Sukses

Cerita Nabi Yusuf AS, Pelajaran Sifat Terpuji yang Harus Diteladani Umat Islam

cerita kehidupan Nabi Yunus AS secara lengkap

Liputan6.com, Jakarta Cerita Nabi Yusuf AS adalah salah satu kisah paling menawan dan inspiratif dalam Al-Qur'an. Ini adalah kisah cinta, pengkhianatan, kecemburuan, dan pengampunan, dengan pelajaran yang masih relevan hingga saat ini. Nabi Yusuf adalah putra Nabi Ya'qub dan lahir di Kanaan, sebuah wilayah yang kini menjadi bagian dari Palestina modern. Dia adalah anak bungsu dari saudara kandungnya dan dikenal karena kecantikan dan kebijaksanaannya yang luar biasa.

Cerita Nabi Yusuf AS dimulai dengan pemberian ayahnya sebuah mantel khusus yang menimbulkan kecemburuan di antara saudara-saudaranya. Mereka berkomplot melawannya dan melemparkannya ke dalam sumur, akhirnya menjualnya sebagai budak ke karavan yang lewat. Nabi Yusuf AS kemudian dibawa ke Mesir, di mana dia dibeli oleh seorang kaya dan berpengaruh bernama Potifar.

Cerita Nabi Yusuf AS berlanjut dengan dirinya yang bekerja sebagai pembantu di rumah tangga Potifar, dan kecantikan serta kebijaksanaannya segera menarik perhatian istri Potifar. Terlepas dari penolakan Yusuf untuk mematuhi ajakannya, dia secara tidak benar menuduhnya melakukan percobaan pemerkosaan dan dia secara tidak adil dijebloskan ke penjara.

Lalu bagaimana kelanjutan cerita Nabi Yusuf AS? Lebih lengkapnya berikut ini telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber kisah kehidupan Nabi Yusuf AS secara lengkap, pada Senin (13/3/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Awal Mula Cerita Nabi Yusuf AS

Allah menceritakan kisah Nabi Yusuf AS dalam Al-Qur'an, dan berfokus pada penipuan, pemisahan, penderitaan, dan campur tangan ilahi. Allah menggambarkan bagaimana seorang putra tercinta diambil dari ayahnya yang pengasih dan menjadi budak. Kisah ini menunjukkan bahwa kita dapat mengatasi pembangkangan dan kurangnya kesetiaan dengan ketergantungan dan kesetiaan.

Tidak seperti kisah-kisah lain dalam Al-Qur'an yang Allah ceritakan dalam berbagai surah, Kisah Nabi Yusuf AS, juga dikenal sebagai kisah Yusuf, secara kolektif dalam satu surah. Allah menamai surah ke-12 Al-Qur'an dengan nama Nabi Yusuf AS, yang mana surat tersebut memiliki 66 ayat.

Kisah Nabi Yusuf AS adalah kisah kesabaran yang luar biasa ketika menghadapi kesulitan dan kesulitan. Ini juga menunjukkan cara bagi umat Islam untuk melawan godaan. Yusuf AS, seperti nabi-nabi Allah lainnya, adalah salah satu panutan bagi umat Islam dalam berperilaku. Dia hidup sesuai dengan aturan Allah dan memberi contoh untuk diikuti orang.

 

Mimpi Nabi Yusuf AS Sewaktu Kecil

Nabi Yusuf bermimpi. Di sana, dia melihat matahari, bulan, dan 11 bintang bersujud kepadanya. Ketika dia memberi tahu ayahnya tentang hal itu, ayahnya menyuruhnya merahasiakan masalah itu dari saudara-saudaranya. Yusuf dan Benyamin adalah putra Yaqub AS dari istri keduanya.

 

Penipuan Saudara Tiri

Saudara tiri Nabi Yusuf AS cemburu pada nabi karena ayah mereka sangat mencintainya. Oleh karena itu, mereka berencana untuk membunuhnya. Mereka meminta ayah mereka untuk setuju mengizinkan Yusuf bermain dengan mereka. Begitu mereka berada di posisi ini, mereka melemparkannya ke dalam sumur. 

