Sukses

15 Macam Minuman Sehat Menghidrasi Tubuh, Kaya Antioksidan

Tetap terhidrasi sangat penting untuk kesehatan.

Liputan6.com, Jakarta Macam minuman sehat bisa membantu menjaga daya tahan dan kesehatan tubuh. Memenuhi kebutuhan cairan tubuh sangat penting untuk mencegah dehidrasi. Saat mengalami dehidrasi, tubuh bisa menjadi lebih rentan masalah kesehatan.

Tetap terhidrasi sangat penting untuk kesehatan. Banyak orang tidak cukup mengonsumsi air setiap hari. Padahal, air sangat penting untuk ginjal dan fungsi tubuh lainnya. Macam minuman sehat merupakan pilihan terbaik untuk menghidrasi tubuh.

Macam minuman sehat bisa menjadi pengganti soda, minuman manis, dan minuman tidak sehat lainnya. Macam minuman sehat ini tidak mengandung pemanis buatan atau tambahan.

Macam minuman sehat juga bisa meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Berikut macam minuman sehat, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu(8/09/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

Macam minuman sehat

Air putih

Air putih merupakan macam minuman yang paling sehat dan aman. Minum air putih sangat bermanfaat untuk menjaga hidrasi tubuh. Selama fungsi sehari-hari, air hilang oleh tubuh, dan ini perlu diganti. Air putih merupakan sumber cairan terbaik bagi tubuh.

Infused water

Infused water merupakan versi air putih dengan rasa. Macam minuman sehat ini dibuat dengan tambahan irisan buah, sayuran, atau rempah. Pilihan bagus lainnya adalah memasukkan buah yang sudah dicincang ke dalam nampan es batu, tambahkan air, dan dibekukan.

3 dari 8 halaman

Macam minuman sehat

Teh hijau

Teh hijau adalah salah satu macam minuman paling sehat. Dalam teh hijau terkandung polifenol dan antioksidan alami yang dapat memperlambat penuaan dan melindungi sel dari racun dan karsinogen. Antioksidan teh hijau juga membantu mencegah penyakit jantung dan stroke. Teh hijau juga mengandung fluoride, yang membantu memperkuat gigi.

Teh mint

Macam minuman sehat selanjutnya adalah teh mint. Mint bersifat antispasmodik dapat membantu mengendurkan otot dan mengurangi kekakuan dan nyeri. Efek mendinginkannya juga bisa jadi pilihan untuk menenangkan tubuh. Minuman sehat satu ini sangat cocok untuk menghilangkan panas di tubuh.

Teh chamomile

Teh chamomile termasuk macam minuman sehat bebas kafein. Teh chamomile dikenal untuk mengurangi kecemasan dan membantu orang tertidur. Ini juga digunakan untuk menenangkan sakit perut dan masalah pencernaan lainnya.

4 dari 8 halaman

Macam minuman sehat

Teh jahe

Jahe termasuk macam minuman yang sehat untuk disesap. Jahe memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi. Jahe bisa menjadi minuman energi dengan 14 senyawa bioaktif unik dan sifat antioksidan. Manfaat teh atau minuman jahe bisa membantu meningkatkan fungsi otak dan mengatasi stres.

Susu kedelai

Susu kedelai menjadi pilihan susu nabati yang mudah ditemukan. Protein dalam susu kedelai dapat membantu mendukung kesehatan otot dan organ. Susu kedelai kaya akan asam lemak omega-3, yang merupakan lemak sehat yang tidak dapat dibentuk oleh tubuh.

5 dari 8 halaman

Macam minuman sehat

Cokelat

Cokelat yang terbuat dari biji kakao asli termasuk macam minuman kaya antioksidan. Manfaat kesehatan dari kakao termasuk penurunan peradangan, peningkatan kesehatan jantung dan otak, gula darah dan pengendalian berat badan serta kesehatan gigi dan kulit.

Kombucha

Kombucha merupakan minuman yang dibuat dengan memfermentasi teh. Teh yang digunakan bisa dari teh hijau, teh hitam, atau teh herbal. Kombucha menawarkan banyak manfaat kesehatan potensial berkat proses fermentasinya. Konsumsi minuman sehat ini bisa menjaga kesehatan usus. Kombucha membantu meningkatkan fungsi pencernaan, mengontrol diabetes, memperkuat sistem kekebalan tubuh, mengurangi tekanan darah dan menjadi detoksifikasi.

6 dari 8 halaman

Macam minuman sehat

Air lemon

Air lemon merupakan macam minuman sehat yang menyegarkan. Air lemon adalah penguat kekebalan yang sangat kuat. Hanya 2 sendok makan jus lemon diaduk ke dalam segelas air bisa menambahkan 14mg vitamin C. Vitamin ini sangat berperan dalam meningkatkan kekebalan tubuh.

Air kelapa

Air kelapa tanpa pemanis adalah sumber alami vitamin dan mineral. Macam minuman sehat ini sangat kaya akan elektrolit yang bermanfaat untuk tubuh. Air kelapa efektif untuk mengisi kembali cairan dan elektrolit setelah berolahraga atau beraktivitas berat.

7 dari 8 halaman

Macam minuman sehat

Jus sayuran

Jus sayuran menawarkan cara cepat dan rendah kalori untuk mendapatkan banyak manfaat sayuran. Macam minuman sehat bisa dibuat dari beragam jenis sayuran seperti bayam, kale, wortel, sawi, brokoli, dan banyak lagi. Jus sayuran bisa meningkatkan kesehatan pencernaan, penurunan berat badan, mengurangi peradangan, dan meningkatkan kekebalan.

Jus lidah buaya

Jus lidah buaya ternasuk minuman sehat yang patut dicoba. Lidah buaya sangat padat air, lidah buaya bisa jadi pilihan ideal untuk mencegah atau mengobati dehidrasi. Minum jus lidah buaya membantu meningkatkan kadar air di usus. Ia bisa membantu mengatasi sembelit. Jus lidah buaya adalah sumber yang kaya antioksidan, yang membantu melawan radikal bebas. Jus lidah buaya juga merupakan sumber yang sangat baik vitamin C.

8 dari 8 halaman

Macam minuman sehat

Kunyit

Minuman kunyit dalam bentuk kunyit asam atau teh kunyit menjadi macam minuman sehat dengan efek antioksidannya. Kunyit mengandung curcumin, senyawa bioaktif yang kaya manfaat. Kurkumin memiliki banyak manfaat kesehatan yang terbukti secara ilmiah, seperti potensi untuk meningkatkan kesehatan jantung, mencegah Alzheimer dan kanker.

Smoothie

Smoothie adalah minuman yang terbuat dari buah-buahan, sayuran, yogurt, kacang-kacangan, biji-bijian, bersama dengan susu. Smoothie yang dibuat terutama dari produk segar atau beku dapat meningkatkan konsumsi buah dan sayuran. Macam minuman ini menyediakan beragam vitamin, mineral, serat, dan antioksidan penting.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini