Sukses

Kisah Siti Khadijah, Tokoh Wanita Penting Dalam Sejarah Islam

kisah Siti Khadijah, tokoh wanita yang memiliki peran penting dalam sejarah Islam

Liputan6.com, Jakarta Siti Khadijah, juga dikenal sebagai Khadijah bint Khuwaylid, adalah seorang wanita luar biasa yang tinggal di Arab pada abad ke-6. Dia lahir dari keluarga kaya dan terpandang di kota Mekkah, dan dikenal karena kecerdasan, kecantikan, dan karakternya yang kuat. Sebagai seorang wanita muda, Siti Khadijah menjadi seorang pengusaha wanita yang sukses, menjalankan bisnis perdagangan yang berkembang pesat di Jazirah Arab. 

Dia dikenal karena kejujuran dan integritasnya, yang membuatnya menjadi sosok yang disegani di masyarakat. Suatu hari, Siti Khadijah mendengar tentang seorang laki-laki bernama Muhammad yang dikenal jujur dan baik hati. Penasaran, dia mempekerjakannya untuk memimpin salah satu karavannya, dan terkesan dengan keterampilan dan karakternya. Saat mereka bekerja sama, Siti Khadijah dan Muhammad semakin dekat dan akhirnya jatuh cinta.

Terlepas dari perbedaan usia, mereka menikah dan menjadi mitra dalam cinta dan bisnis. Siti Khadijah mendukung Muhammad dalam misi kenabiannya, dan merupakan orang pertama yang masuk Islam setelah dia menerima wahyu. Bersama-sama, Siti Khadijah dan Muhammad menghadapi banyak tantangan, termasuk penganiayaan dari keluarga mereka sendiri dan dari masyarakat Mekah yang lebih luas. 

Siti Khadijah adalah tokoh penting dalam sejarah awal Islam, dan warisannya sebagai wanita yang kuat dan mandiri terus menginspirasi orang di seluruh dunia saat ini. Berikut ini telah Liputan6.com rangkum kisah Siti Khadijah, tokoh wanita yang memiliki peran penting dalam sejarah Islam, Jumat (17/3/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Biografi Singkat Siti Khadijah

Siti Khadijah binti Khuwaylid, juga dikenal sebagai Khadijah al-Kubra, adalah seorang tokoh terkemuka dalam sejarah Islam awal dan istri pertama Nabi Muhammad (saw). Dia lahir di Mekah, Arab, pada tahun 555 M dari keluarga kaya. Khadijah dikenal karena kecantikan, kecerdasan, dan ketajaman bisnisnya. Dia mewarisi bisnis perdagangan ayahnya yang sukses dan menjadi salah satu wanita terkaya di Mekkah. 

Dia juga dikenal karena kemurahan hati dan karya amalnya. Saat berusia 40 tahun, Khadijah mempekerjakan Muhammad muda untuk memimpin salah satu kafilah dagangnya. Terkesan dengan kejujuran, integritas, dan kebijaksanaannya, dia melamarnya, dan mereka menikah pada tahun 595 M. Khadijah 15 tahun lebih tua dari Muhammad.

Khadijah adalah seorang istri yang berbakti dan pendukung setia misi Muhammad untuk menyebarkan pesan Islam. Dia adalah orang pertama yang menerima kenabiannya dan menjadi salah satu sahabat terdekatnya. Dia juga memainkan peran penting dalam komunitas Islam awal, menggunakan kekayaannya untuk mendukung orang miskin dan membutuhkan.

Khadijah meninggal pada tahun 619 M, pada usia 65 tahun. Kematiannya merupakan kehilangan besar bagi Muhammad, yang menyebutnya sebagai "pasangan dalam hidup dan iman". Dia dikenang sebagai panutan bagi wanita Muslim, simbol iman, keberanian, dan kemurahan hati.

3 dari 4 halaman

1. Siti Khadijah adalah wanita bisnis yang sukses dan terhormat.

 

Siti Khadijah lahir dari seorang ayah yang merupakan seorang saudagar sukses di suku Quraisy mereka di Mekkah. Dia mewarisi keterampilan ayahnya pada saat sejarah ketika masyarakat didominasi laki-laki dan berbahaya. Setelah kematian ayahnya, dia mengambil alih bisnis dan memperdagangkan barang melalui pusat perdagangan utama pada saat itu, dari Mekkah ke Suriah dan ke Yaman, mempekerjakan orang-orang yang paling dapat dipercaya untuk menghadapi rute perdagangan yang berbahaya.