Mereka sampai membawa kembali baju Nabi Yusuf AS yang berlumuran darah, dan mereka menyatakan bahwa serigala telah menyerangnya. Ayah mereka memiliki firasat tentang apa yang mungkin terjadi. Namun, dia berpura-pura menerima alasan mereka dan meminta bantuan Allah.

3 dari 6 halaman

Nabi Yusuf AS Diselamatkan Dan Menetap di Mesir

Beberapa orang menyelamatkan pemuda itu dari sumur. Namun, mereka juga menjualnya sebagai budak. Seorang pria kaya dan berpengaruh dari Mesir membelinya, mengatakan bahwa dia mungkin berguna bagi dia dan istrinya. Allah berfirman bahwa Dia memberikan rezeki dan dukungan untuk Nabi Yusuf AS  di negeri asing ini. 

Dia memberkati dia dengan kemampuan untuk menafsirkan mimpi. Allah memang Maha Kuasa. Seorang politisi membesarkan Nabi Yusuf AS dalam kondisi nyaman. Sementara itu, Allah juga memberkati dia dengan pengetahuan dan penilaian yang baik.

 

Nabi Menolak Untuk Dirayu dan Berakhir Di Penjara

Allah memberkati Nabi Yusuf AS dengan keindahan yang luar biasa. Wanita yang menempati rumah yang dilayani Yusuf bernafsu padanya setelah dia mencapai usia dewasa. Sering disebut sebagai "Zulaikha", dia tergila-gila dengan cara dia tumbuh menjadi pria muda dan tampan. Dia mencoba membujuknya untuk melakukan dosa keji. 

Namun, sang nabi teguh dalam imannya dan mencari perlindungan kepada Allah dari kejahatan ini. Dia mengejar Nabi Yusuf dan merobek bajunya. Ketika suaminya tiba, dia mencoba menyalahkannya. Namun, terlihat jelas bahwa baju itu robek dari belakang bukan dari depan.

Gosip tentang hubungan yang nyata ini menyebar di antara para wanita di kota itu. Wanita itu mengatur agar para wanita datang ke rumahnya untuk melihat sendiri ketampanan Nabi Yusuf AS. Dia memberi masing-masing wanita pisau. Kemudian, dia meminta Nabi Yusuf AS untuk memasuki ruangan. Dia memikat mereka dengan ketampanannya, dan tanpa disadari mereka memotong tangan mereka sendiri, menganga padanya.

Dia kemudian mengungkapkan kepada para wanita bahwa dia telah menolak rayuannya. Kemudian, dia mengancam nabi, mengatakan dia akan memenjarakannya jika dia menolak untuk menuruti keinginannya. Nabi Yusuf AS tidak menyia-nyiakan waktu dengan mengatakan bahwa dia lebih suka berada di penjara, aman dari pendekatan sesatnya terhadapnya.

4 dari 6 halaman

Kelanjutan Mimpi Di Penjara

Nabi Yusuf AS berada di penjara bersama dua pria lainnya. Mereka bermimpi dan meminta dia untuk memberikan interpretasinya. Salah satu dari mereka mengatakan bahwa dia bermimpi sedang memeras buah anggur. Pria lainnya mengatakan bahwa dia membawa roti di atas kepalanya dalam mimpi, dan burung memakannya. 

Nabi Yusuf mengingatkan mereka pada fakta bahwa Allah-lah yang memberinya kekuatan untuk menafsirkan mimpi. Nabi Yusuf AS menjelaskan bahwa salah satu dari laki-laki itu akan menghidangkan arak untuk tuannya di masa depan. Pria lainnya akan disalibkan, dan burung-burung akan mematuk kepalanya. 

Nabi kemudian meminta orang yang akan diselamatkan itu untuk menyebutkan namanya kepada tuannya. Namun, pria itu gagal mengingat dan menjalankan tugas. Nabi Yusuf AS terus mendekam di penjara untuk beberapa waktu lagi.

