Sukses

8 Masker Alami untuk Mengecilkan Pori-Pori Wajah, Pilih Bahan yang Tepat

Masker alami untuk mengecilkan pori-pori wajah ini memiliki kandungan yang baik untuk kulit.

Liputan6.com, Jakarta Masker alami untuk mengecilkan pori-pori wajah bisa menjadi solusi masalah kulit satu ini. Pori-pori kulit yang membesar cenderung lebih berminyak dan menyebabkan hasil riasan tidak bisa terlihat maksimal.

Beberapa bahan alami bisa kamu jadikan sebagai masker untuk mengecilkan pori-pori wajah. Lidah buaya, mentimun, tomat, hingga lemon merupakan beberapa bahan alami yang baik untuk kesehatan wajah, termasuk untuk mengecilkan pori-pori.

Masker alami untuk mengecilkan pori-pori wajah ini memiliki kandungan yang baik untuk kulit. Sehingga saat kamu menggunakannya bisa berdampak baik terhadap wajah. Sebelum menggunakan masker alami ini, kamu mungkin perlu berkonsultasi dengan dokter agar lebih aman dan tepat.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (19/1/2021) tentang masker alami untuk mengecilkan pori-pori wajah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Masker Alami untuk Mengecilkan Pori-Pori Wajah

Lidah Buaya

Masker alami untuk mengecilkan pori-pori wajah yang pertama adalah lidah buaya. Lidah buaya memang sudah jadi bahan alami yang banyak digunakan untuk produk kecantikan.

Mulai dari pelembap, hair mask, sampai face mask, lidah buaya kerap jadi andalan untuk berbagai fungsi, termasuk mengecilkan pori-pori. Hal ini disebabkan karena sifat lidah buaya yang dapat melembapkan kulit. Mengoleskan lidah buaya atau aloe vera saat dingin dapat membuat pori-pori tampak lebih kecil.

Tomat

Melansir Health Status, buah tomat bisa digunakan dengan berbagai cara untuk mengurangi kandungan minyak dan mengecilkan pori-pori. Kamu bisa mencelupkan bola kapas ke mangkuk jus tomat, lalu oleskan pada wajah. Diamkan selama 15 menit, kemudian cuci dengan air sejuk.

3 dari 5 halaman

Masker Alami untuk Mengecilkan Pori-Pori Wajah

Lemon dan Tea Tree Oil 

Lemon dan tea tree oil juga bisa dijadikan masker alami untuk mengecilkan pori-pori wajah. Tea tree oil memiliki sifat anti-inflamasi yang bisa mencegah kelebihan minyak di wajah. Sementara itu, lemon adalah senyawa pembersih yang bekerja dengan baik untuk mengecilkan pori-pori.Cara menggunakannya mudah saja, kamu tinggal campurkan 1 sdt jus dan 5 tetes tea tree oil. Setelah tercampur merata, oleskan pada wajah menggunakan kapas. Diamkan selama 15 menit, lalu bilas wajah dengan air hingga bersih.

Mentimun

Sama halnya dengan lidah buaya, mentimun juga merupakan bahan yang baik untuk menormalkan kembali tingkat pH pada kulit. Efek dingin dari mentimun juga dianggap efektif mengatasi permasalahan pori-pori besar. Kamu tinggal menjadikan masker mentimun sebagai perawatan yang digunakan secara teratur.

4 dari 5 halaman

Masker Alami untuk Mengecilkan Pori-Pori Wajah

Gula Merah

Masker alami untuk mengecilkan pori-pori wajah selanjutnya adalah gula merah. Gula merah atau brown sugar bisa menjadi bahan rumahan untuk eksfoliasi sel kulit mati. Nantinya, masker gula merah diharapkan bisa mengangkat sel kulit mati dan mengecilkan pori-pori.

Masker Pepaya, Lemon, dan Madu 

Masker pepaya, lemon, dan madu juga merupakan campuran masker alami untuk mengecilkan pori-pori wajah. Pepaya bisa membantu pengelupasan sel kulit mati, sementara lemon bisa membantu mengangkat kotoran yang bersarang di pori-pori, dan madu memberi nutrisi serta menyeimbangkan pH kulit.

Cara membuatnya, siapkan ½ potong buah pepaya (yang telah dihaluskan), 1 sdt perasan lemon, dan 1 sdm madu. Campurkan ketiga bahan alami itu hingga merata. Jika sudah, oleskan campuran masker ke wajah dan diamkan selama 10 menit. Bilas dengan air hingga bersih, lalu lakukan cara ini 2-3 kali seminggu.

5 dari 5 halaman

Masker Alami untuk Mengecilkan Pori-Pori Wajah

Oatmeal

Selain gula merah, oatmeal juga jadi salah satu bahan eksfoliasi yang baik. Bahan ini pun sudah populer khasiatnya dalam perawatan alami kulit. Jadi, kamu bisa menggunakan oatmeal sebagai masker alami untuk mengecilkan pori-pori wajah.

Kamu bisa mencampur 2 sdm oatmeal dengan yoghurt. Letakkan di lemari es selama beberapa jam. Kemudian, oleskan masker ini ke kulit selama 30 menit dan bersihkan dengan air hangat.

Alpukat

Vitamin C adalah zat yang dibutuhkan untuk membuat elastin dan kolagen yang menjaga agar kulit tetap kenyal. Dengan memanfatkan buah alpukat, akan mengatasi penyebab pori-pori membesar sehingga pori-pori wajah akan mengecil dan menutup dengan sendirinya. Caranya belah buah alpukat dan keruk isinya, lalu haluskan daging buah alpukat, lalu gunakan sebagai masker wajah. Kemudian, diamkan beberapa saat, lalu bilas wajah dengan air bersih.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.