Sukses

Taqabbalallahu Minna Wa Minkum Shiyamana Wa Shiyamakum, Ini Arti dan Jawabannya

makna Taqabbalallahu minna wa minkum shiyamana wa shiyamakum beserta jawaban dan keutamaannya

Liputan6.com, Jakarta Taqabbalallahu minna wa minkum shiyamana wa shiyamakum adalah ungkapan bahasa Arab yang umum digunakan di kalangan umat Islam pada saat perayaan Idul Fitri dan Idul Adha. Ungkapan ini memiliki makna yang signifikan dan sangat penting dalam tradisi Islam. Intinya, itu adalah cara menyampaikan salam dan menunjukkan rasa terima kasih atas upaya yang dilakukan selama bulan Ramadhan.

Selama Ramadhan, umat Islam menjalankan puasa dari fajar hingga senja. Periode pengendalian diri dan dedikasi untuk berdoa ini merupakan aspek penting dari praktik Islam. Diyakini bahwa selama ini seseorang dapat mencapai pemurnian spiritual dan meningkatkan kedekatan mereka dengan Allah. Berakhirnya Ramadhan ditandai dengan perayaan Idul Fitri yang merupakan saat bersuka cita dan rasa syukur.

Taqabbalallahu minna wa minkum shiyamana wa shiyamakum juga merupakan cara mengakui upaya dan dedikasi yang dilakukan selama puasa Ramadhan. Dengan mengatakan kalimat ini, umat Islam menyampaikan salam satu sama lain dan mengungkapkan rasa terima kasih mereka karena dapat menjalankan bulan suci. Ungkapan ini juga membawa makna yang lebih dalam di luar perayaan Idul Fitri. Ini berfungsi sebagai pengingat bahwa tindakan kita hanya bermakna jika diterima oleh Allah. 

Memiliki makna yang dalam, berikut ini telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber makna Taqabbalallahu minna wa minkum shiyamana wa shiyamakum beserta jawaban dan keutamaannya, pada Jumat (3/3/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Arti Taqabbalallahu Minna Wa Minkum Shiyamana Wa Shiyamakum dan Jawabannya

Ungkapan "Taqabbalallahu minna wa minkum" adalah ungkapan bahasa Arab yang biasa digunakan oleh umat Islam pada perayaan Idul Fitri dan Idul Adha. Ini diterjemahkan menjadi "Semoga Allah menerima dari kami dan dari Anda."

Kata tambahan “shiyamana wa shiyamakum” artinya “puasa kami dan puasa kalian”, jadi kalimat lengkapnya “Taqabbalallahu minna wa minkum shiyamana wa shiyamakum” artinya “Semoga Allah menerima dari kami dan dari kalian puasa kami dan puasa kalian”.

Ungkapan ini biasanya digunakan sebagai salam antar umat Islam selama perayaan Idul Fitri, sebagai cara untuk mengakui dan menunjukkan rasa terima kasih atas upaya yang dilakukan selama bulan Ramadhan.

 

Jawaban Taqabbalallahu Minna Wa Minkum Shiyamana Wa Shiyamakum

Balasan yang tepat untuk ungkapan “Taqabbalallahu minna wa minkum shiyamana wa shiyamakum” adalah “Amin, wa antum fa jazakumullahu khayran” yang berarti “Amin, dan semoga Allah juga memberikanmu kebaikan yang berlipat-lipat”. Hal ini menunjukkan harapan kita bahwa Allah menerima ibadah puasa kita dan memberikan balasan yang baik untuk kita semua.

3 dari 3 halaman

Keutamaan Mengatakan Taqabbalallahu Minna Wa Minkum Shiyamana Wa Shiyamakum

Mengatakan "Taqabbalallahu minna wa minkum shiyamana wa shiyamakum" memiliki keutamaan dalam agama Islam, terutama selama perayaan Hari Raya Idul Fitri dan Idul Adha. Beberapa keutamaan tersebut antara lain:

1. Mempererat hubungan antar sesama muslim. Dalam agama Islam, menjaga hubungan baik antar sesama muslim sangat ditekankan, dan mengucapkan salam seperti ini dapat membantu mempererat hubungan sosial dan kekeluargaan antar umat muslim.

2. Menunjukkan rasa syukur. Dengan mengucapkan "Taqabbalallahu minna wa minkum shiyamana wa shiyamakum," seseorang menunjukkan rasa syukur atas kesempatan yang diberikan Allah untuk dapat melaksanakan ibadah puasa selama sebulan penuh.

3. Meningkatkan motivasi untuk berbuat kebaikan. Mengucapkan salam ini juga dapat memberikan motivasi kepada orang yang mendengarnya untuk terus berbuat kebaikan dan meningkatkan amal ibadahnya.

4. Mendapat pahala dari Allah. Dalam hadis riwayat Abu Dawud, Rasulullah SAW bersabda, "Apabila seorang muslim mengucapkan selamat atas kebahagiaan saudaranya, maka malaikat akan mendoakan keselamatan baginya selama ia tidak melebihi batas." Dengan mengucapkan "Taqabbalallahu minna wa minkum shiyamana wa shiyamakum," seseorang berharap dapat mendapatkan pahala dari Allah SWT dan mendapat doa dari malaikat sebagai balasan atas kebaikan yang telah dilakukan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.