Sukses

Arti Sakinah Mawadah Warahmah, Begini Makna dalam Al-Qur’an

Sakinah mawadah warahmah adalah doa.

Liputan6.com, Jakarta Memahami arti sakinah mawadah warahmah dalam Islam adalah bagian dari doa mulia untuk pasangan suami istri yang baru memulai bahtera rumah tangga.

Arti sakinah mawadah warahmah, diungkap Allah SWT dalam Al-Qur’an surat Ar-Rum ayat 21.

وَمِنْ اٰيٰتِهٖٓ اَنْ خَلَقَ لَكُمْ مِّنْ اَنْفُسِكُمْ اَزْوَاجًا لِّتَسْكُنُوْٓا اِلَيْهَا وَجَعَلَ بَيْنَكُمْ مَّوَدَّةً وَّرَحْمَةً ۗاِنَّ فِيْ ذٰلِكَ لَاٰيٰتٍ لِّقَوْمٍ يَّتَفَكَّرُوْنَ

“Dan di antara tanda-tanda (kebesaran)-Nya ialah Dia menciptakan pasangan-pasangan untukmu dari jenismu sendiri, agar kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan Dia menjadikan di antaramu rasa kasih dan sayang. Sungguh, pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi kaum yang berpikir.”

Apabila diuraikan, ahli fikih dan tafsir mengungkap arti sakinah adalah ketentraman dalam hati, arti mawadah adalah kasih sayang, serta arti warahmah adalah kelembutan hati dan empati.

Sementara dalam Al-Qur’an, gabungan ketiganya dari arti sakinah mawadah warahmah adalah agar kehidupan diliputi ketentraman, rasa kasih, dan sayang. Itulah arti sakinah mawadah warahmah yang perlu dipahami.

Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam arti sakinah mawadah warahmah dalam Islam, Rabu (9/2/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Arti Sakinah Mawadah Warahmah

Arti Sakinah:

Pertama, memahami “Sakinah” dari arti sakinah mawadah warahmah. Kata sakinah adalah serapan dari bahasa Arab “Sakiinah” yang artinya kedamaian, ketentraman, ketenangan, kebahagiaan.

Ahli fikih dan tafsir, melansir dari penelitian yang dipublikasikan Indonesia's Research Repository menjelaskan sakinah dari arti sakinah mawadah warahmah adalah tidak adanya rasa gentar dalam menghadapi sesuatu.

Sakinah dari arti sakinah mawadah warahmah adalah adanya ketentraman dalam hati pada saat datangnya sesuatu yang tidak diduga yang dibarengi dengan cahaya dalam hati yang menenangkan.

“Dibarengi satu nûr (cahaya) dalam hati yang memberi ketenangan dan ketentraman pada yang menyaksikannya, dan merupakan keyakinan berdasarkan penglihatan (ain al-yaqîn),” dijelaskan al-Jurjani (ahli bahasa).

Arti Mawadah:

Kedua, memahami “Mawadah” dari arti sakinah mawadah warahmah. Kata mawadah adalah serapan dari bahasa Arab “Mawaddah” yang artinya kasih sayang. Mawadah dari arti sakinah mawadah warahmah adalah kelapangan dada dan kehendak jiwa dari kehendak buruk.

Masih melansir sumber penelitian yang sama, secara filosofi mawadah dari arti sakinah mawadah warahmah adalah adanya dorongan batin yang kuat dalam diri sang pencinta untuk senantiasa berharap dan berusaha menghindarkan orang yang dicintainya dari segala hal yang buruk, dibenci, dan menyakitinya.

3 dari 4 halaman

Arti Sakinah Mawadah Warahmah Selanjutnya

Arti Warahmah:

Ketiga, memahami “Rahmah” dari arti sakinah mawadah warahmah. Kata warahmah adalah serapan dari bahasa Arab “Wa” artinya dan, serta“Rahmat” yang artinya kelembutan hati dan empati.

Masih melasir sumber penelitian yang sama, warahmah dari arti sakinah mawadah warahmah adalah kelembutan hati dan perasaan empati yang mendorong seseorang melakukan kebaikan kepada pihak lain yang patut dikasihi dan disayangi.

Warahmah dari arti sakinah mawadah warahmah adalah karunia atau anugerah. Dalam buku berjudul Syariat Menuju Surga oleh Abu Muhammad Rafif Triharyanto, warahmah dari arti sakinah mawadah warahmah adalah diwujudkan dengan saling melindungi dan memahami.

“Dalam rumah tangga ini dapat dilakukan dengan memelihara sikap saling menjaga, melindungi, saling membantu, serta memahami hak dan masing-masing sebagai pasangan suami istri,” dijelaskan.

Sesuai dengan uraian sebelumnya, arti sakinah adalah ketentraman dalam hati, arti mawadah adalah kasih sayang, serta arti warahmah adalah kelembutan hati dan empati.

Sementara dalam Al-Qur’an, gabungan ketiganya arti sakinah mawadah warahmah adalah agar kehidupan diliputi ketentraman, rasa kasih, dan sayang. Itulah arti sakinah mawadah warahmah yang perlu dipahami.

 

4 dari 4 halaman

Kumpulan Doa untuk Pengantin Baru

Tak hanya sakinah mawadah warahmah, doa terbaik untuk pasangan pengantin baru dalam Islam masih ada banyak. Ini penjelasannya yang Liputan6.com lansir dari berbagai sumber:

1. Doa untuk Pengantin Baru

"Bârakallâhu likulli wâhidin minnâ fî shâhibihi. Allahumma innî as' aluka khairahâ wa khaira mâ jabaltahâ 'alaihi wa a’ûdzu bika min syarrihâ wa min syarri ma jabaltahâ 'alaihi."

Artinya: "(Semoga) Allah memberkahi masing-masing dari kita dengan pasangannya. Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kebaikannya dan kebaikan pasangannya, dan aku berlindung dari kejelekannya dan kejelekan pasangannya."

2. Doa untuk Pengantin Baru Setelah Akad

"Allahumma inni as’aluka min khoirihaa wa khoirimaa jabaltahaa ‘alaih. Wa a’udzubika min syarrihaa wa syarrimaa jabaltaha ‘alaih."

Artinya: "Ya Allah, sesungguhnya aku mohon kepada-Mu kebaikan dirinya dan kebaikan yang Engkau tentukan atas dirinya. Dan Aku berlindung kepada-Mu dari kejelekannya dan kejelekan yang Engkau tetapkan atas dirinya."

3. Doa untuk Pengantin Baru Bagi Mempelai Pria

"Bârakallâhu laka, wa bâraka ‘alaika, wa jama‘a bainakumâ fî khairin wa ‘afiyah."

Artinya: "Semoga Allah SWT memberi berkah untukmu. Semoga Allah menurunkan kebahagiaan atasmu. Semoga Allah SWT menyatukan kamu berdua dalam kebaikan dan ‘afiyah."

4. Doa untuk Pengantin Baru di Malam Pertama

"Bârakallâhu likulli wâhidin minnâ fî shâhibih."

Artinya: "Semoga Allah memberkahi setiap kita."

Setelah membaca doa ini, pengantin laki-laki juga dapat menambahkan doa sebagai berikut:

"Allâhumma innî as’aluka khairahâ wa khairamâ jabaltahâ alaih. Wa a‘ûdzubika min syarrihâ wa syarrimâ jabaltahâ alaih."

Artinya: "Tuhanku, kepada-Mu aku memohon kebaikan istriku dan kebaikan sifat yang Kau ciptakan untuknya. Aku berlindung kepada-Mu dari keburukan istriku dan keburukan sifat yang Kau ciptakan untuknya."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.