Sukses

8 Penyebab Sering Sakit Kepala dan Mual, Waspadai Gejala Penyakit Tertentu

Penyebab sering sakit kepala dan mual bisa menandakan berbagai penyakit.

Liputan6.com, Jakarta Penyebab sering sakit kepala dan mual bisa menandakan berbagai penyakit. Tidak jarang kedua masalah kesehatan ini muncul bersamaan, sehingga mengganggu aktivitas harian. Terkena satu masalah kesehatan tersebut saja tentu sangat merepotkan, apalagi bila keduanya muncul secara bersamaan.

Saat mengalami sakit kepala, kamu akan merasakan kondisi yang tidak nyaman dan nyeri pada daerah kepala dan sekitarnya, termasuk kulit kepala, dahi, wajah, dan leher. Sedangkan mual adalah perasaan tidak nyaman pada perut yang menyebabkan munculnya keinginan untuk muntah.

Penyebab sering sakit kepala dan mual bisa menjadi tanda penyakit berbahaya. Jadi ketika kamu mengalami hal ini, sebaiknya kamu memeriksakannya ke dokter. Kondisi kesehatan satu ini tidak boleh begitu saja disepelekan walaupun sudah umum terjadi.

Berikut Liputan6.com rangkum dari KlikDokter, Kamis (3/10/2019) beberapa penyebab sering sakit kepala dan mual.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Migrain dan Stroke

Migrain

Salah satu penyebab sering sakit kepala dan mual adalah migrain. Migrain ditandai dengan sakit kepala sebelah. Gejala migrain bisa beragam, di antaranya adalah sensitif terhadap cahaya hingga melihat seperti ada kilatan cahaya. Selain itu, mual juga bisa menjadi salah satu gejala migrain.

Jadi saat kamu merasakan sering sakit kepala dan mual, mungkin saja kamu sedang mengalami migrain.

Stroke

Selanjutnya, stroke juga bisa menjadi penyebab sering sakit kepala dan mual. Stroke dibagi dua yaitu stroke iskemik (stroke sumbatan) dan stroke hemoragik (stroke pecah pembuluh darah). Yang biasa menyebabkan nyeri kepala disertai mual adalah stroke hemoragik.

Ketika pembuluh darah pecah, darah akan bocor, mengisi rongga kepala, mendesak otak dan tekanan di kepala tinggi sehingga menyebabkan sakit kepala luar biasa yang disertai mual hingga muntah. Selain itu, biasanya penurunan kesadaran juga terjadi.

Dengan begitu berbahayanya penyakit stroke ini, kamu harus berhati-hati saat mengalami sakit kepala dan mual. Jangan pernah menyepelekan gangguan kesehatan ini. Jika kamu khawatir dengan penyebab sering sakit kepala dan mual ini, sebaiknya segera perikasakan diri ke dokter, agar tidak terjadi berbagai hal yang tidak diinginkan.

3 dari 5 halaman

Gula Darah Rendah dan Glaukoma

Gula Darah Rendah

Penyebab sering sakit kepala dan mual selanjutnya adalah Gula darah rendah. Hipoglikemia, atau gula darah rendah, dapat terjadi pada orang yang belum makan atau bahkan orang dengan diabetes mellitus.

Ketika tubuh kekurangan gula, kamu juga jadi kekurangan energi sehingga otak dan lambung akan memberi sinyal dengan gejala sakit kepala dan mual. Jadi, kamu harus memperhatikan betul gejala-gejala yang terjadi pada tubuh saat kamu mengalami penyakit.

Glaukoma

Selanjutnya, penyebab sering sakit kepala dan mual adalah Glaukoma. Glaukoma adalah meningkatnya tekanan dalam bola mata. Hal ini menyebabkan mata bahkan sampai kepala nyeri. Selain itu, kondisi ini biasanya juga bisa disertai mual.

Jadi, sering sakit kepala dan mual bahkan juga merupakan salah satu gejala dari penyakit pada mata.

4 dari 5 halaman

Menstruasi dan Stres

PMS dan Menstruasi

Selain itu, tidak hanya menandakan penyakit, penyebab sering sakit kepala dan mual bagi wanita bisa jadi karena PMS dan Menstruasi. Bagi para wanita, perlu diketahui bahwa PMS dan menstruasi juga dapat menyebabkan sakit kepala yang disertai mual. Hal ini diakibatkan ketidakseimbangan hormon dalam tubuh seorang wanita saat sedang PMS dan menstruasi.

Stres dan cemas

Bahkan, stres dan cemas juga merupakan penyebab sering sakit kepala dan mual. Contohnya saja adalah saat kamu akan menghadapi Ujian Nasional (UN) bagi pelajar. Sakit kepala, pusing, hingga mual dapat terjadi karena kamu stres dan cemas menghadapinya. Oleh karena itu, kamu harus bisa mengontrol stres dan kecemasan agar gejala-gejala tersebut tidak muncul.

5 dari 5 halaman

Alkohol dan Kafein

Alkohol

Mengonsumsi alkohol, apalagi dalam jumlah banyak, juga merupakan salah satu penyebab sering sakit kepala dan mual. Apalagi mengonsumsi alkohol terlalu banyak juga dapat menyebabkan mabuk. Sehari setelahnya, biasanya seseorang akan mengalami hangover.

Tergantung dari apa dan berapa banyak yang kamu minum, hangover dapat memunculkan gejala sakit kepala, mual, hingga muntah. Jadi, agar tidak mengalami gejala-gejala tersebut, sebaiknya hindari mengonsumsi alkohol. Tentunya untuk menjaga kesehatan juga.

Kafein

Kopi mungkin sudah menjadi minuman wajib beberapa orang setiap harinya, baik diminum saat pagi ataupun malam. Namun, kandungan kafein dalam kopi ternyata tidak baik untuk tubuh jika dikonsumsi secara berlebihan.

Kafein adalah salah satu bahan yang dapat menstimulasi otak sehingga yang mengonsumsi merasa konsentrasi, aktif, dan bersemangat. Karena bersifat stimulan, jika toleransi tubuh seseorang terhadap kafein tidak cukup baik, dapat menyebabkan sakit kepala dan mual.

Jadi itulah beberapa penyebab sering sakit kepala dan mual yang harus kamu waspadai. Walaupun sakit kepala dan mual ini hanyalah gejala berbagai penyakit dan disebabkan oleh beberapa kondisi tubuh, namun kamu tidak boleh meremehkannya jika tidak ingin terserang penyakit yang lebih berat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini