Sukses

Pria Ini Bertekad Jalan Kaki ke Makkah Lewati 12 Negara, Kini Sudah di Thailand

Berawal dari mimpi jalan kaki ke Makkah, pria ini mendokumentasikan perjalanannya yang akan melewati sekitar 12 negara untuk sampai di Tanah Suci.

Liputan6.com, Jakarta Seorang pria asal Malaysia bermimpi menempuh perjalanan ke Makkah dengan berjalan kaki. Tidak mau menyesal di kemudian hari, pria itu pun langsung bertekad untuk mencapai impian tersebut. Pria yang melakukan perjalanan ke Makkah dengan berjalan kaki baru-baru ini menjadi viral di media sosial.

Rupanya, pria yang bernama Herry Nizam itu mengabadikan setiap momen perjalanannya dan membagikannya di laman TikTok @herrynizam4. Video dokumentasi perjalanannya itu kini telah viral di platform media sosial, di mana ia mendapat dukungan penuh dari komunitas.

Herry Nizam memulai perjalanan ke Makkah dengan berjalan kaki pada Rabu (26/4/2023), dengan memulai ekspedisinya dari Bidor, Perak, Malaysia. Dia menuju ke tanah suci untuk menunaikan umrah.

Berdasarkan keterangan di video TikTok, ia pergi dengan hanya membawa ransel, bendera Malaysia, beberapa pakaian dan sepatu olahraga. Herry juga memperkirakan tiba di tanah suci dalam waktu 84 hari 10 jam dengan berjalan kaki. Dan diperkirakan menempuh jarak 10.160 kilometer.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Berjalan melewati 12 negara

Diperkirakan, Herry akan tiba di tanah suci dalam waktu 84 hari 10 jam denga berjalan kaki dan menempuh jarak 10.160 kilometer. Di antara negara-negara yang akan ia lalui adalah Thailand, Myanmar, India, Nepal, Pakistan, China, Kyrgyzstan, Kazakhstan, Uzbekistan, Iran, Uni Emirat Arab, dan Arab Saudi.

Berdasarkan video TikTok terbarunya, Herry kini sudah berada di Sadao, Thailand. Sebelum memulai perjalanannya, Herry juga melakukan 'hitungan mundur' untuk memberikan sensasi kegembiraan bagi dirinya dan para pengikutnya di TikTok.

Rencana awal adalah menggunakan rute di jalan raya. Dalam video hitung mundur, pria itu juga memajang barang-barang yang akan dibawa dalam perjalanan seperti sepasang sepatu olahraga, hingga tas. Semula Herry ingin menggunakan jalur di jalan tol, namun ia harus mengubah jalur ke jalan dalam demi alasan keamanan.

 

3 dari 3 halaman

Lanjutkan perjalanan ke Myanmar

Dalam sebuah video, Herry mengatakan meski sedih dan khawatir harus meninggalkan orang tua dan keluarganya di rumah, entah mengapa tiba-tiba terpanggil untuk pergi ke tanah suci dengan berjalan kaki.

"Mungkin itu adalah rencana yang diberikan kepada saya oleh Allah," katanya.

Dia juga berterima kasih kepada semua orang atas doa dan harapan baik mereka. Hal itu berguna untuk memperkuat semangatnya di hari dan cuaca yang panas. Dalam video yang sama, Herry mengimbau masyarakat untuk tidak meminta imbalan apapun dan melakukan segala sesuatu dengan jujur ​​dan tulus.

Sementara itu, dalam update kemarin Jumat (28/4), Herry menceritakan rencananya hari itu berangkat ke Myanmar, setelah makan siang dan salat dzuhur. Kisah pemuda itu pun viral di media sosial dan mengejutkan banyak warga Malaysia, terutama di dunia maya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.