Sukses

4 Cara Membuat Foto Siluet yang Estetik, untuk Foto Profil Media Sosial

Cara membuat foto siluet dapat menampilkan berbagai jenis subjek, seperti manusia, hewan, atau benda mati, dan bisa diambil dari berbagai sudut dan posisi.

Liputan6.com, Jakarta Foto siluet merupakan gambaran objek atau subjek sebagai bentuk hitam yang jelas dan tegas, dengan latar belakang yang diisi dengan warna cerah atau kontras yang membuat siluet menjadi lebih menonjol. Cara membuat foto siluet dapat menampilkan berbagai jenis subjek, seperti manusia, hewan, atau benda mati, dan bisa diambil dari berbagai sudut dan posisi. 

Cara membuat foto siluet merupakan cara yang kreatif dan menarik untuk menghasilkan gambar yang menakjubkan. Salah satu ciri khas dari foto siluet adalah kekuatan visualnya dalam menonjolkan bentuk subjek dengan mempertegas garis-garis dan kurva yang terbentuk oleh objek atau subjek, sehingga menciptakan kesan dramatis dan estetika yang unik. Warna cerah pada latar belakang seringkali memberikan kontras yang kuat dan menonjolkan siluet secara lebih jelas, sehingga memperkuat kesan visual yang dihasilkan oleh foto siluet. 

Cara membuat foto siluet merupakan hasil karya yang artistik dan menarik, yang dapat menunjukkan keindahan dan kreativitas yang dimiliki seorang fotografer maupun editor foto. Berikut cara membuat foto siluet yang dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu (15/2/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Cara Membuat Foto Siluet dengan Pemilihan Angle Foto

Foto siluet menggambarkan objek atau orang sebagai siluet hitam yang terlihat tegas, sementara latar belakangnya diisi dengan warna cerah yang kontras. Berikut adalah cara membuat foto siluet dengan memanfaatkan angle foto.

1. Pilih Objek dan Latar Belakang

Tentukan objek apa yang ingin dijadikan sebagai siluet. Objek dapat berupa benda, manusia, hewan, atau apapun yang menarik. Pastikan untuk memilih objek yang kontras dengan latar belakang, sehingga akan memudahkan cara membuat foto siluet.

2. Atur pencahayaan

Pastikan pencahayaan di belakang objek cukup agar dapat menciptakan siluet yang jelas. Objek perlu ditempatkan di depan cahaya dengan sudut yang pas, atau atur pencahayaan dengan menggunakan lampu belakang atau cahaya matahari yang tepat.

3. Ambil Gambar

Saat mengambil gambar, pastikan objek berada di tengah sumber cahaya dan ambil gambar di sudut yang tepat. Atur fokus pada objek dan pastikan objek tidak bergerak atau goyang ketika memotret, agar hasilnya lebih tajam.

Langkah 4: Edit gambar

Setelah mengambil gambar, langkah selanjutnya adalah mengedit gambar. Proses ini bertujuan untuk menambah atau mengurangi kontras gambar. Proses ini juga dapat mengedit proporsi foto dan tone warna foto. 

5. Simpan gambar

Setelah selesai mengedit gambar, simpan gambar dalam format yang sesuai dengan kebutuhan , seperti JPEG, PNG, atau format lain.

3 dari 5 halaman

Cara Membuat Foto Siluet dengan Photoshop

Cara membuat foto siluet juga dapat dilakukan dengan mengedit foto yang sudah ada dan mengeditnya di aplikasi edit foto seperti PhotoShop. Berikut langkah cara membuat foto siluet dengan PhotoShop.

1. Buka aplikasi edit foto PhotoShop, selanjutnya buat dokumen baru di photoshop tersebut dengan rincian berikut.

- Width 600 pixels

- Height 600 pixel

- Resolution 300 pixel/inch

- Color Mode RGB Color 8 bit

- Background Content White

2. Buka foto yang akan di buat siluet.

3. Pastikan layer foto aktif, lalu tekan Ctrl + Shift + L, agar objek lebih gelap dan background lebih terang.

4. Gunakan Quick selection Tool (W) untuk mengambil objek yang akan dijadikan siluet.J

5. Tekan Ctrl + J agar objek yang diambil menjadi layer baru. Hilangkan icon mata pada layer foto.

6. Lakukan double click pada layer 1 untuk memunculkan jendela layer effect, lalu pilih Color Overlay dan kemudian ganti warnanya menjadi hitam, lalu klik OK. Maka warnanya akan menjadi hitam semua.

7. Untuk merapikan bagian pinggir foto, gunakan Polygonal Lasso Tool (L) dan Eraser Tool (E), dan edit bentuk sesuai keinginan.

4 dari 5 halaman

Cara membuat Foto Siluet dengan Aplikasi PicSay

Cara membuat foto siluet dengan menggunakan aplikasi PhotoShop mungkin terlalu rumit untuk orang awam. Pasalnya, PhotoShop dirancang untuk para photografer dan editor foto profesional. Namun saat ini sudah banyak aplikasi edit foto yang lebih sederhana cara pengoprasiannya, salah satunya Aplikasi Picsay yang merupakan aplikasi berbasis mobile. Berikut cara membuat foto siluet dengan aplikasi PicSay.

1. Buka aplikasi PicSay di perangkat mobile.

2. Buat foto putih untuk dijadikan background

2. Tab Effect, kemudian Insert Picture dan pilih foto yang akan anda buat siluet.

3. Jika foto telah ada, tab icon penghapus dan hapus background foto hingga objek yang akan dijadikan siluet.

4. Apabila dirasa telah rapi maka tab Done, lalu save hasil foto yang telah dihapus backgroundnya dengan cara tab Done kemudian tab Yes. Jika sudah, tab Undo.

5. Masukkan kembali yang tadi dengan cara tab Effect > Insert Picture.

6.Tab Cut Out > Effect > Black & White.Tarik hingga mentok ke kanan, lalu tab Done > Save.

5 dari 5 halaman

Cara membuat Foto Siluet dengan Aplikasi Picsart

Selain aplikasi PicSay, cara membuat foto siluet juga dapat dilakukan dengan aplikasi mobile Picsart. Berikut cara membuat foto siluet dengan menggunakan aplikasi Picsart.

1. Buka aplikasi Picsart di perangkat mobile, kemudian tab Draw.

2. Selanjutnya akan muncul tampilan maka tab Blank. Jika sudah, kemudian atur ukuran kanvas menjadi 1536 x 1536.

3.Tambahkan foto yang akan dibuat siluet dengan tab ikon foto yang dilingkari. 

4. Hapus bagian yang diinginkan. Untuk mempermudah menghapus zoom gambar tersebut agar lebih rapi.

5. Jika sudah selesai menghapus, klik tanda + maka akan ada tampilan opsi dan pilihlah Empty Layer. Setelah itu akan muncul lembar kerja baru, dan dapat menambahkan warna.

6. Setelah background telah diberi warna hitam, urutkan posisinya yaitu layer putih > Objek > layer hitam. Jika sudah benar posisinya, letakkan kursor pada layer putih. 

7. Pilih opsi layout yang ada di sebelah ikon cat dan pilih XOR. Selanjutnya pilih ikon garis tiga yang ada di bawah ikon centang, maka akan muncul opsi dan pilih opsi Merge.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.