Sukses

7 Manfaat Minyak Kemiri untuk Rambut, Jaga Kesehatannya Secara Alami

Gunakan minyak kemiri secara tertarur untuk menjaga kesehatan rambut secara alami.

Liputan6.com, Jakarta Manfaat minyak kemiri untuk rambut sangat beragam, terlebih untuk menjaga kesehatan rambut secara alami. Minyak kemiri bisa kamu peroleh dengan mudah di pasaran bahkan membuatnya sendiri di rumah.

Minyak kemiri banyak digunakan untuk perawatan rambut secara tradisonal. Manfaat minyak kemiri untuk rambut ini didapat dari adanya kandungan nutrisi di dalam minyak kemiri seperti gliserida, asam linoleat, protein, vitamin B1, vitamin E, dan mineral yang baik untuk kesehatan dan pertumbuhan rambut.

Maka enggak heran banyak produk perawatan rambut yang memanfaatkan minyak kemiri sebagai salah satu bahan utamanya. Selain mendapatkannya di berbagai produk perawatan rambut, kamu juga bisa membuatnya sendiri di rumah dengan cara membuatnya yang sangat mudah.

Berikut tujuh manfaat minyak kemiri untuk rambut beserta cara membuatnya sendiri di rumah yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (18/12/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Jaga Kesehatan dan Mengatasi Rambut Rontok

Jaga Kesehatan Rambut

Manfaat minyak kemiri untuk rambut pertama untuk menutrisi rambut. Caranya, ambil minyak kemiri secukupnya secara merata pada rambut dan kulit kepala.

Lakukan pijatan dengan rambut dan biarkan semalaman. Keeseokan harinya bilas dengan sampo. Lakukan secara teratur untuk mendapatkan rambut yang subur dan tebal.

Mengatasi Rambut Rontok

Apabila kamu memiliki masalah rambut rontok, kamu bisa menggunakan minyak kemiri untuk mengtasinya. Manfaat minyak kemiri untuk rambut ini didapatkan dari adanya kandungan protein dan mineral yang terkandung di dalam kemiri. Minyak kemiri mampu menguatkan rambut dari akar hingga ujung rambut.

3 dari 7 halaman

Menumbuhkan dan Jadikan Rambut Hitam Lebat

Menumbuhkan Rambut

Apabila kamu memiliki masalah dengan kebotakan, kamu bisa menggunakan minyak kemiri untuk membantu mengatasinya. Manfaat minyak kemiri untuk rambut mampu membantu mengatasi kebotakan karena dapat merangsang pertumbuhan rambut.

Penggunaan minyak kemiri secara teratur dapat mencegah rambut rontok dan menumbuhkan kembali rambut bahkan lebih kuat dan lebih sehat dari sebelumnya.

Jadikan Rambut Lebih Hitam

Mempunyai rambut hitam berkilau dan sehat merupakan dambaan setiap orang. Namun, enggak semua orang beruntung mendapatkannya sejak lahir.

Apabila kamu berkeinginan untuk mendapatkan rambut lebih tebal, kamu bisa menggunakan minyak kemiri. Minyak kemiri dapat membuat rambut kembali bersinar tanpa perlu mewarnainya.

Untuk mendapatkan hasil maksimal, kamu bisa menggunakan minyak kemiri secara rutin dan sabar.

4 dari 7 halaman

Perkuat Akar dan Mengurangi Radang Akibat Ketombe

Memperkuat Akar Rambut

Salah satu penyebab rambut mudah rontok diakibatkan akar rambut yang rapuh. Untuk memperkuat akar rambut, dapat memanfaatkan minyak kemiri sebagai perawatan rambut.

Mengurangi Peradangan Akibat Ketombe

Manfaat minyak kemiri untuk rambut selanjutnya mampu mengurangi peradangan akibat ketombe. Manfaat ini didapatkan dari adanya asam linoleat yang merupakan jenis asam lemak tak jenuh omega-6 yang memiliki fungsi sebagai antiinflamasi.

