Sukses

Apa Itu Webinar? Ini Definisi dan Kegiatannya

Apa itu webinar adalah singkatan dari web seminar atau sama dengan seminar online.

Liputan6.com, Jakarta - Webinar adalah kegiatan sosial yang dilakukan secara online atau virtual. Memanfaatkan media berbasis audio dan visual, seperti aplikasi hingga website. Apa itu webinar adalah singkatan dari web seminar atau sama dengan seminar online.

Webinar dapat direkam dan ditonton kembali, sehingga para pesertanya dapat memperoleh informasi yang hilang atau mengulang informasi yang sudah didapat. Ini lebih baik daripada seminar biasa.

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) mendefinisikan apa itu webinar adalah pertemuan atau persidangan untuk membahas suatu masalah di bawah pimpinan ahli (guru besar, pakar, dan sebagainya) yang dilakukan dengan sistem yang terhubung dengan internet.

Popularitas webinar di Indonesia tercatat dimulai pada tahun 2010 seiring dengan perkembangan teknologi dan penggunaan internet. Kegiatan dengan apa itu webinar dan seminar pun mulai meluas ke berbagai bidang, seperti pendidikan, bisnis, perusahaan, pemerintahan, dan lain sebagainya.

Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam tentang apa itu webinar dan webinar Zoom, Senin (13/2/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Apa Itu Webinar?

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) mendefinisikan apa itu webinar dengan pertemuan atau persidangan untuk membahas suatu masalah di bawah pimpinan ahli (guru besar, pakar, dan sebagainya) yang dilakukan dengan sistem yang terhubung dengan internet.

Webinar dinilai oleh para ahli mampu menghemat waktu dan biaya, lalu dapat diikuti oleh siapa saja, dimanapun dan kapan saja, selama mereka memiliki akses ke internet. Keistimewaan webinar daripada seminar adalah webinar dapat direkam dan ditonton kembali, sehingga para peserta dapat memperoleh informasi yang hilang atau mengulang informasi yang sudah didapat.

Dalam buku berjudul Manajemen Sumber Daya: Pembelajaran Bahasa Berbantuan Komputer (2019) oleh Amri Tanduklangi dan Carlina Amri, apa itu webinar adalah berupa seminar video berbasis web yang diselenggarakan melalui platform live seperti Skype, Google Meet, Zoom, Big Blue Button, WebEx, dan lainnya.

Para ahli yang Liputan6.com lansir dari berbagai sumber, menyebut bahwa webinar sama dengan bentuk komunikasi online karena memungkinkan peserta berinteraksi langsung dengan presenter atau pemateri. Sebagai platform pembelajaran yang dimanfaatkan guru untuk mengajar murid online secara real-time.

Apa itu webinar adalah alat presentasi yang cukup efektif. Para ahli bisnis dan pemasaran menganggap webinar sebagai alat presentasi yang efektif dan berguna untuk mempromosikan produk atau layanan, menjelaskan ide dan konsep, dan menjangkau audiens yang tersebar di seluruh dunia.

Kegiatan Webinar

Kegiatan dalam sebuah webinar sama persis dengan seminar. Liputan6.com lansir dari berbagai sumber, kegiatan webinar sebagai berikut:

-  Presentasi

Pemateri dalam apa itu webinar, akan menyampaikan informasi, mempresentasikan produk, layanan atau ide melalui slide presentasi, video, atau media lainnya.

- Diskusi

Pemateri dan peserta dalam sebuah webinar, sejatinya dapat berdiskusi dan berbagi pandangan melalui fitur tanya jawab, chatting, atau suara.

- Interaksi

Peserta dapat berinteraksi dengan pemateri dan dengan sesama peserta melalui fitur seperti polling, survei, atau kolom komentar ketika webinar berlangsung.

- Pemutaran video

Pemateri seperti apa itu webinar, dapat memutar video untuk menunjukkan demo produk, tutorial, atau memperlihatkan suatu proses.

- Sharing file

Pemateri dapat membagikan file seperti slide presentasi, dokumen, atau gambar kepada peserta melalui fitur file sharing dalam sebuah webinar.

Mengikuti kegiatan webinar baik sebagai peserta atau pemateri di masa sekarang, sangat lumrah dilakukan. Aplikasi webinar paling populer di Indonesia adalah Zoom.

3 dari 3 halaman

Apa Itu Webinar Zoom?

Webinar dengan aplikasi Zoom atau mengakses situs website resmi Zoom ini yang disebut dengan apa itu webinar Zoom. Webinar ini dilakukan menggunakan media aplikasi Zoom yang bisa diakses dengan mudah melalui perangkat smartphone, personal computer, dan laptop.

Popularitas apa itu webinar Zoom adalah mulai tahun 2020 saat pandemi COVID-19 mengharuskan pemerintah menerapkan pembatasan kegiatan masyarakat. Seperti kegiatan di kantor, sekolah, kampus, tempat ibadah, dan berbagai pertemuan secara tatap muka dibatasi.

Keberadaan webinar Zoom ini yang pada masa itu menjadi jawaban dari cara mudah bertemu, berdiskusi, hingga belajar bersama secara real-time melalui media online. Liputan6.com lansir dari berbagai sumber, banyak pengguna yang nyaman dan tidak kesulitann menggunakan aplikasi Zoom untuk mengikuti atau mengadakan webinar.

Kelebihan Webinar Zoom

Selain yang sudah disebutkan, apa itu webinar Zoom juga memiliki sejumlah kelebihan. Ini penjelasannya melansir dari berbagai sumber:

- Kemudahan penggunaan

Aplikasi Zoom memiliki antarmuka yang mudah digunakan dan mempermudah para pengguna untuk mengatur dan menyelenggarakan webinar.

- Fitur yang lengkap

Zoom menawarkan fitur seperti video conferencing, screen sharing, file sharing, dan lain-lain yang mempermudah para pengguna dalam melakukan kegiatan webinar.

- Aksesibilitas

Aplikasi Zoom tersedia di berbagai platform seperti desktop, laptop, tablet, dan ponsel, sehingga para pengguna dapat mengakses aplikasi ini dari mana saja dan kapan saja.

- Kualitas video dan audio yang baik

Zoom memiliki kualitas video dan audio yang baik, sehingga para pengguna dapat melakukan komunikasi dan presentasi dengan jelas dan tepat.

- Keamanan

Aplikasi Zoom memiliki beberapa fitur keamanan yang memastikan privasi para pengguna dan menjamin keamanan data yang dibagikan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.