Sukses

Contoh Kata Rujukan yang Benar, Simak Pula Pengertian dan Macam-Macamnya

Kata rujukan ialah kata ganti yang menunjuk pada kata lain yang telah digunakan sebelumnya sebagai pengganti dari kata aslinya.

Liputan6.com, Jakarta Mengetahui contoh kata rujukan supaya lebih paham bagaimana menulis kata rujukan dengan baik dan benar. Kata ini kerap kali digunakan dalam kehidupan sehari-hari untuk merujuk kata lain atau menghubungkan bagian teks tertentu.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, pengertian rujuk bisa artikan sebagai cara untuk mengacu ke kata entri yang dicantumkan di tempat lain yang telah diberi definisi atau penjelasan. Sementara itu, rujukan artinya keterangan lanjutan mengenai suatu hal atau sumber yang digunakan untuk mendapat keterangan lebih lanjut.

Dengan begitu, pengertian kata rujukan adalah ata yang digunakan untuk mengacu kepada suatu hal atau untuk mendapatkan keterangan lebih lanjut. Bila disederhanakan, maka definisi dari kata rujukan ialah kata ganti yang menunjuk pada kata lain yang telah digunakan sebelumnya sebagai pengganti dari kata aslinya.

Untuk lebih memahaminya, berikut ini penjelasan mengenai contoh kata rujukan beserta pengertian dan macam-macamnya yang telah dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat (25/2/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pengertian Kata Rujukan Secara Luas

Menurut Tim Maestro Eduka, pengertian kata rujukan adalah kata yang merujuk pada kata lain yang sudah pernah digunakan sebelumnya. Kata rujukan juga berarti kata yang digunakan untuk mengacu pada suatu hal atau untuk mendapatkan keterangan lebih lanjut. Beberapa kata rujukan yang sering digunakan adalah ia, mereka, itu, beliau, dia, tersebut, di sini, dan masih banyak lagi.

Sedangkan menurut Pratomo Baryadi Isodarus, pengertian kata rujukan adalah kata yang digunakan untuk merujuk bagian teks sebelumnya maupun sesudahnya dalam suatu kalimat. Kata rujukan ini berfungsi sebagai penghubung bagian-bagian teks atau sebagai kohesi.

Berdasarkan beberapa pengertian di atas bisa disimpulkan bahwa kata rujukan adalah kata yang mengacu pada suatu hal sebagai penghubung dengan kalimat yang menerangkan lebih lanjut. Kata utama atau kata yang sudah disebutkan sebelumnya pun beragam, bisa berupa benda, tempat, atau orang. 

3 dari 4 halaman

Macam-Macam Kata Rujukan

Berikut ini terdapat beberapa macam-macam kata rujukan yang wajib anda ketahui, antara lain:

1. Kata Rujukan Benda

Kata rujukan benda atau sesuatu hal adalah kata rujukan yang digunakan untuk merujuk kepada benda atau sesuatu yang dianggap sebagai sebuah benda. Beberapa contoh kata rujukan benda adalah ini, itu, tersebut.

2. Kata Rujukan Orang

Kata rujukan orang disebut juga sebagai kata yang diperlakukan seperti orang. Kata ini merupakan kata ganti untuk seseorang atau sesuatu yang dianggap sebagai orang. Contoh kata rujukan orang adalah ia, mereka, beliau, dan dia.

3. Kata Rujukan Tempat

Seperti namanya, kata rujukan tempat merupakan kata ganti atau acuan kepada suatu tempat. Beberapa contoh kata rujukan tempat yang sering digunakan adalah di sini, di sana, dan di situ.

4 dari 4 halaman

Contoh Kata Rujukan yang Benar

Supaya anda lebih memahami materi kata rujukan, simak contoh-contoh kata rujukan berikut ini.

1. Contoh Kata Rujukan Benda

a. Salah satu cara untuk mencegah banjir adalah dengan tidak membuang sampah sembarangan. Sayangnya, banyak orang yang masih tidak menyadari hal itu. (Kata "itu" di akhir kalimat merujuk pada perilaku "tidak membuang sampah sembarangan" dari kalimat sebelumnya).

b. Minggu lalu Jiya membaca novel Perahu Kertas karangan Dewi Lestari, novel ini menjadi salah satu novel terbaik yang pernah dijadikan film. (Kata "ini" dalam kalimat tersebut menjadi kata rujukan pada novel bertajuk Perahu Kertas yang sudah disebutkan pada kalimat sebelumnya.

c. Ezra baru saja membeli ponsel baru. Laptop itu dibeli dari hasil keringatnya sendiri dengan berjualan nasi uduk di sekolah. (Kata "itu" mengacu pada "ponsel baru" yang dibeli Ezra).

2. Contoh Kata Rujukan Orang

a. Setiap siswa pasti memiliki kenangan menyenangkan bersama Pak Yudi. Sebab, beliau merupakan salah satu guru yang suka melawak di kelas. (Kata "beliau" merujuk pada "Pak Yudi" dari kalimat sebelumnya).

b. Rosa merupakan anak yang cerdas. Dia selalu mendapatkan nilai 100. (Kata "ia" merujuk pada Rosa).

c. Anies Baswedan adalah Gubernur DKI Jakarta yang terpilih dari hasil Pilkada DKI Jakarta 2017. Beliau dulu pernah menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. (Kata "beliau" mengacu pada Anies Baswedan).

d. Bobi merupakan atlet basket terbaik di sekolahku. Dia sangat mahir bermain basket karena rajin berlatih sepulang sekolah. (Kata "dia" merujuk kepada "Bobi" dari kalimat sebelumnya).

3. Contoh Kata Rujukan Tempat

a. Stadion Gelora Bung Karno (GBK) sudah sangat ramai disesaki oleh pendukung tim nasional Indoensia. Sebab, di sini nanti akan diadakan laga persahabatan Indonesia melawan Thailand. (Kata "di sini" merujuk pada "Stadion GBK" yang disebutkan di kalimat awal).

b. Nabila tinggal di Jalan Anggur Nomor 3. Di sana dia tinggal bersama nenek dan kakaknya. (Kata "di sana" mengacu pada alamat tinggal "Jalan Anggur Nomor 3" dari kalimat sebelumya).

c. Setelah kuliah, aku ingin bekerja di Papua. Di sana aku ingin mengabdikan diri untuk masyarakat. (Kata "di sana" merujuk pada tempat "Papua" yang disebutkan pada kalimat awal).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.