Sukses

Wali Songo yang Terkenal Aktif Berdakwah Melalui Kesenian adalah Sunan Kalijaga

Sunan Kalijaga menggunakan seni dan budaya seperti seni wayang, gamelan, tari, dan nyanyian untuk berdakwah.

Liputan6.com, Jakarta - Wali songo adalah sembilan orang ulama yang dikenal sebagai penyebar agama Islam di Jawa pada abad ke-15 dan ke-16. Wali songo yang terkenal aktif berdakwah melalui saluran kesenian adalah Sunan Kalijaga dan Sunan Bonang.

Akan tetapi, banyak sumber yang menyebut bahwa Sunan Kalijaga lebih terkenal berdakwah dengan kesenian daripada Sunan Bonang. Sunan Kalijaga menggunakan seni dan budaya sebagai sarana untuk berdakwah, seperti seni wayang, gamelan, tari, dan nyanyian.

Ia wali songo yang terkenal aktif berdakwah melalui saluran kesenian, yakni dengan memasukkan pesan-pesan Islam ke dalam cerita wayang dan mengembangkan tari-tarian dan musik gamelan yang mencerminkan keindahan dan keharmonisan ajaran Islam.

Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam tentang wali songo yang terknal aktif berdakwah melalui saluran kesenian, Kamis (16/2/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Wali Songo yang Terkenal Aktif Berdakwah Melalui Saluran Kesenian

Sosok Sunan Kalijaga atau Raden Mas Syahid

Sunan Kalijaga dengan nama asli Raden Sahur Tumenggung Wilatikta (Raden Mas Syahid) adalah wali songo yang terkenal aktif berdakwah melalui saluran kesenian. Julukannya di tanah Jawa adalah Ki Dalang Sida Brangti, Ki Dalang Bengkok, Ki Dalang Kumendung, atau Ki Unehan.

Dalam buku berjudul Mengenal Wali Songo (2013) oleh Hetti Restianti, nama lain dari Sunan Kalijaga adalah Lokajaya, Syekh Malaya, Pangeran Tuban, dan Raden Abdurrahman.

Sejarah mencatat perjalanan Sunan Kalijaga sebagai wali songo yang terkenal aktif berdakwah dengan pendekatan seni dan budaya. Sosoknya dikenal sangat mahir mendalang dan menggelar pertunjukan wayang kulit.

Dalam buku berjudul Atlas Wali Songo (2016) oleh Agus Sunyoto, wali songo yang terkenal aktif berdakwah melalui saluran kesenian seperti Sunan Kalijaga ini memulai dakwah di Cirebon, Desa Kalijaga. Mahir melakukan pertunjukkan wayang, Raden Mas Syahid tidak mematok tarif bagi penontonnya.

Cara Berdakwah Sunan Kalijaga Melalui Kesenian

Tiket masuk untuk pertunjukan wayang Sunan Kalijaga adalah cukup dengan menyebut Kalimosodo atau dua kalimat syahadat. Ini adalah dakwah yang dilakukannya melalui saluran kesenian.

Maka dari itu, para penonton pertunjukan wayang wali songo yang aktif berdakwah melalui saluran kesenian ini, akan langsung masuk Islam atau memeluk agama Islam. Perlahan, syariat Islam pun dikenalkan oleh Sunan Kalijaga ini.

Wali songo yang berdakwah melalui saluran kesenian terbilang sukses, karena masyarakat pada masa itu sangat menyukai seni. Dalam buku berjudul Kesenian Sebagai Media Dakwah Sunan Kalijaga oleh Widhi Salikha, Sunan Kalijaga memanfaatkan kesenangan warga pada seni.

Masyarakat Jawa yang sudah mengikrarkan syahadat, kemudian dikenalkan dengan syariat Islam. Wali songo yang berdakwah melalui saluran kesenian ini, melakukannya dengan mengganti kisah Hindu pada pertunjukan wayang kulit dengan kisah-kisah Islami.

Dalam buku berjudul Intisari SKI (Sejarah Kebudayaan Islam) (2020) oleh Siti Wahidoh, kesenian wayang kulit yang awalnya berisi kisah-kisah cerita Hindu, oleh Sunan Kalijaga, kisah-kisah tersebut diganti dengan kisah-kisah yang berisikan ajaran islam.

Sunan Kalijaga tidak hanya aktif berdakwah dengan wayang hingga Islam terintegrasi dengan budaya Jawa. Keberhasilan wali songo yang aktif berdakwah melalui saluran kesenian ini didukung pula oleh gamelan, tari, dan nyanyian.

3 dari 3 halaman

Wali Songo yang Aktif Berdakwah Lainnya

Jika sudah memahami wali songo yang aktif berdakwah melalui saluran kesenian adalah Sunan Kalijaga, kemudian ketahui cara dakwah delapan wali songo di Indonesia. Ini penjelasannya yang Liputan6.com lansir dari berbagai sumber:

- Sunan Ampel

Sunan Ampel adalah wali songo yang terkenal aktif berdakwah dengan memberikan ceramah di masjid dan membina masyarakat Muslim melalui pesantren. Ia juga menggunakan metode dakwah bil hal (dakwah melalui perilaku), di mana ia menunjukkan kesalehan dan kebaikan dalam kehidupan sehari-harinya.

- Sunan Giri

Sunan Giri adalah wali songo yang terkenal aktif berdakwah dan dikenal sebagai seorang ahli tafsir yang menafsirkan Al-Quran dalam bahasa Jawa dan menggunakan bahasa Jawa dalam berdakwah. Ia juga mendirikan pesantren dan membina murid-muridnya dengan penuh kasih sayang.

- Sunan Bonang

Sunan Bonang adalah wali songo yang terkenal aktif berdakwah dengan balutan ilmu tasawuf melalui seni gamelan dan wayang kulit. Ia dikenal sebagai penyebar ajaran tasawuf di Jawa.

- Sunan Drajat

Sunan Drajat adalah wali songo yang terkenal aktif berdakwah di Jawa dan dikenal sebagai seorang ahli dalam ilmu fikih dan tarekat. Ia aktif memberikan ceramah dan membina masyarakat Muslim melalui pesantren.

- Sunan Muria

Sunan Muria adalah wali songo yang terkenal aktif berdakwah dengan memberikan ceramah di masjid dan membina masyarakat Muslim melalui pesantren. Ia juga menggunakan metode dakwah bil hal dan aktif membantu masyarakat dalam berbagai aspek kehidupan.

- Sunan Kudus

Sunan Kudus adalah wali songo yang terkenal aktif berdakwah dan dikenal sebagai ulama yang ahli dalam bidang fikih dan tarekat. Ia juga aktif memberikan ceramah dan membina masyarakat Muslim melalui pesantren.

- Sunan Gunung Jati

Sunan Gunung Jati adalah wali songo yang terkenal aktif berdakwah dengan mendirikan pesantren dan mengajarkan ajaran Islam, menggunakan bahasa Sunda. Ia juga mengembangkan seni ukir dan membangun masjid-masjid yang megah di Jawa Barat.

- Sunan Maghribi

Maulana Maghribi adalah wali songo yang terkenal aktif berdakwah dengan mendirikan pondok pesantren, Nama aslinya Maulana Malik Ibrahim. Ia memulai dakwah pertama kali di Desa Sembalo, desa yang masih berada dalam wilayah kekuasaan Majapahit.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.