 

Tafsir Mimpi Raja

Raja Mesir bermimpi, dan dia penasaran dengan interpretasinya. Dia berkata bahwa dia bermimpi tentang tujuh sapi gemuk yang dimakan oleh tujuh sapi kurus. Dia memimpikan tujuh bulir jagung hijau dan tujuh bulir lainnya layu. Tidak ada yang bisa menafsirkan mimpi itu, tetapi pria yang dibebaskan dari penjara itu berada di lokasi dan mengingat Nabi Yusuf AS mendekam di penjara. Dia pergi ke nabi, yang menafsirkan mimpi itu dalam sekejap. Raja ingin bertemu orang ini.

Mantan narapidana memberitahu Nabi Yusuf AS tentang perkembangan itu, tetapi nabi pertama-tama menyuruhnya untuk menyebutkan para wanita yang memotong tangan mereka saat melihatnya. Oleh karena itu, kepolosan sang nabi dibawa ke tempat terbuka. Dia kemudian muncul di depan raja. Raja menawarinya posisi tinggi. 

Namun, Nabi Yusuf AS malah meminta untuk ditempatkan di gudang penyimpanan. Allah dengan demikian menempatkannya di tanah. Dia menunjukkan kepada kita bagaimana Dia memberikan rahmat kepada siapa pun yang Dia kehendaki.

5 dari 6 halaman

Saudara Tiri Nabi Yusuf AS Kembali Muncul

Nabi ditempatkan pada posisinya di gudang. Akhirnya, saudara tirinya muncul karena mereka menginginkan sebagian dari gandum mereka. Dia langsung mengenali mereka, tetapi mereka gagal menentukan siapa dia. Dia kemudian meminta mereka untuk pergi dan kembali dengan adik laki-laki mereka untuk menerima gandum. Mereka setuju dan berjanji untuk melakukannya.

Saudara-saudara kembali ke Yaqub AS dan meminta izinnya untuk mengambil Benyamin. Ia enggan mengabulkan permintaan mereka, mengingat apa yang terjadi dengan Yusuf AS. Namun, mereka bersumpah untuk melakukan apapun yang mereka bisa untuk membuatnya tetap aman, dan sang ayah mengalah. Saat ini, dia menjadi buta karena kesedihan setelah kehilangan putra kesayangannya.

 

Saudara Tiri Yusuf AS Menghadapi Persidangan

Saudara-saudara membawa Benyamin ke nabi. Dia membawa saudaranya ke samping dan segera mengungkapkan identitasnya kepadanya. Yusuf AS memiliki rencana yang disampaikan kepadanya. Dia kemudian memberikan bagian gandumnya kepada saudara-saudara dan mulai memasukkan cangkir minumnya ke dalam tas Benyamin.

Tidak lama kemudian orang-orang menyadari bahwa ada sesuatu yang hilang, dan mereka berteriak. Tersebar berita di pasar bahwa siapa pun yang mengembalikan cawan itu akan mendapat gandum seberat unta. Saudara-saudara menyatakan tidak bersalah. Akibatnya, yang lain meminta mereka untuk menyatakan hukuman jika tertangkap basah.

Saudara-saudara menjawab bahwa hukumannya adalah perbudakan bagi siapa pun yang tasnya berisi cangkir itu. Yusuf AS tidak bermaksud untuk menghukum saudaranya atau siapapun. Namun, dia ingin menjaga saudaranya di sisinya dan membiarkan yang lain pergi. Saat orang-orang menggeledah tas, mereka menemukan cangkir itu di Benyamin. Akibatnya, ia harus tinggal bersama nabi.

Saudara-saudara Yusuf AS memohon agar Binyamin diizinkan kembali bersama mereka. Mereka meminta agar salah satu dari mereka malah diizinkan untuk tetap tinggal di tempatnya. Namun, Nabi menolak tawaran itu. Saudara-saudara harus memberitahu Yaqub AS bahwa Benyamin mengecewakan mereka dengan mencuri.

Nabi Yaqub AS tidak mempercayai mereka sejenak dan menyalahkan mereka atas kesalahan. Dia mengungkapkan kesedihannya untuk Yusuf AS sekali lagi. Saudara itu memohon padanya untuk berhenti karena dia mungkin membahayakan dirinya sendiri dengan melakukan ini. Namun, nabi tua itu berkata bahwa dia akan meminta pertolongan Allah.

