuk penyebab sakit kepala sebelah kiri. Sebab, ketika mengalami stres, tubuh akan melepas bahan kimia yang bersifat ‘figh or fligh’. Bahan kimia akan membuat otot menjadi tegang. Mengubah aliran darah hingga menyebabkan sakit kepala sebelah kiri.

4 dari 7 halaman

Penyebab Sakit Kepala Sebelah Kiri

Masalah gigi dan gusi

Masalah gigi dan gusi bisa menjadi salah satu penyebab sakit kepala sebelah kiri. Kondisi ketika gigi atau gusi mengalami peradangan. Rasa sakit ini akan berakibat pada sakitnya kepala sebelah kiri. Namun, hal ini berlaku juga pada sisi gigi dan gusi yang mengalaminya.

Obat berlebihan

Mengonsumsi obat sakit kepala berlebihan menjadi penyebab sakit kepala sebelah kiri. Sakit kepala ini disebut medication overuse headaches, atau sakit kepala rebound. Sakit kepala terjadi hampir setiap hari dan rasa sakitnya dimulai saat bangun di pagi hari.

Obat-obatan yang bisa menyebabkan sakit kepala berlebih meliputi: aspirin, acetaminophen (parasetamol), ibuprofen, naproxen, triptan, ergotamin, oxycodone, tramadol, dan hydrocodone.

Stroke

Stroke juga menjadi penyebab sakit kepala sebelah kiri. Kondisi ketika bekuan darah menghalangi pembuluh darah ke otak. Terjadi pemutusan aliran darah dan menyebabkan stroke. Perdarahan di dalam otak juga bisa menyebabkan stroke. Sakit kepala yang mendadak dan parah adalah satu tanda peringatan adanya stroke.

5 dari 7 halaman

Penyebab Sakit Kepala Sebelah Kiri

Sangat lapar

Ketika dengan sangat lapar seseorang bisa mengalami sakit kepala sebelah kiri. Penyebab sakit kepala sebelah kiri ini disebabkan oleh respon otak terhadap sakit kepala. Sebab, otak akan membutuhkan gula (glukosa) dari makanan sebagai bahan bakar agar berfungsi optimal. Jika tidak makan, kadar gula darah menjadi turun (hipoglikemia). Hal ini mengaakibatkan otak memberikan respon berupa sakit kepala.

Salah makan

Salah mengonsumsi makanan bisa menjadi penyebab sakit kepala sebelah kiri. Terutama makanan yang mengandung bahan pengawet. Seperti keju tua, anggur merah (minuman), kacang-kacangan, dan daging olahan. Jadi, mulai sekarang mulai batasi atau hindari konsumsi makanan penyebab sakit kepala sebelah kiri ini.

Kurang tidur

Kurang tidur biasanya disebabkan karena insomnia. Kurang tidur ini juga termasuk penyebab sakit kepala sebelah kiri. Ketika sakit kepala terjadi, rasa sakit akan membuat tidur tidak nyenyak di malam hari. Tidak hanya insomnia, tetapi juga obstructive sleep apnea.

6 dari 7 halaman

Penyebab Sakit Kepala Sebelah Kiri

Alkohol

Alkohol termasuk penyebab sakit kepala sebelah kiri. Berupa bir, dan anggur. Berlaku juga bagi minuman beralkohol yang mengandung etanol dan bahan kimia. Sebab, minuman ini akan memicu sakit kepala karena memperlebar pembuluh darah. Kondisi ini akan menyebabkan tekanan dan sensitifitas pada saraf-saraf di kepala.

Salah tidur

Salah posisi tidur bisa menjadi penyebab sakit kepala sebelah kiri. Posisi tidur yang salah ini dipicu dengan bantal yang terlalu tinggi. Bisa juga karena salah memiringkan badan. Sakit kepala yang dialami akan membuat leher terasa nyeri atau kaku. Sakit untuk menengok ke kanan kiri serta menunduk.

Infeksi dan alergi

Infeksi dan alergi bisa menjadi penyebab sakit kepala sebelah kiri. Terutama akibat infeksi pernapasan seperti flu atau pilek. Kondisi yang lebih parah seperti sinusitis akan menyebabkan demam. Saluran sinus yang tersumbat juga dapat menyebabkan sakit kepala.

Hal ini berlaku juga bagi alergi akibat sinusitis. Kondisi ini akan disertai dengan rasa sakit dan tekanan di balik dahi dan tulang pipi. Pada infeksi serius seperti ensefalitis dan meningitis, dapat menyebabkan sakit kepala lebih hebat. Kemudain disertai kejang, demam tinggi, dan leher kaku.

7 dari 7 halaman

Penyebab Sakit Kepala Sebelah Kiri

Tutup kepala kencang

Menggunakan tutup kepala yang kencang bisa menjadi penyebab sakit kepala sebelah kiri. Tutup kepala ini bisa berupa helm, topi, atau pelindung kepala lainnya yang terlalu ketat. Tutup kepala yang ketat akan membuat tekanan pada satu atau kedua sisi kepala. Lama kelamaan dapat menimbulkan rasa sakit.

Tumor otak

Tumor otak termasuk penyebab sakit kepala sebelah kiri. Kondisi ketika seseorang sering mengalami sakit kepala intens disertai gejala lain. Gejala ini berupa kehilangan penglihatan, masalah bicara, kebingungan, kesulitan berjalan, dan kejang. Hal ini hanya dapat diketahui melalui pemeriksaan, baik fisik dan juga penunjang, seperti CT Scan dan MRI.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.