Selain bersifat sebagai antiinflamasi, kandungan tersebut juga dikenal efektif dalam mengurangi peradangan kulit kepala akibat ketombe. Untuk mengatasinya, kamu dapat mengoleskan minyak kemiri pada kulit kepala yang meradang atau seluruh bagian kulit kepala. Setelahnya, pijat selama 10 menit, lalu bilas hingga bersih.

5 dari 7 halaman

Mencegah Munculnya Uban di Usia Muda

Masalah rambut yang membuat banyak orang sebal selain rontok, kering, dan bercabang adalah munculnya uban. Terlebih jika uban tersebut muncul pada usia muda.

Sebenarnya munculnya uban di usia muda termasuk sebagai salah satu tanda penuaan dini. Namun, sebaiknya tak perlu khawatir karena permasalahan tersebut dapat diatasi dengan minyak kemiri.

Manfaat minyak kemiri untuk rambut ini didapatkan dari adanya kandungan vitamin E sebagai antioksidan yang berfungsi untuk mencegah tanda-tanda penuaan dini, salah satunya rambut beruban.

Untuk mendapatkan manfaat minyak kemiri untuk rambut ini, kamu bisa melakukan perawatan rutin dengan mengaplikasikannya ke seluruh batang hingga ujung rambut secara rutin. Dengan begitu uban akan secara perlahan menghilang.

6 dari 7 halaman

Cara Membuat Minyak Kemiri Alami dengan Mudah

Cara Membuat Minyak Kemiri dengan Dibakar

Cara membuat kemiri dengan cara dibakar tidaklah sulit. Namun, karena dibakar maka ketika pemakaian saat perawatan hindari mengenai pakaian karena akan berbagau kemiri yang dibakar.

1. Siapkan biji kemiri yang telah terkupas sempurna dari cangkangnya.

2. Bakar biji kemiri hingga benar-benar gosong seperti membuat arang.

3. Setelah biji kemiri gosong, lanjutkan dengan memblender biji kemiri hingga keluar minyaknya.

4. Masukkan minyak kemiri dalam wadah tertutup.

Cara Membuat Minyak Kemiri dengan Diperas

1. Siapkan biji kemiri yang telah terkupas sempurna dari cangkangnya.

2. Kamu bisa memilih dengan cara memarut biji kemiri atau dengan memblendernya.

3. Setelah diparut atau diblender, peras biji kemiri sembari menambahkan air sedikit demi sedikit.

4. Taruh air perasan biji kemiri dalam wadah tertutup selama 24 jam penuh.

5. Kemudian masak air perasan biji kemiri hingga keluar minyaknya.

6. Kekurangan dari metode ini adalah minyak kemiri yang dihasilkan hanya sedikit serta membutuhkan waktu yang lama.

7. Namun minyak yang dihasilkan akan bening sehingga tidak akan mengotori apapun.

Cara Membuat Minyak kemiri dengan Disangrai

1. Siapkan biji kemiri yang telah terkupas sempurna dari cangkangnya.

2. Sangrai biji kemiri dalam wajan tanpa minyak hingga matang.

3. Biji kemiri yang telah disangrai kemudian ditumbuk hingga halus atau diblender.

4. Kemudian setelah biji kemiri dihaluskan, peras dengan menggunakan air.

7 dari 7 halaman

Cara Menggunakan Minyak Kemiri untuk Rambut

Untuk mendapatkan manfaat minyak kemiri untuk rambut, kamu perlu mengetahui cara menggunakannya dengan tepat. Cukup sangrai beberapa biji kemiri kemudian haluskan dengan cara diparut ataupun diblender. Setelah itu peras parutan kemiri sampai menghasilkan minyak.

Kemudian balurkan secara rutin minyak kemiri ke kulit kepala sebelum keramas dan diamkan selama 30 menit. Setelah itu bilas hingga bersih menggunakan sampo. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan minyak kemiri sebagai overnight treatment.

Gunakan minyak kemiri pada kepala, kemudian tutup dengan handuk dan biarkan semalaman. Esoknya bilas hingga bersih.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.