Sukses

3 Doa setelah Wudhu dan Artinya sesuai Sunnah, Ini Sejumlah Keutamaannya

Membaca doa setelah wudhu dan artinya merupakan bagian dari sunnah yang diutamakan.

Liputan6.com, Jakarta Membaca doa setelah wudhu dan artinya memang tidak termasuk dari rukun wudhu maupun syarat sah wudhu. Jadi meskipun doa setelah wudhu dan artinya tidak dibaca pun, maka wudhu akan tetap sah.

Meski demikian, membaca doa setelah wudhu dan artinya merupakan bagian dari sunnah yang diutamakan. Dengan begitu, tentu akan sangat disayangkan sekali jika tidak membaca doa setelah wudhu dan artinya. Apalagi doa setelah wudhu dan artinya tidak sulit untuk dihafalkan.

Membaca doa setelah wudhu dan artinya juga memiliki sejumlah keutamaan yang luar biasa. Disebutkan dalam suatu hadits, bahwa barang siapa yang menyempurnakan wudhu, kemudian membaca doa sehabis wudhu, makan akan dibukakan baginya 8 pintu surga, dan dia bisa masuk dari mana saja.

Bagi yang belum hafal doa setelah wudhu dan artinya, berikut bacaannya lengkap dengan tulisan Arab dan latin, seperti yang telah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin (22/5/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Doa setelah Wudhu dan Artinya sesuai Sunnah

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, membaca doa setelah wudhu dan artinya memang bukan bagian dari rukun wudhu maupun syarat sah wudhu. Jadi, meski kita tidak membaca doa setelah wudhu pun, wudhu yang kita lakukan akan tetap sah.

Meski begitu, membaca doa setelah wudhu dan artinya merupakan bagian dari sunnah wudhu yang diutamakan. Oleh karena itu, meski tidak berpengaruh pada sah atau tidaknya wudhu, membaca doa setelah wudhu dan artinya bisa menambah pahala ibadah kita.

Berikut adalah bacaan doa setelah wudhu dan artinya,

أَشْهَدُ أَنْ لَا إلَهَ إلَّا اللهَ وَحْدَهُ لَا شَرِيكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُولُهُ اللَّهُمَّ اجْعَلْنِي مِنَ التَّوَّابِينَ وَاجْعَلْنِيْ مِنْ الْمُتَطَهِّرِينَ سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ أَشْهَدُ أَنْ لَا إلَهَ إلَّا أَنْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوبُ إلَيْكَ وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَآلِ مُحَمَّدٍ

Asyhadu al lâ ilâha illaLlâh wahdahu lâ syarîka lah, wa asyhadu anna muhammadan ‘abduhu wa rasûluhu. Allahumma ij’alni minat tawwâbîna waj’alni minal mutathahhirîn. Subhânaka Allâhumma wa bihamdika asyhadu al lâ ilâha illa Anta astaghfiruka wa atûbu ilaik. Wa shallaLlâhu ‘ala sayyidina Muhammad wa `âli Muhammad.

Artinya: “Aku bersaksi tiada Tuhan selain Allah, dan tiada sekutu bagi-Nya, dan aku bersaksi bahwa sesungguhnya Nabi Muhammad adalah hamba dan utusan Allah. Ya Allah, jadikanlah aku sebagian dari orang-orang yang bertaubat, dan jadikanlah aku sebagian dari orang yang suci. Mahasuci engkau Ya Allah, dan dengan memuji-Mu. Aku bersaksi tiada Tuhan selain Engkau, aku meminta ampunan pada-Mu, dan bertaubat pada-Mu. Semoga berkah rahmat Allah senantiasa terlimpahkan pada nabi Muhammad dan keluarganya.”

Selain itu, kita juga bisa membaca doa setelah wudhu dan artinya yang lain, jika doa sebelumnya terasa begitu sulit untuk dihafalkan. Adapun bacaan doa setelah wudhu dan artinya yang lebih singkat adalah sebagai berikut,

أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُولُهُ. اللَّهُمَّ اجْعَلْنِى مِنَ التَّوَّابِينَ وَاجْعَلْنِى مِنَ الْمُتَطَهِّرِينَ

Asyhadu an laa ilaaha illallah wahdahu laa syariikalah. Wa asyhadu anna muhammadan ‘abduhuu warasuuluh. Allaahummaj’alnii mina-t-tawwaabiina waj’alnii minal mutathahhiriin

Artinya: Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah yang Maha Esa dan tiada sekutu bagi-Nya. Dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba dan utusan-Nya. Ya Allah, jadikanlah aku termasuk orang yang bertaubat dan jadikanlah aku termasuk orang yang menyucikan diri.

Adapun dalam hadits lain terdapat juga doa sehabis wudhu yang lebih singkat, bacaannya sebagai berikut:

أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُولُهُ

Asyhadu an laa ilaaha illallah wahdahuu laa syariikalah. Wa asyhadu anna muhammadan ‘abduhuu warasuuluh

Artinya: Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah dan bahwa Muhammad adalah hamba Allah dan utusan-Nya.

3 dari 4 halaman

Keutamaan Membaca Doa setelah Wudhu

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, membaca doa setelah wudhu dan artinya merupakan bagian dari sunnah wudhu yang diutamakan. Tentu bukan tanpa alasan mengapa membaca doa setelah wudhu dan artinya menjadi diutamakan. Sebab, memang doa setelah wudhu memang memiliki keutamaan yang luar biasa.

Rasulullah SAW bersabda,

مَنْ تَوَضَّأَ فَأَحْسَنَ الْوُضُوءَ ثُمَّ قَالَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُولُهُ اللَّهُمَّ اجْعَلْنِى مِنَ التَّوَّابِينَ وَاجْعَلْنِى مِنَ الْمُتَطَهِّرِينَ فُتِحَتْ لَهُ ثَمَانِيَةُ أَبْوَابِ الْجَنَّةِ يَدْخُلُ مِنْ أَيِّهَا شَاءَ

Artinya: “Barangsiapa berwudhu dengan menyempurnakan wudhunya kemudian ia membaca doa (yang artinya) ‘Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah yang Maha Esa, tiada sekutu bagi-Nya. Dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba dan utusan-Nya. Ya Allah, jadikanlah aku termasuk orang yang bertaubat dan jadikanlah aku termasuk orang yang menyucikan diri.’ Maka dibukalah delapan pintu untuknya delapan pintu surga yang dapat ia masuki dari mana saja ia mau.” (HR. Tirmidzi; hadits shahih)

Dan hadits lainnya menjelaskan tentang doa habis wudhu yang lebih singkat. Rasulullah SAW bersabda:

مَا مِنْكُمْ مِنْ أَحَدٍ يَتَوَضَّأَ فَيَسْبِغُ اْلوُضُوْءَ ثُمَّ قَالَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُولُهُ إِلَّا فُتِحَتْ لَهُ أَبْوَابِ الْجَنَّةِ الثَّمَانِيَةَ يَدْخُلُ مِنْ أَيِّهَا شَاءَ

Artinya: “Tidaklah salah seorang di antara kalian berwudhu dengan menyempurnakan wudhunya kemudian ia membaca doa (yang artinya) ‘Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah yang Maha Esa, tiada sekutu bagi-Nya. Dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba dan utusan-Nya’ kecuali dibukalah delapan pintu surga untuknya yang dapat ia masuki dari mana saja ia mau.” (HR. Muslim, Abu Dawud dan Ahmad)

Berdasarkan kedua hadits tersebut, dapat diketahui bahwa keutamaan membaca doa sehabis wudhu adalah dibukakan delapan pintu surga, di mana kita bisa masuk dari mana saja. Maka, meski membaca doa sesudah wudhu tidak wajib, kita sebaiknya tetap membaca doa sesudah wudhu karena keutamaannya yang luar biasa.

4 dari 4 halaman

Bacaan Niat Wudhu

Doa setelah wudhu dan artinya adalah bagian dari sunnah wudhu, sehingga ketika doa ini tidak dibaca pun, maka wudhu akan tetap sah. Akan tetapi berbeda dengan niat wudhu. Niat wudhu harus dilakukan, karena niat merupakan bagian dari rukun wudhu, sehingga jika niat wudhu tidak dilaksanakan, maka wudhu yang kita lakukan tidak sah.

Niat adalah hal yang penting dalam setiap ibadah termasuk wudhu. Sebab niatlah yang membedakan suatu perbuatan dinilai ibadah atau tidak. Niat pula yang membedakan suatu ibadah dengan ibadah lain. Adapun bacaan niat wudhu adalah sebagai berikut,

نَوَيْتُ الْوُضُوْءَ لِرَفْعِ الْحَدَثِ اْلاَصْغَرِ فَرْضًا ِللهِ تَعَالَى

Nawaitul wudhuu-a liraf'll hadatsil ashghari fardhal lilaahi ta'aalaa

Artinya: "Saya niat berwudhu untuk menghilangkan hadats kecil fardu karena Allah."

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.