6 dari 6 halaman

Pertobatan, Pengampunan, Dan Pemenuhan Mimpi

Nabi Yaqub AS meminta anak-anaknya untuk mencari Yusuf AS dan saudaranya dan menyadari Rahmat Allah. Mereka kembali kepada Yusuf AS dan menceritakan tentang penderitaan mereka. Mereka memintanya untuk beramal terhadap mereka. Yusuf bertanya kepada mereka apakah mereka sekarang menyadari apa yang telah mereka lakukan padanya dan saudaranya karena ketidaktahuan. Saudara-saudara yang bingung akhirnya menyadari siapa dia.

Mereka mengakui kesalahan mereka dan bahwa Allah lebih memilih dia daripada mereka. Yusuf AS, yang berbelas kasih dan murah hati, memaafkan mereka dan berdoa untuk mereka. Dia kemudian menawarkan bajunya kepada mereka dan menyuruh mereka untuk menyerahkannya ke wajah Nabi Yaqub AS ketika dia kembali. Kemudian, dia meminta mereka untuk kembali sebagai kelompok kolektif.

Begitu mereka kembali ke rumah, Nabi Yaqub AS langsung bisa mencium aroma Nabi Yusuf AS. Saudara-saudara meletakkan baju itu di atas wajahnya seperti yang diminta Yusuf AS dan mendesaknya untuk memaafkan mereka. Dia menjawab bahwa Allah adalah Yang Maha Pengampun dan Maha Penyayang.

Impian Nabi Yusuf AS terpenuhi, dan keluarga dipersatukan kembali. Nabi berdoa untuk keselamatan semua orang. Pada titik ini, mereka membungkuk kepadanya seperti yang mereka lakukan dalam mimpinya dahulu kala, sehingga membuktikan bahwa mimpi itu benar. Meskipun upaya besar dari Setan, Allah memberkati saudara-saudara dan memungkinkan mereka untuk menebus dosa-dosa mereka. Yusuf AS mengakui berkah dan karunia Allah dan berdoa agar dia hidup dan mati sebagai orang beriman.

 

Pelajaran yang Bisa Dipetik Dari Kisah Nabi Yusuf AS

Cerita Nabi Yusuf AS mengandung beberapa pelajaran tentang sifat-sifat terpuji yang harus diteladani oleh umat Islam. Yang pertama adalah kesabaran. Nabi Yusuf AS dibuang ke dalam sumur, lalu dijual sebagai budak, lalu dipenjara. Dia tidak pernah kehilangan iman dan selalu bertahan, mengetahui bahwa Allah memiliki sesuatu yang lebih baik untuknya.

Yang kedua adalah kesopanan. Meskipun wanita itu tergila-gila padanya, dia menolak untuk dirayu olehnya. Dia takut kepada Allah di atas segalanya dan selalu sederhana dan benar. Yang ketiga adalah pengampunan. Terlepas dari semua yang dilakukan saudara-saudaranya, Nabi Yusuf AS tetap memaafkan mereka dan berdoa untuk kesejahteraan mereka. Dia tidak menyimpan dendam.

Nabi Yusuf AS adalah salah satu nabi Allah, dan tindakannya jelas menunjukkan hal itu. Kita bisa belajar banyak dari kisahnya dengan mengadopsi sifat-sifat kemanusiaannya yang luar biasa untuk mendekatkan diri kepada Allah.

Surat Yusuf Ayat 111

لَقَدْ كَانَ فِى قَصَصِهِمْ عِبْرَةٌ لِّأُو۟لِى ٱلْأَلْبَٰبِ ۗ مَا كَانَ حَدِيثًا يُفْتَرَىٰ وَلَٰكِن تَصْدِيقَ ٱلَّذِى بَيْنَ يَدَيْهِ وَتَفْصِيلَ كُلِّ شَىْءٍ وَهُدًى وَرَحْمَةً لِّقَوْمٍ يُؤْمِنُونَ

Artinya: Sesungguhnya pada kisah-kisah mereka itu terdapat pengajaran bagi orang-orang yang mempunyai akal. Al Quran itu bukanlah cerita yang dibuat-buat, akan tetapi membenarkan (kitab-kitab) yang sebelumnya dan menjelaskan segala sesuatu, dan sebagai petunjuk dan rahmat bagi kaum yang beriman.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.