Sukses

8 Manfaat Buah Pisang untuk Ibu Hamil, Cegah Mual hingga Jaga Tekanan Darah

Salah satu manfaat buah pisang untuk ibu hamil adalah dapat mengurangi rasa mual.

Liputan6.com, Jakarta Sudah tidak diragukan lagi jika manfaat buah pisang sangatlah banyak. Salah satu manfaat buah pisang adalah bisa menjadi sumber energi. Sebab dalam sebuah pisang mengandung 27 gram karbohidrat. Saat mengonsumsi pisang, karbohidrat akan dipecah menjadi glukosa yang merupakan sumber energi bagi tubuh.

Selain itu, diketahui bahwa manfaat buah pisang ternyata juga dapat mencegah beberapa jenis penyakit. Penyakit yang dapat dicegah dengan konsumsi rutin buah pisang antara lain adalah penyakit jantung, pembuluh darah, dan ginjal.

Manfaat buah pisang ternyata juga baik bagi kamu yang mengalami masalah dengan berat badan. Sebab, pisang merupakan salah satu sumber serat yang baik. Kandungan serat dalam pisang mampu memberikan efek kenyang lebih lama dan mengendalikan nafsu makan, sehingga membuat Anda tidak makan secara berlebihan.

Itu hanya sebagian kecil dari sejumlah manfaat buah pisang. Selain itu masih ada banyak lagi manfaat buah pisang yang bisa kamu rasakan dengan mengonsumsinya secara rutin. Bahkan, diketahui buah pisang juga baik untuk ibu hamil. Berikut adalah sejumlah manfaat buah pisang untuk ibu hamil, seperti yang telah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat (10/3/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 9 halaman

1. Mengurangi Rasa Mual

Salah satu manfaat buah pisang untuk ibu hamil adalah dapat mengurangi rasa mual. Di masa kehamilan, setiap ibu hamil tentu memiliki gejala yang berbeda-beda. Namun, gejala yang paling umum muncul di masa kehamilan adalah rasa mual. Bahkan tidak jarang rasa mual itu akan disertai dengan muntah.  

Manfaat buah pisang dalam mengatasi rasa mual di masa kehamilan tentu tidak lepas dari peran kandungan nutrisi yang ada di dalamnya. Pisang mengandung vitamin B, terutama vitamin B6. Vitamin ini ada di sebagian besar obat antimual yang dikonsumsi wanita hamil jika mereka mengalami mual dan muntah. Anda menambahkan satu atau 2 buah pisang sebagai menu sarapan untuk mengatasi rasa mual di pagi hari.

3 dari 9 halaman

2. Mengatasi Anemia

Berikutnya, manfaat buah pisang bagi ibu hamil adalah dapat mengatasi anemia. Penyebab anemia pada ibu hamil bermacam-macam, salah satunya adalah kekurangan zat besi dan vitamin b12. Hal ini dipengaruhi oleh pola makan yang tidak sehat. Oleh karena itu, di masa kehamilan sangat penting untuk memastikan bahwa asupan nutrisi tetap seimbang sehingga tidak terjadi anemia.

Sebagai salah satu cara untuk mengatasi anemia di masa kehamilan, Anda bisa menambahkan buah pisang ke dalam menu. Manfaat buah pisang dalam mengatasi anemia di masa kehamilan tentu tidak lepas dari kadar zat besi di dalamnya yang sangat kaya. Oleh karena itulah, makan pisang dapat membantu meningkatkan kadar zat besi tersebut. Namun, terkadang masih perlu menambahkan suplemen zat besi.

Meski demikian, penting juga bagi Anda untuk mengkonsultasikan permasalahan Anda dengan dokter jika anemia yang ada derita di masa kehamilan sangat parah, sampai membuat Anda begitu lemah dan lemas.

4 dari 9 halaman

3. Memenuhi Kebutuhan Asam Folat

Manfaat buah pisang untuk ibu hamil berikutnya adalah memenuhi kebutuhan asam folat. Asam folat diperlukan dalam membantu pembentukan sel-sel dan sistem organ pada janin seperti otak dan sumsum tulang belakang, pembentukan sel darah merah, serta untuk menjaga daya tahan tubuh.

Ketika sedang hamil, biasanya dokter akan meresepkan sejumlah vitamin untuk memenuhi kebutuhan akan asam folat. Vitamin tersebut biasanya akan diresepkan untuk diminum setiap hari. Sementara itu, pisang juga dapat memberikan nutrisi yang sangat dibutuhkan ini untuk diet Anda.

Dengan kata lain, pisang juga dapat membantu memenuhi kebutuhan asam folat bagi Anda selama masa kehamilan.

5 dari 9 halaman

4. Memperlancar Pencernaan

Di masa kehamilan, mual mungkin bukan satu-satunya masalah yang dirasakan oleh ibu hamil. Kadang, sebagian dari mereka juga sering mengalami gangguan pencernaan. Gangguan pencernaan saat hamil merupakan kondisi yang disebabkan oleh produksi hormon yang meningkat. Gangguan pencernaan saat hamil akan ditandai dengan nyeri dada dengan sensasi rasa terbakar akibat naiknya asam lambung, yang biasanya muncul di trimester ketiga kehamilan.

Namun perlu diketahui manfaat buah pisang juga dapat mengatasi masalah pencernaan yang biasa terjadi di masa kehamilan. Ini karena, pisang merupakan buah yang kaya serat, yang merupakan nutrisi penting untuk pencernaan yang baik. Serat ekstra dalam makanan Anda dapat membantu Anda buang air besar secara teratur dan menghindari sembelit, yang umum terjadi selama kehamilan.

6 dari 9 halaman

5. Membantu Perkembangan Otak Janin

Setiap jaringan tubuh termasuk otak pada janin tengah mengalami perkembangan di masa kehamilan. Masa penting pembentukan otak janin adalah sejak hari ke-8 sampai akhir minggu ke-7 kehamilan, dan terus disempurnakan hingga lahir. Pada minggu ke-10 kehamilan, sel saraf otak telah tumbuh cepat hingga mencapai 250.000 sel saraf baru per menitnya.

Oleh karena itu, penting bagi ibu hamil untuk memperhatikan asupan nutrisinya demi membantu pembentukan otak janin. Perlu diketahui, manfaat buah pisang ternyata juga dapat membantu pembentukan otak janin. Ini karena pisang mengandung vitamin B6, zat besi, dan asam folat. Ketiga nutrisi tersebut merupakan nutrisi penting yang dibutuhkan bayi untuk perkembangan otak dan saraf yang sehat.

7 dari 9 halaman

6. Mencegah Mulas

Manfaat buah pisang juga dapat mencegah mulas di masa kehamilan. Ada berbagai penyebab rasa mulas yang terjadi di masa kehamilan, salah satunya adalah tingkat keasaaman di dalam organ pencernaan. Sementara itu, pisang diketahui dapat membantu menjaga tingkat keasaman di perut dan kerongkongan Anda turun, yang kemudian mencegah mulas.

8 dari 9 halaman

7. Sumber Energi

Seperti yang telah sedikit disebabkan sebelumnya, manfaat buah pisah juga bisa menjadi sumber energi bagi tubuh. Ini karena pisang mengandung karbohidrat dan gula yang tinggi, yang dapat memberi Anda dorongan energi yang cepat saat Anda merasa lelah. Apa lagi, di masa kehamilan, ibu hamil akan membutuhkan banyak energi, yang sering membuat sebagian mereka menjadi cepat lelah. Dengan mengonsumsi pisang secara rutin selama masa kehamilan, tentu akan membuat Anda tidak akan mudah lelah.

9 dari 9 halaman

8. Mejaga Tekanan Darah

Tekanan darah yang kemudian menjadi tinggi atau hipertensi, merupakan masalah yang umum dialami oleh ibu hamil. Hipertensi ini adalah tipe yang paling ringan, biasanya muncul setelah usia kehamilan 20 minggu, tanpa ditemukan adanya protein pada urin.

Yang kedua adalah preeklampsia. Preeklampsia adalah bentuk hipertensi kehamilan yang lebih berat daripada hipertensi gestasional. Preeklampsia ditandai dengan tekanan darah yang tinggi disertai adanya protein pada pemeriksaan urin.

Manfaat buah pisang diketahui dapat membantu mengatasi hipertensi selama masa kehamilan. Ini karena pisang dikenal memiliki kandungan potasium yang sangat tinggi. Di samping itu, pisang juga mengandung kalium, yang digunakan tubuh Anda untuk menjaga tekanan darah yang sehat. Makan pisang secara teratur dapat membantu menjaga tekanan darah Anda agar tidak terlalu berfluktuasi selama kehamilan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.