Bisnisnya lebih besar dari semua perdagangan Quraisy digabungkan, dan itu adalah yang paling terkenal dengan reputasi barang-barang yang adil dan berkualitas tinggi. Dia memiliki mata yang tajam dan sangat intuitif, mendapatkan julukan, Ameerat-Quraysh ("Putri Quraisy") dan al-Tahira ("Yang Murni") karena reputasinya yang luar biasa. Khadijah tahu apa yang dia lakukan dalam bisnis, tidak pernah mengorbankan kesopanan atau integritasnya untuk berhasil dalam perdagangan yang didominasi laki-laki.

 

2. Siti Khadijah menolak banyak lamaran pernikahan.

Menjadi wanita paling sukses di sekitar, kaya akan pencapaian duniawi serta karakter, Khadijah menghadapi kampanye yang konsisten dari pria yang ingin menikah. Dia menikah dua kali sebelum menikah dengan Nabi. Kedua pernikahan ini menghasilkan anak-anak dan keduanya meninggalkan janda. Selera karakternya yang tajam membuat dia pilih-pilih; dan dia kurang bersemangat untuk menderita kehilangan suami yang menyakitkan lagi. Dia pasrah menjadi wanita janda, mengurus dirinya sendiri dan keluarganya.

 

3. Siti Khadijah meminta Nabi untuk menikahinya.

Siti Khadijah mempelajari karakter Muhammad yang luar biasa, serta pengalamannya mengelola karavan di jalur perdagangan menemani pamannya, Abu Thalib. Dia mempekerjakannya ke dalam konglomeratnya. Perkawinan saat ini biasanya diperlukan untuk bertahan hidup dan tidak selalu tentang cinta seperti yang kita kenal di dunia sekarang ini. 

Tapi Khadijah tidak butuh suami untuk mengurus keuangannya. Dan Muhammad tidak memiliki sarana untuk mencari seorang istri. Dia jatuh cinta padanya, dan melalui seorang teman, dia memintanya untuk menikahinya. Dan nabi Muhammad SAW menjawab ya.

4 dari 4 halaman

4. Siti Khadijah adalah istri yang ideal dan mereka adalah kisah cinta sejati.

Poligami adalah praktik umum pada saat itu, namun pernikahan Khadijah dan Muhammad bersifat monogami sampai kematiannya 25 tahun kemudian. Kenabian Muhammad dimulai saat dia menikah dengan Khadijah, ketika dia menerima wahyu Tuhan yang pertama melalui Malaikat Jibril yang membuatnya ketakutan, tegang dan merasa sendirian ketika tidak ada yang percaya padanya. Khadijah menghibur suaminya dan menyemangatinya selama hari-hari tersulit dalam hidupnya. Dia memberinya enam anak.

 

5. Siti Khadijah adalah Muslim pertama.

Siti Khadijah, ibu dari Islam, adalah orang pertama di bumi yang menerima Muhammad sebagai nabi terakhir Allah dan menerima wahyu yang memuncak dalam Al-Qur'an. Dia disambut dengan “ salam ” (damai) oleh Allah sendiri serta Malaikat Jibril. Dia mewariskan barang-barang duniawinya dan menempatkan dirinya dalam menghadapi bahaya untuk berdiri di samping Nabi Muhammad ketika Islam didirikan di negeri itu.

 

6. Siti Khadijah menghabiskan kekayaannya untuk orang miskin.

Dalam Islam, baik kaya maupun miskin, kondisi keuangan seseorang merupakan ujian. Khadijah memberikan penghasilannya kepada fakir miskin dan yatim piatu, kepada para janda dan orang sakit. Dia membantu gadis-gadis miskin menikah dan menyediakan mahar mereka. Khadijah adalah salah satu wanita paling luar biasa dalam sejarah. 

Nabi Muhammad pernah bersabda bahwa empat wanita terhebat umat manusia adalah: Khadijah bint Khuwaylid, Fatima binti Muhammad (putri bungsunya), Mary binti Emran (Perawan Maria) dan Asiyah binti Muzahim (istri Fir'aun.) Khadijah terus menginspirasi orang sampai hari ini yang menghormatinya karena sangat memperhatikan Nabi Islam dan menunjukkan kepada dunia, melalui perilakunya, apa yang dapat dicapai oleh seorang wanita yang saleh, sederhana dan berani. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.