Sukses

Pengertian Media Sosial adalah Laman dalam Jaringan Sosial, Ini Fungsi dan Jenis-Jenisnya

Media sosial adalah memungkinkan pengguna berinterasi dengan menciptakan, berbagi, bertukar informasi, dan gagasan.

Liputan6.com, Jakarta Memahami media sosial adalah sebuah laman atau aplikasi yang memungkinkan penggunanya terlibat dalam jaringan sosial. Hal-hal yang dilakukan dalam media sosial adalah berinterasi dengan menciptakan, berbagi, bertukar informasi, dan gagasan secara virtual atau melalui dunia maya. 

Ahli pada bidang ini Van Dijk dalam Nasrullah (2015) melansir dari jurnal berjudul Pemanfaatan Media Sosial untuk Efektivitas Komunikasi oleh Ahmad Setiadi, media sosial adalah platform yang memfokuskan pada eksistensi pengguna yang memfasilitasi mereka dalam beraktivitas maupun berkolaborasi.

Contoh media sosial yang populer digunakan dalam beberapa dekade adalah Facebook, Twitter, Instagram, Linkedin, Tiktok, WhatsApp, YouTube, dan masih banyak lagi.

Ahli pada bidang ini Joyce Kasman Valenza (2014) melansir dari portal berbagi materi pembelajaran ilmu komunikasi di pakarkomunikasi.com, menjelaskan media sosial adalah platform internet yang memungkinkan individu berbagi secara segera dan berkomunikasi secara terus menerus.

Itulah pengertian singkat tentang media sosial adalah laman atau aplikasi dalam jaringan sosial yang perlu diketahui. Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam mengenai media sosial, Kamis (30/12/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pengertian Media Sosial Menurut Para Ahli

Para ahli sepakat, media sosial adalah platform yang memungkinkan individu berkomunikasi segera dan terus menerus dengan bantuan koneksi internet.

Ini penjelasan lengkap pengertian media sosial menurut para ahli, melansir dari portal berbagi materi pembelajaran ilmu komunikasi di pakarkomunikasi.com:

1. Pengertian Media Sosial Menurut J. Mike Jacka dan Peter R Scott (2011)

Pengertian media sosial adalah seperangkat teknologi penyiaran berbasis Web yang memungkinkan terjadinya demokratisasi konten sehingga memberikan individu kemampuan untuk menampilkan konten dari konsumen kepada penerbit.

2. Pengertian Media Sosial Menurut R. Shari Veil, Tara Buehner, dan Michael J. Palenchar (2011)

Pengertian media sosial adalah komunikasi antar manusia yang memiliki karakteristik partisipasi, terbuka, percakapan, komunitas, dan keterhubungan.

3. Pengertian Media Sosial Menurut Andreas M. Kaplan dan Michael Haenlein (2010)

Pengertian media sosial adalah sebuah kelompok aplikasi berbasis Internet yang dibangun dengan dasar-dasar ideologis Web 2.0 (yang merupakan platform dari evolusi media sosial) yang memungkinkan terjadinya penciptaan dan pertukaran dari User Generated Content.

4. Pengertian Media Sosial Menurut Philip Kotler dan Kevin Lane Keller (2016)

Pengertian media sosial adalah media yang digunakan oleh konsumen untuk berbagi teks, gambar, suara, dan video informasi baik dengan orang lain maupun perusahaan dan vice versa.

5. Pengertian Media Sosial Menurut P.N. Howard dan M.R Parks (2012)

Pengertian media sosial adalah media yang terdiri atas tiga bagian, Insfrastruktur informasi dan alat yang digunakan untuk memproduksi dan mendistribusikan isi media, Isi media dapat berupa pesan-pesan pribadi, berita, gagasan, dan produk-produk budaya yang berbentuk digital, Kemudian yang memproduksi dan mengkonsumsi isi media dalam bentuk digital adalah individu, organisasi, dan industri.

6. Pengertian Media Sosial Menurut Russo, J. Watkins, L. Kelly, dan S. Chan (2008)

Pengertian media sosial adalah instrumen yang memfasilitasi komunikasi, jaringan, dan/atau kolaborasi secara daring.

7. Pengertian Media Sosial Menurut McGraw Hill Dictionary

Pengertian media sosial adalah sarana yang digunakan oleh orang-orang untuk berinteraksi satu sama lain dengan cara menciptakan, berbagi, serta bertukar informasi dan gagasan dalam sebuah jaringan dan komunitas virtual.

