Sukses

11 Cara Menghilangkan Bekas Koreng yang Aman Dilakukan

Cara menghilangkan bekas koreng dengan bahan-bahan alami.

Liputan6.com, Jakarta Memiliki bekas koreng sudah pasti akan memengaruhi kepercayaan diri. Malu dengan banyak anggapan orang, karena terlihat tidak bisa merawat tubuh sendiri. Padahal memiliki koreng juga tidak pernah diharapkan sebelumnya. Nah, hal inilah yang membuat cara menghilangkan bekas koreng bisa dijadikan solusinya.

Ketika seseorang terluka, lama kelamaan kulit akan timbul koreng. Umumnya, koreng adalah bentuk reaksi tubuh untuk melindungi area kulit yang terluka. Namun sayangnya, koreng ini secara alami akan timbulkan bekas. Bekas inilah yang kemudian harus dihilangkan dengan cara menghilangkan bekas koreng yang aman.

Cara menghilangkan bekas koreng tentu harus gunakan cara yang aman. Jika menghilangkan bekas koreng dilakukan dengan cara yang tidak aman, bisa-bisa infeksi akan terjadi lagi. Pastikan untuk tidak menggunakan bahan yang keras. Cobalah cara ini dengan bahan-bahan alami.

Berikut Liputan6.com ulas cara menghilangkan bekas koreng yang aman dari berbagai sumber, Kamis (16/7/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Jeruk Nipis dan Madu

Jeruk Nipis

Jeruk nipis bisa digunakan sebagai cara menghilangkan bekas koreng. Meski kerap digunakan pada kulit wajah, jeruk nipis juga bisa digunakan pada area kulit yang lain. Asalkan area kulit ini sedang tidak terluka, karena bisa timbulkan rasa perih yang tidak tertahankan.

Pada bekas luka yang menghitam, jeruk nipis bisa membantu mencerahkannya. Hal ini disebabkan karena kandungan Alpha Hydroxy Acids (AHA). Kandungan ini bisa membantu mengangkat sel kulit mati, mempercepat regenerasi kulit, dan mengembalikan elastisitas kulit.

Setelah menerapkannya, kulit akan lebih sensitif dengan cahaya matahari. Jadi, jangan terlalu sering menggunakan jeruk nipis pada bekas koreng. Cukup dengan membelah jeruk nipis menjadi dua bagian. Lalu oleskan pada bekas koreng secara merata. Diamkan selama 30 menit lalu bilas dengan air bersih.

Madu

Madu bisa digunakan sebagai cara menghilangkan bekas koreng. Madu terbilang cukup aman digunakan karena sifat antiradangnya. Bahkan madu juga bisa membantu menghaluskan kulit pada bekas koreng secara alami.

Cara penerapan:

- Ambil 1 sdm madu.

- Oleskan madu pada bagian bekas luka menghitam atau koreng secara merata. 

- Setelah itu, diamkan selama 15-30 menit. 

- Madu yang kaya akan antioksidan dapat mencerahkan kulit dan mengangkat kulit mati. 

3 dari 6 halaman

Mengkudu dan Mint

Mengkudu

Buah mengkudu memiliki kandungan anti oksidan yang tinggi. Sehingga dapat digunakan sebagai cara menghilangkan bekas koreng hitam. Cara ini juga aman dilakukan.

Cara penerapan:

- Haluskan buahnya lalu masak.

- Oleskan pada bekas luka .

- Tunggu sampai kering.

- Bilas dengan air mengalir.

Mint

Selain sebagai aromaterapi yang mujarab, daun mint juga dapat digunakan sebagai cara menghilangkan bekas koreng secara alami. Lakukan secara rutin agar hasilnya lebih maksimal.

Cara penerapan:

- Tumbuk beberapa lembar daun mint.

- Oleskan pada bekas luka.

- Tunggu sampai mengering.

- Bilas dengan air mengalir.

4 dari 6 halaman

Lidah Buaya, Mentimun, dan Putih Telur

Lidah Buaya

Lidah buaya dikenal bisa digunakan sebagai cara menghilangkan bekas koreng. Hal ini disebabkan karena sifat antiinflamasinya. Sifat ini dapat membantu mengurangi iritasi kulit dan membantu mengangkat sel-sel kulit mati pada bekas luka. Tidak sampai di situ saja, lidah buaya juga dapat mengurangi pembengkakan, membantu memperbaiki kerusakan kulit, serta meregenerasi kulit.

Oleskan lidah buaya pada kulit yang terdapat bekas koreng secara merata, lalu diamkan selama 15 menit. Setelah itu bilas dengan air bersih. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kamu dapat melakukan cara ini di pagi setelah bangun tidur dan malam hari sebelum tidur.

Mentimun

Mentimun adalah sayur yang sangat menyegarkan. Selain nikmat dikonsumsi sebagai lalapan, mentimun juga bisa diandalkan untuk hilangkan bekas koreng. Hal ini disebabkan karena kandungan zat silica yang dimilikinya.

Zat ini bisa membantu mengikis koreng bahkan menghilangkan bekasnya lebih maksimal. Perannya bisa membantu meningkatkan produksi kolagen dan atasi kerusakan yang terjadi pada bekas koreng.

Cara penerapan:

- Iris tipis-tipis mentimun yang masih dalam kondisi bagus.

- Sebelum tidur, tempelkanlah irisan mentimun ke seluruh bagian yang bekas luka atau koreng. 

- Diamkan selama 30 menit.

- Saat sudah selesai pastikan untuk membasuh kembali menggunakan air bersih. 

- Kandungan mentimun yang kaya akan mineral dan vitamin dapat digunakan sebagai cara untuk menghilangkan bekas luka hitam dengan lebih cepat. 

Putih Telur

Putih telur dipercaya kaya akan protein dan sumber mikronutrien. Sehingga tidak heran jika kandungan ini bisa diandalkan sebagai cara menghilangkan bekas koreng. Cara ini juga terbilang aman dilakukan asal tidak berlebihan.

Cara penerapannya:

- Pisahkan putih telur dari kuning telur.

- Oleskan putih telur pada bekas luka.

- Untuk menghindari bau amis, anda bisa menambahkan 1 sdm air perasan jeruk nipis ataupun lemon.

5 dari 6 halaman

Air Kelapa dan Teh Hijau

Air Kelapa

Air kelapa selain bisa menghilangkan dehidrasi dan melegakan dahaga, ternyata bisa digunakan untuk hilangkan bekas koreng. Cara menghilangkan bekas koreng dengan air kelapa efektif dilakukan karena kandungan vitamin C di dalamnya.

Cara ini bisa diterapkan pada bekas koreng yang sudah menghitam pada area kulit manapun. Caranya hanya perlu membasuhnya pada bekas koreng. Basuhkan air kelapa secukupnya, lalu diamkan sampai mengering. Jika sudah mengering, bilas dengan air bersih.

Teh Hijau

Teh hijau dikenal sebagai tanaman herbal. Selain bisa dikonsumsi secara langsung dengan diseduh, teh hijau juga ampuh hilangkan bekas koreng. Tidak hanya bekasnya, teh ini juga efektif sembuhkan korengnya.

Cara menghilangkan bekas koreng dengan teh hijau ini disebabkan karena kandungannya. Teh hijau ini mengandung Epigallocatechin Gallate (EGCG) atau katekin.

Keduanya bisa berperan sebagai antioksidan, antibakteri, dan antiinflamasi. Cobalah untuk menggosok ampas teh hijau pada bekas koreng secara rutin untuk hasil maksimal.

6 dari 6 halaman

Minyak Zaitun dan Lemon

Minyak Zaitun

Minyak zaitun memiliki kandungan vitamin K dan vitamin E. Keduanya sangat baik untuk menunjang kesehatan kulit, apalagi kulit yang terluka. Tidak heran jika minyak zaitun bisa digunakan sebagai cara menghilangkan bekas koreng. Hal ini disebabkan karena sifat antioksidan dan asam di dalamnya.

Begitu juga dengan kandungan zat linoleic acid di dalam minyak zaitun. Kandungan ini sangat efektif untuk mengembalikan bekas koreng yang menghitam menjadi kembali normal. Sel-sel bisa terlindungi dari kerusakan karena antioksidannya.

Cobalah untuk mencampurkan minyak zaitun dengan baking soda. Jika sudah tercampur, gosokkan perlahan pada bekas koreng secara merata. Tunggu sampai mengering dan bersihkan perlahan dengan air mengalir. Lakukan secara rutin, agar bekas koreng perlahan memudar.

Lemon

Jeruk yang kaya akan anti-oksidan dan vitamin C berikut adalah lemon. Tidak hanya itu saja, dalam lemon juga terkandung asam alpha hidroksi yang dapat menangkal radikal bebas yang ada dalam kulit sehingga bekas koreng akan memudar seiring dengan waktu.

Cara menghilangkan bekas koreng dengan lemon cukup mudah. Hanya perlu mengoleskan perasan lemon pada bekas koreng, bekas koreng akan segera memudar karena lemon merupakan alat bleaching yang alami.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini