Sukses

Strategi adalah Rencana Cermat untuk Mencapai Tujuan, Kenali Tingkatannya

Strategi sering dikaitkan dengan Visi dan Misi, walaupun strategi biasanya lebih terkait dengan jangka pendek dan jangka panjang.

Liputan6.com, Jakarta Strategi adalah suatu istilah yang sudah akrab di telinga setiap orang. Pasalnya, kata ini sering kali digunakan pada kehidupan sehari-hari. Istilah strategi ini berkaitan dengan rencana yang akan dilakukan untuk mencapai tujuan.

Pada awalnya kata ini dipergunakan untuk kepentingan militer saja. Namun, kemudian kata ini berkembang dan digunakan di berbagai bidang yang berbeda seperti strategi bisnis, olahraga, ekonomi, pemasaran, perdagangan, hingga manajemen strategi. 

Strategi sering dikaitkan dengan Visi dan Misi, walaupun strategi biasanya lebih terkait dengan jangka pendek dan jangka panjang. Istilah strategi ini berbeda dengan istilah taktik, yang memiliki ruang lingkup yang lebih sempit dan waktu yang lebih singkat.

Untuk memahami perbedaanya, kamu mengenal strategi untuk memenangkan keseluruhan kejuaraan, sementara taktik untuk memenangkan satu pertandingan. Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (4/11/2021) tentang strategi adalah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Strategi adalah

Istilah strategi adalah turunan dari kata dalam bahasa Yunani, stratēgos. Adapun stratēgos dapat diterjemahkan sebagai 'komandan militer' pada zaman demokrasi Athena. Pengertian strategi memang sering kali dikaitkan dengan perang. Namun, sekarang ini artinya semakin meluas.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Strategi adalah ilmu dan seni memimpin bala tentara untuk menghadapi musuh dalam perang, dalam kondisi yang menguntungkan. Selain itu kamu juga bisa memaknai pengertian strategi adalah ilmu dan seni menggunakan sumber daya bangsa untuk melaksanakan kebijaksanaan tertentu dalam perang dan damai. Beberapa pengertian tersebut memang selalu berkaitan dengan perang.

Namun, sekarang ini arti strategi mungkin sudah dikenal sebagai suatu rencana yang bisa dipakai oleh berbagai bidang. Msih Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), strategi adalah rencana yang cermat mengenai kegiatan untuk mencapai sasaran khusus. Makna inilah yang dikenali orang-orang pada zaman sekarang sebagai arti strategi.

Strategi adalah pendekatan secara keseluruhan yang berkaitan dengan pelaksanaan gagasan, perencanaan, dan eksekusi sebuah aktivitas dalam kurun waktu tertentu.

Di dalam strategi yang baik terdapat koordinasi tim kerja, memiliki tema, mengidentifikasi faktor pendukung yang sesuai dengan prinsip-prinsip pelaksanaan gagasan secara rasional, efisien dalam pendanaan, dan memiliki taktik untuk mencapai tujuan secara efektif.

3 dari 4 halaman

Pengertian Strategi Menurut Para Ahli

Kaplan dan Norton. Strategi merupakan seperangkat hipotesis dalam model hubungan cause dan effect yakni suatu hubungan yang bisa diekspresikan dengan hubungan antara if dan then.

Hill. Strategi adalah sebuah cara yang memfokuskan pada suatu hal yang berkaitan dengan aktivitas manufaktur dan pemasaran. Semuanya dilakukan untuk mengembangkan perspektif perusahaan melalui agregasi.

Morrisey. Strategi adalah proses untuk menentukan arah yang harus dituju oleh perusahaan supaya dapat tercapai segala misinya.

Pearce dan Robinson. Strategi adalah rencana main dari suatu perusahaan, yang mencerminkan kesadaran suatu perusahaan mengenai kapan, di mana dan bagaimana ia harus bersaing dalam menghadapi lawan dengan maksud dan tujuan tertentu.

Craig dan Grant. Strategi adalah penetapan tujuan dan sasaran dalam jangka panjang (Targeting and long-term goals).

Johnson dan Scholes. Strategi adalah arah dan ruang lingkup dari sebuah organisasi atau lembaga dalam jangka panjang, yang mencapai keuntungan melalui konfigurasi dari sumber daya dalam lingkungan yang menantang, demi memenuhi kebutuhan pasar dan suatu kepentingan.

Chandler. Strategi adalah alat untuk mencapai tujuan perusahaan dalam kaitannya dengan tujuan jangka panjang, program tindak lanjut, serta prioritas alokasi sumber daya.

A.Halim. Strategi merupakan suatu cara di mana sebuah lembaga atau organisasi akan mencapai tujuannya sesuai peluang dan ancaman lingkungan eksternal  yang dihadapi serta kemampuan internal dan sumber daya.

Siagaan. Strategi merupakan serangkaian keputusan dan tindakan yang mendasar yang dibuat  oleh menejemen puncak dan diterapkan seluruh jajaran dalam suatu organisasi demi pencapaian tujuan organisasi tersebut.

Rangkuti. Strategi adalah alat untuk mencapai tujuan.

4 dari 4 halaman

Tingkatan Strategi

Seperti Liputan6.com kutip dari dosenpendidikan, menurut Wheelen dan David, ada tiga tingkatan strategi manajemen yang berkembang sesuai dengan perkembangan usaha perusahaan yaitu :

Strategi Korporasi (Corporate Strategy)

Strategi ini mencerminkan seluruh arah perusahaan, dengan tujuan menciptakan pertumbuhan bagi perusahaan secara keseluruhan dan manajemen berbagai macam bisnis lini produk.

Ada 3 macam strategi yang dapat dipakai pada strategi tingkat korporasi ini, yaitu strategi pertumbuhan (growth strategy), adalah strategi berdasarkan terhadap tahap pertumbuhan yang sedang dilalui perusahaan. Strategi stabilitas (Stability Strategy), adalah strategi dalam menghadapi kemerosotan penghasilan yang sedang dihadapi oleh suatu perusahaan. Retrenchment strategy, adalah strategi yang diterapkan untuk memperkecil atau mengurangi usaha yang dilakukan perusahaan.

Strategi Bisnis (Business Strategy)

Strategi ini terjadi pada tingkat produk atau unit bisnis dan merupakan strategi yang menekankan pada perbankan posisi bersaing produk atau jasa pada spesifik industri atau segmen pasar tertentu.

Ada tiga macam strategi yang dapat digunakan pada strategi tingkat bisnis ini, yaitu “Strategi Keunggulan Biaya, Strategi Diferensiasi, dan Strategi Fokus”.

Strategi Fungsional (Functional Strategy)

Strategi ini terjadi di level fungsional seperti, operasional, pemasaran, keuangan, sumber daya manusia. Riset dan pengembangan di mana strategi ini akan meningkatkan area fungsional perusahaan sehingga mendapat keunggulan bersaing.

Strategi ini harus mengacu pada strategi bisnis dan strategi korporasi. Fokusnya adalah pada pemaksimalan produktivitas sumber daya yang digunakan dalam memberikan value terbaik untuk pemenuhan kebutuhan pelanggan (customer). Strategi fungsional sering juga disebut Value-based-strategy.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.