8. Pengertian Media Sosial Menurut B.K. Lewis (2010)

Pengertian media sosial adalah label bagi teknologi digital yang memungkinkan orang untuk berhubungan, berinteraksi, memproduksi, dan berbagi isi pesan.

9. Pengertian Media Sosial Menurut M.L. Kent (2013)

Pengertian media sosial adalah segala bentuk media komunikasi interaktif yang memungkinkan terjadinya interaksi dua arah dan umpan balik.

10. Pengertian Media Sosial Menurut Lon Safko (2012)

Pengertian media sosial adalah media yang kita gunakan untuk menjadi sosial.

3 dari 4 halaman

Fungsi Media Sosial

Memahami fungsi media sosial adalah tak hanya sebagai tempat berbagai dan berkomunikasi. Masih melansir sumber yang sama, ahli dalam bidang ini Jan H. Kietzmann, Kritopher Hermkens, Ian P. McCarthy dan Bruno S. Silvestre menggambarkan fungsi media sosial menjadi tujuh bagian, apa saja?

1. Fungsi Media Sosial adalah Identity

Ini menggambarkan pengaturan identitas para pengguna dalam sebuah media sosial menyangkut nama, usia, jenis kelamin, profesi, lokasi serta foto.

2. Fungsi Media Sosial adalah Conversations

Ini menggambarkan pengaturan para pengguna berkomunikasi dengan pengguna lainnya dalam media sosial.

3. Fungsi Media Sosial adalah Sharing

Ini menggambarkan pertukaran, pembagian, serta penerimaan konten berupa teks, gambar, atau video yang dilakukan oleh para pengguna.

4. Fungsi Media Sosial adalah Presence

Ini menggambarkan apakah para pengguna dapat mengakses pengguna lainnya.

5. Fungsi Media Sosial adalah Relationship

Ini menggambarkan para pengguna terhubung atau terkait dengan pengguna lainnya.

6. Fungsi Media Sosial adalah Reputation

Ini menggambarkan para pengguna dapat mengidentifikasi orang lain serta dirinya sendiri.

7. Fungsi Media Sosial adalah Groups

Ini menggambarkan para pengguna dapat membentuk komunitas dan sub-komunitas yang memiliki latar belakang, minat, atau demografi.

4 dari 4 halaman

Jenis-Jenis Media Sosial

Ahli pada bidang komunikasi, Nasrullah (2015) melansir dari jurnal berjudul Pemanfaatan Media Sosial untuk Efektivitas Komunikasi oleh Ahmad Setiadi memaparkan lebih kurang ada enam jenis-jenis media sosial, apa saja?

1. Media Jejaring Sosial (Social Networking)

Media jejaring sosial merupakan medium yang paling popular. Media ini merupakan sarana yang bias digunakan pengguna untuk melakukan hubungan sosial, termasuk konsekuensi atau efek dari hubungan sosial tersebut di dunia virtual. Contoh jejaring sosial yang banyak digunakan adalah facebook dan LinkedIn.

2. Jurnal Online (Blog)

Blog merupakan media sosial yang memungkinkan penggunanya untuk mengunggah aktivitas keseharian, saling mengomentari dan berbagi, baik tautan web lain, informasi dan sebagainya. Contoh failitas penyedia halaman weblog gratis adalah wordpress atau blogspot.

3. Jurnal Online Sederhana atau Microblog (Micro-Blogging)

Tidak berbeda dengan jurnal online (blog), microblogging merupakan jenis media sosial yang memfasilitasi pengguna untuk menulis dan memublikasikan aktifitas serta atau pendapatnya. Contoh microblogging yang paling banyak digunakan adalah Twitter.

4. Media Berbagi (Media Sharing)

Situs berbagi media merupakan jenis media sosial yang memfasilitasi penggunanya untuk berbagi media, mulai dari dokumen (file), video, audio, gambar, dan sebagainya. Contoh media ini adalah Youtube, Flickr, Photo-bucket, atau snapfish.

5. Penanda Sosial (Social Bookmarking)

Penanda sosial merupakan media sosial yang bekerja untuk mengorganisasi, menyimpan, mengelola, dan mencari informasi atau berita tertentu secara online.

6. Media Konten Bersama atau Wiki

Media sosial ini merupakan situs yang kontennya hasil kolaborasi dari para penggunanya. Mirip dengan kamus atau ensiklopedi, wiki menghadirkan kepada pengguna pengertian, sejarah hingga rujukan buku atau tautan tentang satu kata.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.