Sukses

6 Potret Jadul Trem di India Tahun 1900-an, Kereta Kecil di Jalan Raya

Potret lama dari tahun 1900-an menunjukkan seperti apa trem kereta di berbagai negara bagian dan kota di India.

Liputan6.com, Jakarta Orang India saat ini terbiasa menggunakan metro atau kereta api lokal, bahkan taksi dan bus sebagai bagian dari transportasi umum. Namun, pernahkah terpikir di masa lalu ketika hari-hari orang biasa berjalan kaki atau naik trem untuk bepergian melintasi kota.

Trem merupakan kereta yang memiliki rel khusus di dalam kota. Trem diperkenalkan di India pada akhir abad ke-19. Kolkata menjadi kota yang mendapatkan trem pertama yang ditarik kuda pada tahun 1873 yang kemudian diikuti oleh Mumbai dan Nashik. Segera, trem listrik disambut di jalan-jalan Chennai pada tahun 1895, diikuti oleh instalasi di Kanpur dan Delhi.

Melansir India Times, dulu kota tampak lebih luas, jauh berbeda dengan saat ini. Jalanan tidak dipenuhi dengan klakson mobil melainkan pengendara sepeda dan pejalan kaki. Trem juga tidak penuh sesak dengan orang-orang yang siap keluar dari setiap bukaan kereta, tidak seperti kereta api lokal Mumbai saat ini.

Banyak negara bagian dan kota di India memiliki jaringan trem yang kuat. Seperti 6 potret jadul trem di India tahun 1900-an berikut ini, yang dilansir Liputan6.com dari India Times pada Kamis (30/3/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Awal trem di kota Mumbai datang dengan kereta kuda. Pada tahun 1907, kota ini mengadopsi trem listrik tetapi harus berpisah dengan angkutan umum pada tahun 1964.

3 dari 7 halaman

2. Dikenal sebagai Kanpur, kota ini hanya memiliki satu jalur dari stasiun kereta api ke Bank Gangga di Sirsaya Ghat. Rute ini diperkenalkan kepada penduduk setempat pada tahun 1907 dan segera ditutup pada tahun 1933.

4 dari 7 halaman

3. Kota Chennai alias Madras yang pertama kali menyambut trem listrik di jalanannya pada tahun 1895. Setelah membangun jaringan rumit dengan lebih dari 90 trem, Chennai mengucapkan selamat tinggal pada kereta retro pada tahun 1953.

5 dari 7 halaman

4. Ada sistem trem yang ditarik kuda dari kota Patna ke Bankipore tetapi harus menutup angkutan umum karena kurangnya penumpang pada tahun 1903.

6 dari 7 halaman

5. Ibu kota juga memiliki sistem trem yang kuat, membentang lebih dari 15 km jalur dan 24 mobil. Tapi pada tahun 1963, kota menutup sistem transportasi. Pada tahun 2019, diusulkan agar jalur trem tanpa rel dibawa kembali ke daerah Chandni Chowk di Delhi.

7 dari 7 halaman

6. Kolkata adalah satu-satunya negara bagian yang mempertahankan sistem trem paling lama.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.