Sukses

6 Fungsi Serum untuk Wajah, Kenali Macam-Macam dan Cara Menggunakannya

Fungsi serum untuk wajah yang paling utama adalah dapat menjaga kesehatan kulit wajah dari dalam.

Liputan6.com, Jakarta Fungsi serum untuk wajah yang paling utama adalah dapat menjaga kesehatan kulit wajah dari dalam. Serum wajah merupakan produk perawatan kulit yang kaya akan nutrisi atau bahan aktif tertentu. 

Serum memiliki sifat yang ringan di wajah dan mudah menyerap, sehingga serum wajah menjadi salah satu produk perawatan kulit yang banyak digemari, terutama pada wanita. Fungsi serum untuk wajah tak perlu diragukan lagi, karena skincare ini mampu menembus ke dalam kulit dengan sempurna, inilah yang membedakan serum dengan produk lainnya. 

Walau memiliki sederet keunggulan dibandingkan dengan produk perawatan lain, risiko iritasi akibat penggunaan serum wajah tetap ada, terlebih jika kulit Anda tidak cocok dengan bahan aktif di dalam serum tersebut. Untuk itu, anda juga perlu memilih jenis serum yang cocok dengan kondisi kulit anda.

Supaya tidak salah pilih, berikut ini ulasan mengenai fungsi serum beserta macam-macam dan cara menggunakannya yang telah dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat (28/1/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Mengenal Serum

Serum wajah adalah sebotol kecil larutan gel berwarna jernih, bertekstur ringan, dan bebas minyak. Sebotol serum mengandung sejumlah bahan aktif, dari mulai berbagai vitamin dan asam, retinol untuk kulit, hingga antioksidan.

Tekstur yang ringan menjadikan serum sangat efisien diserap kulit. Tingkat resapannya jelas lebih baik daripada produk perawatan kulit dengan konsistensi pekat seperti krim pelembap. Kualitas serum juga menjadikannya produk yang ideal untuk mengatasi masalah kulit tertentu seperti jerawat, kulit kering, hingga penuaan dini.

Ada banyak jenis serum di pasaran untuk berbagai masalah kulit. Serum awalnya berbahan dasar air, tetapi saat ini juga ada yang berbasis minyak. Hal ini berarti serum tidak hanya untuk pemilik kulit kering, namun juga berminyak.

3 dari 5 halaman

Fungsi Serum untuk Wajah

Berikut ini terdapat beberapa fungsi serum untuk wajah, antara lain:

1. Meremajakan Kulit

Fungsi serum untuk wajah yang pertama adalah mendorong peremajaan kulit. Saat kulit mampu mempertahankan kelembapannya, fungsi serum untuk wajah akan membuat kulit terlihat plumpy dan awet muda alami. Untuk mempertahankan fungsi serum untuk wajah dalam jangka panjang, vitamin C, retinol, dan hyaluronic acid dapat membantu.

2. Mencerahkan Kulit

Fungsi serum untuk wajah yang lainnya yaitu dapat mencerahkan kulit. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, anda dapat memilih serum wajah dengan kandungan AHA, vitamin C, niacinamide, dan glycolic acid yang mampu membuat kulit wajah tidak lagi terlihat kusam dan lebih cerah.

3. Menyamarkan Keriput

Fungsi serum yang berikutnya adalah dapat menyamarkan keriput. Seiring bertambahnya usia, kulit secara normal akan mulai terlihat rusak atau menurun kinerjanya. Tak hanya bagi wanita berkepala tiga, tetapi fungsi serum untuk wajah ini baik bagi anak muda juga. Bahan-bahan seperti vitamin C, retinol, dan hyaluronic acid dapat membantu meminimalkan tanda-tanda penuaan dan membuat manfaat serum untuk wajah dapat diandalan.

4. Merawat Kulit Berjerawat

Fungsi serum untuk wajah yang selanjutnya adalah merawat kulit berjerawat. Dengan tekstur yang ringan, serum efektif merawat kulit yang rentan berjerawat dan berminyak. Fungsi serum untuk wajah yang mengandung retinol, benzoil peroksida, dan asam salisilat dapat membantu membersihkan pori-pori tersumbat yang berpotensi menimbulkan jerawat.

5. Menghilangkan Noda Hitam

Fungsi serum untuk wajah yang berikutnya adalah dapat menghilangkan noda hitam. Untuk mengatasi bintik hitam atau noda hitam pada kulit, Anda bisa memilih serum dengan kandungan asam ferulat, kojic acid, asam azaleat, arbutin, dan vitamin C. Biasanya, serum untuk noda hitam di wajah juga mengandung bahan aktif lain, seperti vitamin E sebagai antioksidan untuk mengurangi noda akibat kerusakan kulit dan asam glikolat untuk mengangkat sel-sel kulit mati.

6. Menghaluskan Kulit Wajah

Fungsi serum untuk wajah bisa membantu menghaluskan dan meratakan tekstur yang terdapat pada kulit. Bahan-bahan seperti hyaluronic acid, vitamin C, dan peptidalah yang membuat fungsi serum untuk wajah dapat membantu menghaluskan dan meratakan tekstur pada kulit wajah. Fungsi serum untuk wajah ini cocok bagi yang memiliki kulit sensitif dan mudah berjerawat.

4 dari 5 halaman

Macam-Macam Serum untuk Wajah

Berdasarkan fungsinya, serum wajah dibagi menjadi beberapa macam. Berikut ini macam-macam serum untuk wajah, antara lain:

1. Serum sebagai produk anti-aging,

2. Serum pencerah wajah,

3. Serum pelembap wajah,

4. Serum penangkal radikal bebas,

5. Serum untuk kulit sensitif dan rentan berjerawat, dan

6. Serum untuk memperbaiki tekstur wajah.

5 dari 5 halaman

Cara Menggunakan Serum yang Tepat

Penggunaan serum secara tepat tak mustahil akan memberikan hasil yang mengesankan pada kulit. Berikut cara menggunakan serum yang benar untuk memperoleh kulit sehat dan terawat.

1.Cuci wajah menggunakan sabun dan air mengalir hingga bersih.

2. Keringkan wajah anda.

3. Langkah selanjutnya yakni menggunakan serum.

4. Pastikan telapak tangan dalam keadaan bersih dan steril sehingga tak mengundang bakteri penyebab kerusakan kulit dan lain sebagainya.

5. Ambil sedikit serum dan letakkan pada telapak tangan.

6. Setelah itu, aplikasikan pada seluruh wajah secara merata.

7. Gosokkan serum secara perlahan pada wajah sembari sedikit dipijat agar terserap maksimal hingga pori-pori kulit.

8. Gerakan memijat tersebut dapat berupa memutar menggunakan ujung jari telunjuk dan tengah dengan lembut.

9. Setelah selesai, tepuk-tepuk secara perlahan kulit wajah yang telah diberi serum agar meresap ke dalam pori-pori dengan cepat.

10. Langkah terakhir, aplikasikan produk perawatan wajah lainnya.

Pengguna dapat mengaplikasikan produk seperti essence, pelembap, sunblock, make up, dan lain sebagainya setelah menggunakan serum secara merata pada wajah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.