Sukses

Punya Formasi Rumah Unik, 6 Ribu Orang di Kota Sułoszowa Tinggal di Satu Jalan

Pemukiman unik memanjang sejauh 9 Kilometer

Liputan6.com, Jakarta Setiap pemukiman rumah memiliki keunikannya masing-masing. Sama halnya kompleks perumahan yang selalu mengikuti kondisi geologis dalam wilayahnya. Seperti kompleks pemukiman penduduk yang terpusat dengan bangunan penting di tengahnya yang biasa dijumpai. Ternyata ada juga kompleks pemukiman yang punya formasi memanjang.

Seperti sebuah kota bernama Sułoszowa yang jika dilihat dari ketinggian terlihat memanjang. Formasi rumah di dalam kota ini mengikuti panjangnya jalan yang menggerombol dengan pusatnya berada di jalan utama sepanjang 9 kilometer. Sejauh mata memandang kanan kiri formasi rumah ini didominasi dengan ladang.

Dijuluki 'Little Tuscany' karena tata letaknya yang tidak biasa, Sułoszowa adalah sebuah desa di Polandia selatan yang terletak sekitar 29 km barat laut Kraków. Menurut CSO Polandia, pada 2017 kota ini memiliki populasi 5.819. Menariknya  semuanya hidup berdampingan satu sama lain dengan sebidang tanah panjang untuk kebun.

Sebelum makin penasaran, berikut Liputan6.com merangkum kota unik Sułoszowa melansir dari berbagai sumber, Kamis (27/4/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pemukiman Kota Sułoszowa Lebih Indah Dilihat dari Udara

Sułoszowa telah berdiri selama bertahun-tahun, namun baru-baru ini menjadi sorotan internasional setelah foto dan video dari udara menjadi viral di media sosial. Pemandangan pemukiman pedesaan yang tidak biasa. 

Ratusan rumah berjejer di kedua sisi jalan tunggal dan melintasi ladang pertanian multi-warna yang tak terbatas, menarik perhatian jutaan orang di seluruh dunia. 

Foto udara Sułoszowa pertama kali menjadi viral di Polandia pada tahun 2021, tetapi baru-baru ini video drone-shot dari desa Polandia tersebut berhasil menarik perhatian internasional. Kota Sułoszowa punya pesona yang lebih indah jika dilihat lewat udara. 

Keunikan desa yang dikelilingi oleh petak-petak tanah pertanian di semua sisinya. Ada fakta bahwa setiap orang baru pasti membangun rumah mereka di sepanjang jalan utama. Alih-alih memperluas ke luar, formasi pemukiman memanjang ini  membuat orang-orang sangat terkesan.

3 dari 3 halaman

Formasi Pemukiman Rumah Sułoszowa Dijuluki Kota Aneh

Media internasional seperti Mail Online dan The Sun melaporkan bahwa Tata letak jalan tunggal dan linier Sułoszowa dijuluki sebagai 'aneh', tetapi menurut penduduk Polandia yang berkomentar di situs berita nasional, itu hanya merupakan desa khas Polandia. 

Meskipun memiliki satu jalan yang melewati desa mungkin tidak biasa di negara-negara Eropa Tengah. Kendati demikian lokasinya di tengah-tengah ladang pertanian alami jelas bukan sesuatu yang umum ditemukan di lain tempat. Kondisi geografis dan kebiasaan penduduk sangat mempengaruhi membangun rumah di sana. 

Ketika dilihat dari udara, tata letak jalan tunggal ini terlihat lebih mengesankan dan beberapa orang telah membandingkannya dengan pemandangan Tuscany Italia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.