Sukses

Sebutkan Keragaman yang Ada di Indonesia, dari Suku Hingga Agama

Sebutkan keragaman yang ada di Indonesia! Keragaman yang dapat ditemukan di Indonesia juga dipengaruhi oleh kondisi geografisnya.

Liputan6.com, Jakarta Sebutkan keragaman yang ada di Indonesia! Indonesia adalah sebuah negara multikultural yang kaya akan keragaman budaya, bahasa, suku bangsa, dan agama. Hal ini menyebabkan Indonesia memiliki berbagai keragaman yang menjadi salah satu keunikan tersendiri. Sejak masa prasejarah, Indonesia telah menjadi pusat perdagangan dan pertukaran budaya di Asia Tenggara, sehingga telah terbentuk berbagai budaya yang berbeda-beda di seluruh wilayah nusantara.

Sebutkan keragaman yang ada di Indonesia! Keragaman yang dapat ditemukan di Indonesia juga dipengaruhi oleh kondisi geografisnya. Indonesia memiliki wilayah yang membentang luas dari Sabang hingga Merauke. Hal ini menyebabkan tiap daerah memiliki kondisi geografis yang berbeda.

Ada banyak cara ketika diminta sebutkan keragaman yang ada di Indonesia. Keragaman budaya Indonesia tercermin dalam berbagai aspek kehidupan sehari-hari, seperti seni tari, musik, seni ukir, dan seni batik. Indonesia juga memiliki beragam jenis makanan dan kuliner yang berasal dari seluruh wilayah nusantara, seperti nasi goreng, rendang, sate, gado-gado, dan masih banyak lagi. Berikut bentuk-bentuk keragaman yang dapat ditemui di Indonesia, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu (3/5/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Suku Bangsa

Sebutkan keragaman yang ada di Indonesia! Dilansir dari laman indonesia.go.id, Indonesia memiliki lebih dari 300 kelompok etnik atau suku bangsa, lebih tepatnya terdapat 1.340 suku bangsa di Tanah Air menurut sensus BPS tahun 2010.

Suku Jawa adalah kelompok terbesar di Indonesia dengan jumlah yang mencapai 41% dari total populasi. Sedangkan di Kalimantan dan Papua memiliki populasi kecil yang hanya beranggotakan ratusan orang. Pembagian kelompok suku di Indonesia tidak mutlak dan tidak jelas, hal ini akibat dari perpindahan penduduk, pencampuran budaya, dan saling mempengaruhi.

2. Bahasa

Sebuah penelitian yang dilakukan untuk memetakan bahasa daerah di Indonesia dilakukan telah dilakukan oleh  Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI sejak 1991 hingga 2017. Tujuannya dalah untuk mengetahui persebaran dan pemetaan bahasa daerah berdasarkan wilayah (pulau) dan juga berdasarkan akumulasi di setiap provinsi.

Menurut laporan penelitian yang dilakukan pada 2017 , telah teridentifikasi ada sebanyak 652 bahasa daerah di Indonesia. Jumlah ini belum termasuk dialek dan sub dialeknya. Apabila mengacu pada akumulasi persebaran bahasa daerah per provinsi, tercatat ada 733 bahasa daerah. Meski begitu, pemetaan bahasa berdasarkan akumulasi persebaran bahasa daerah per provinsi belum semua wilayah teridentifikasi.

3 dari 4 halaman

3. Agama

Sebutkan keragaman yang ada di Indonesia!Terdapat 6 agama yang diakui di Indonesia, yaitu Islam, Kristen Protestan, Katolik, Hindu, Buddha, dan Konghucu. Mayoritas penduduk Indonesia memeluk agama Islam, yaitu sekitar 86,7% populasinya atau sekitar 231 juta penduduk. Namun agama tertua di Indonesia sebetulnya adalah Hindu yang memiliki sejarah paling panjang. Bali adalah wilayah di Indonesia dengan penganut agama Hindu terbesar di Indonesia.

Budha menjadi agama tertua kedua setelah Hindu yang datang pada abad ke-5 Masehi. Bukti masuknya agama Budha ke Indonesia dapat dilihat dari beberapa peninggalan prasasti yang ditemukan. Agama Buddha pertama kali dibawa oleh pengelana Fa Hsien dari China. Kemudian pada abad ke-7 kerajaan Budha di Indonesia, yakni Kerajaan Sriwijaya mulai berkembang dan menjadi pusat pengembangan agama Buddha di Asia Tenggara.

Hingga saat ini, agama Buddha di Indonesia memiliki penganut dengan persentase 0,7% atau sekitar 1,7 juta orang. Jumlah tersebut menjadikan agama Buddha sebagai agama kelima terbesar di Indonesia.

Agama Kristen Protestan adalah agama kedua terbesar dengan persentase 6,9% atau sekitar 16,5 juta orang. Kedatangan pada misionaris Eropa ke beberapa wilayah di Indonesia menandai perkembangan agama Kristen di tanah air. Beberapa wilayah persebaran agama Kristen di antaranya ialah wilayah barat Papua, sedikit Kepulauan Sunda, Kepulauan Maluku, Tanah Batak, Tanah Karo, Nusa Tenggara Timur, dan lain sebagainya.

Agama Katolik menempati urutan ketiga sebagai agama dengan penganut terbesar di Indonesia. Kedatangan bangsa Portugis ke Indonesia dengan misi mencari rempah-rempah menandai kemunculan agama Kristen Katolik di Kepulauan Maluku. Hal tersebut menjadikan rakyat Maluku sebagai penganut pertama Agama Katolik di Indonesia.

Konghucu atau ajaran Konfusius pertama kali muncul pada abad ke-17. Hal tersebut ditandai dengan kemunculan bangunan tua di Pontianak yang kerap dijadikan sebagai tempat pemujaan bagi para penganut agama Konghucu. Agama Konghucu menjadi agama keenam terbesar dengan persentase 0,05% atau sekitar 0,1 juta orang di Indonesia. Kitab Si Shu dan kitab Wu Jing menjadi dua kitab utama yang digunakan pemeluk agama Konghucu.

4 dari 4 halaman

4. Hasil Budaya

Sebutkan keragaman yang ada di Indonesia! Seperti sudah disinggung sebelumnya, Indonesia adalah negara multikultural yang memiliki beragam budaya. Tiap budaya kemudian menghasilkan bentuk budaya yang berbeda-beda. Bentuk budaya dapay berupa kesenian, sistem pengetahuan, sistem sosial, sistem mata pencaharian dan lain-lain.

5. Geografis

Indonesia merupakan negara kepulauan yang membentang luas dari Sabang di ujung barat hingga Merauke di ujung timur, dengan total luas wilayah sekitar 1,9 juta km². Kondisi geografis Indonesia sangat beragam, mulai dari pegunungan, hutan tropis, laut, dan pulau-pulau kecil. Indonesia memiliki lebih dari 17.000 pulau, dengan 6 pulau terbesar yaitu Sumatra, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, hingga Papua. 

Keanekaragaman kondisi geografis Indonesia memengaruhi keanekaragaman hayati dan kebudayaan di negara ini. Hal ini menjadikan Indonesia sebagai salah satu negara dengan kekayaan alam dan budaya yang sangat beragam di dunia. Namun, kekayaan tersebut juga menimbulkan tantangan dalam hal pembangunan dan pengembangan di setiap daerah, sehingga diperlukan upaya yang lebih besar dan berkelanjutan untuk mengoptimalkan potensi yang dimiliki oleh masing-masing wilayah di Indonesia.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.