Sukses

10 Manfaat Magnesium Oil, Alternatif Obat Topikal untuk Berbagai Masalah Kesehatan

Manfaat magnesium oil biasanya dioleskan pada kulit, kemudian akan terserap oleh tubuh dan meningkatkan tingkat magnesium dalam tubuh.

Liputan6.com, Jakarta Magnesium oil adalah cairan yang terdiri dari magnesium chloride dan air yang digunakan secara topikal. Magnesium oil sebenarnya bukan minyak, tetapi teksturnya yang licin seperti minyak membuatnya disebut magnesium oil. Manfaat magnesium oil biasanya dioleskan pada kulit, kemudian akan terserap oleh tubuh dan meningkatkan tingkat magnesium dalam tubuh.

Magnesium adalah mineral penting yang memainkan peran vital dalam berbagai fungsi tubuh, seperti kesehatan jantung, otak, tulang, dan otot. Kekurangan magnesium dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, seperti sakit kepala, stres, dan kram otot. Manfaat magnesium oil yang digunakan secara topikal dapat membantu mengatasi kekurangan magnesium dan membantu meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Manfaat magnesium oil menjadi alternatif obat topikal yang dapat mengatasi kekurangan magnesium dalam tubuh. Berikut manfaat magnesium oil yang dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu (8/2/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Manfaat Magnesium Oil

1. Mengurangi Stres 

Manfaat magnesium oil yang pertama adalah untuk mengatasi stres. Magnesium adalah mineral yang memainkan peran penting dalam kesehatan mental dan fisik. Kekurangan magnesium dapat menyebabkan stres dan kecemasan. Aplikasi magnesium oil secara topikal dapat membantu meningkatkan tingkat magnesium dalam tubuh dan mengurangi tingkat stres dan kecemasan.

2. Meningkatkan Kualitas Tidur

Magnesium membantu menenangkan sistem saraf dan membuat seseorang merasa lebih rileks. Oleh karena itu, magnesium oil dapat membantu meningkatkan kualitas tidur. Aplikasi magnesium oil sebelum tidur dapat membantu meningkatkan kualitas tidur dan membuat Anda merasa lebih baik pada pagi hari.

3. Meredakan Nyeri 

Magnesium memainkan peran penting dalam kesehatan tulang dan sendi. Kekurangan magnesium dapat menyebabkan nyeri dan kaku otot. Aplikasi magnesium oil secara topikal pada bagian tubuh yang terasa nyeri dan kaku dapat membantu meredakan nyeri dan membantu meringankan gejala artritis.

4. Meningkatkan Fleksibilitas Otot

Magnesium memainkan peran penting dalam kontraksi dan relaksasi otot. Kekurangan magnesium dapat menyebabkan kekakuan dan kelelahan otot. Aplikasi magnesium oil secara topikal dapat membantu meningkatkan fleksibilitas otot dan memperbaiki fungsi otot.

5. Meningkatkan Kesehatan Kulit

Manfaat magnesium oil jug dapat digunakan untuk memelihara kesehatan kulit.  Kekurangan magnesium memang dapat menyebabkan masalah kulit seperti eksim dan jerawat. Aplikasi magnesium oil secara topikal dapat membantu meningkatkan kesehatan kulit dan membantu mengatasi masalah kulit.

3 dari 5 halaman

Manfaat Magnesium Oil

6. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Magnesium memainkan peran penting dalam kesehatan jantung dan membantu menjaga tekanan darah stabil. Aplikasi magnesium oil secara topikal dapat melacarkan peredaran darah dan meningkatkan kesehatan jantung. Dengan begitu resiko penyakit jantung dapat dihindari.

7. Membantu Meredakan Migrain

Magnesium memainkan peran penting dalam mengurangi frekuensi dan intensitas migrain. Aplikasi magnesium oil secara topikal dapat membantu meredakan migrain dan membantu mengurangi frekuensi dan intensitas migrain.

8. Meningkatkan Fungsi Otak

Magnesium memainkan peran penting dalam meningkatkan kinerja otak dan membantu memperbaiki memori dan konsentrasi. Aplikasi magnesium oil secara topikal dapat membantu meningkatkan fungsi otak dan membantu memperbaiki memori dan konsentrasi.

9. Membantu Meredakan PMS

Manfaat magnesium juga dapat meredakan gejala PMS, seperti sakit kepala, nyeri panggul, dan mood swings. Aplikasi magnesium oil secara topikal dapat membantu meredakan gejala PMS dan membantu mengurangi tingkat stres dan kecemasan selama masa PMS.

10. Meningkatkan Kesehatan Gigi dan Tulang

Magnesium memainkan peran penting dalam kesehatan gigi dan tulang. Kekurangan magnesium dapat menyebabkan masalah gigi dan tulang seperti tulang rapuh dan gigi goyah. Aplikasi magnesium oil secara topikal dapat membantu meningkatkan kesehatan gigi dan tulang dan membantu memperbaiki fungsi gigi dan tulang.

4 dari 5 halaman

Manfaat Magnesium Oil: Cara Aplikasi

Manfaat magnesium oil dapat dirasakan oleh tubuh jika diaplikasikan dengan cara yang benar. Berikut langkah untuk menggunakan magnesium oil agar hasilnya maskimal.

1. Pastikan kulit bersih dan kering sebelum mengaplikasikan magnesium oil.

2. Tuangkan magnesium oil ke telapak tangan dan oleskan pada kulit yang bersih dan kering. Magnesium oil dapat dioleskan pada bagian tubuh, seperti betis, lengan atau punggung.

3. Pijat magnesium oil ke kulit dengan lembut akan membantu mempercepat penyerapan magnesium oleh tubuh.

4. Tunggu sekitar 10-15 menit sebelum membersihkan magnesium oil dengan air. Magnesium oil biasanya tidak lengket dan tidak meninggalkan bekas pada baju atau kain.

5. Terapkan magnesium oil secara rutin sesuai kebutuhan, beberapa orang memerlukan aplikasi lebih sering daripada yang lain.

5 dari 5 halaman

Manfaat Magnesium Oil: Efek Samping

Seperti obat alternatif lainnya, manfaat magnesium oil juga memiliki efek samping yang perlu diwaspadai. Itu sebabnya penting untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum menggunakan magnesium oil dan memonitor reaksi tubuh terhadap produk ini. Sebaiknya berhenti menggunakan magnesium oil jika mengalami reaksi alergi atau masalah kesehatan lainnya. Berikut beberapa efek samping yang mungkin terjadi setelah menggunakan magnesium oil.

1. Iritasi Kulit

Beberapa orang mungkin mengalami iritasi kulit setelah menggunakan magnesium oil, terutama jika mereka memiliki kulit yang sensitif.

2. Overdosis Magnesium

Terlalu banyak magnesium dapat menyebabkan masalah kesehatan, seperti mual, diare, dan depresi jantung. Overdosis magnesium biasanya terjadi setelah mengonsumsi magnesium secara internal atau melalui aplikasi topikal yang terlalu sering.

3. Interaksi dengan Obat

Magnesium oil dapat memengaruhi efektivitas beberapa obat, seperti obat tekanan darah tinggi dan antidepresan. Sebaiknya berkonsultasi dengan dokter sebelum menggunakan magnesium oil jika sedang mengonsumsi obat tertentu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.