Sukses

6 Cara Merebus Telur yang Benar sesuai Tingkat Kematangan, Anti Retak dan Pecah

Ada beberapa cara merebus telur yang benar sesuai dengan tingkat kematangannya yang daoat Anda praktikkan di rumah.

Liputan6.com, Jakarta Cara merebus telur memiliki trik dan teknik tersendiri agar telur matang dengan sepurna tanpa retak dan pecah. Telur merupakan sumber protein yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Banyak olahan makanan yang menggunakan bahan dasar telur. Selain memiliki rasa yang lezat, telur juga mengandung zat gizi yang diperlukan oleh tubuh. 

Telur merupakan jenis lauk yang dapat diolah dalam bentuk apapun, mulai dari dadar, ceplok, rebus, dan juga dipanggang. Maka tak heran apabila telur cukup digemari oleh masyarakat. Sering kali jika merasa malas untuk mengolah makanan ataupun lauk, telur rebus dapat menjadi solusi yang praktis.

Akan tetapi, pada saat proses merebus telur, tak jarang seseorang mendapati cangkangnya retak dan isinya keluar. Sehingga sering menyebabkan olahan telur rebus menjadi tidak sempurna, dan terasa sedikit lebih hambar.

Lantas bagaimana cara merebus telur yang benar sesuai tingkat kematangan dan tidak pecah? Berikut ini penjelasannya yang telah dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu (26/5/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Merebus Telur yang Benar Sesuai Tingkat Kematangan

Ketika ingin merebus telur, tentu peralatan memasak dan telur sebagai bahan utamanya harus dipersiapkan terlebih dahulu. Selain alat dan bahan, Anda juga harus menentukan selera dan tujuan Anda memasaknya. Barulah Anda bisa menentukan berapa lama waktu perebusan yang ideal. Berikut ini cara merebus telur yang dapat Anda praktikkan di rumah, diantaranya :

1. Siapkan panci dan air sesuai kebutuhan

Pertama, siapkan panci besar dengan air secukupnya untuk perebusan nanti. Meski tidak ada perbandingan pasti, namun idealnya telur haruslah terendam air sepenuhnya saat direbus.

2. Dinginkan telur jika baru keluar dari kulkas

Cara merebus telur yang selanjutnya adalah mendinginkan telur setelah dari kulkas dalam suhu ruangan. Hal ini dilakukan suhu kulkas dan membuat telur tidak pecah saat dimasukkan ke dalam panci yang berisikan air.

3. Panaskan air hingga mendidih

Cara merebus telur yang berikutnya adalah merebus air. Setelah peralatan siap, panaskan terlebih dahulu air dan tunggu hingga mendidih. Setelah mendidih, segera kecilkan apinya.

4. Masukkan telur ke dalam panci

Cara merebus telur yang selanjutnya adalah masukkan telur ke dalam panci. Masukkan telur satu persatu ke dalam air secara hati-hati. Setelah semua telur dimasukkan, besarkan kembali apinya dan tunggu agar airnya kembali mendidih. Agar cangkang telur tidak mengalami keretakan, pastikan air tidak menggelembung terlalu kuat.

5. Rebus telur sesuai tingkat kematangannya

Lantas, berapa lama waktu yang tepat untuk merebus telur? Berikut ini panduan waktu merebus telur, diantaranya :

a.  Dalam waktu 7 menit

Untuk Anda yang menginginkan telur setengah matang dengan tekstur kuning yang lembut dan encer, waktu perebusan yang dibutuhkan adalah 7 menit.

b. Dalam waktu 8 menit

Apabila ingin kuningnya tidak terlalu cair atau lebih bertekstur namun masih lunak, maka 8 menit adalah pilihannya.

c.  Dalam waktu 10 menit

Untuk Anda yang ingin menikmati telur dengan tekstur dengan sebagian telah matang namun sedikit lunak di bagian tengahnya, maka waktu idealnya adalah 10 menit.

d. Dalam waktu 12–13 menit

Untuk telur matang sempurna, maka proses merebusnya adalah 12-13 menit.

6. Pindahkan ke wadah untuk proses pendinginan

Cara merebus telur yang berikutnya adalah pindahkan ke wadah untuk proses pendinginan. Atau pindahkan ke dalam wadah berisi es agar menghentikan proses pematangan sehingga telur lebih cepat dingin dan bisa langsung dikonsumsi.

Tak hanya untuk telur ayam saja, Ada banyak cara merebus telur sesuai dengan jenis dan ukuran telur tersebut. Berikut cara merebus telur selain telur ayam, diantaranya :

3 dari 4 halaman

1. Cara Merebus Telur Asin

Tak hanya telur ayam yang bisa direbus. Telur asin olahan dari telur bebek juga bisa direbus. Berikut cara merebus telur asin agar matang sempurna.

Bahan:

-   12 butir telur bebek

-   500 gram garam

-   1 1/2 liter air

Cara membuatnya:

a.    Langkah pertama ialah rendam telur dalam air sekitar 2 menit. Lalu bersihkan telur pelan-pelan agar kulit telur tidak pecah atau retak.

b.    Setelah itu larutkan garam dalam air. Aduk hingga benar-benar larut. Kemudian masukkan ke dalam toples yang dapat ditutup rapat.

c.    Masukkan telur perlahan-lahan. Setelah telur terendam semua, lalu beri jarak 2 cm dari permukaan. Kemudian rendam selama 9-11 hari atau lebih, semakin lama merendam maka semakin asin telur yang didapat.

d.    Selama proses perendaman, pastikan jauh dari cahaya matahari. Setelah proses perendaman selesai. Rebus telur dengan api kecil.

e.    Usahakan air tidak mendidih, hal ini dikarenakan agar tidak merusak telur. Setelah itu rebus sekitar 1 jam.

4 dari 4 halaman

2. Cara Merebus Telur Puyuh

Cara merebus telur puyuh agar matang sempurna dan tidak pecah, cukup mudah. Sebelum merebus telur puyuh, siapkan terlebih dahulu beberapa bahan dasar dan peralatan masak berikut ini.

Bahan:

-   20 butir telur puyuh

-   Air secukupnya

-   Siapkan panci dan penutup

Cara membuatnya:

a.  Masukan air dan telur puyuh ke dalam panci. Letakkan panci di atas kompor dan rebus dengan api besar sekitar 3-4 menit. Kecilkan api, lalu lanjutkan merebus selama 2 menit.

b.  Setelah 5 menit, matikan api kompor dan biarkan panci berada di atasnya. Tutup panci jangan dibuka, biarkan telur di dalam panci selama 10-15 menit hingga airnya hangat.

c.   Kemudian ambil telur puyuh dan masukkan ke dalam air dingin.

d.  Telur puyuh siap dikupas dan diolah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.