Sukses

Suku di India Bikin Ekstrak Racun Ular untuk Pengobatan, Cara Buatnya Ini Viral

Video yang memperlihatkan anggota suku Irula mengekstrak racun ular untuk pengobatan ini viral di India.

Liputan6.com, Jakarta Binatang melata seperti ular, umumnya ditakuti oleh manusia. Tapi, ada beberapa orang di dunia yang hidup tanpa rasa takut dengan binatang tersebut. Pria ini salah satunya. Sebuah video yang menjadi viral di media sosial memperlihatkan seorang pria mengekstrak racun ular untuk dibuat pengobatan.

Pria dalam video yang diunggah oleh akun Twitter @supriyasahuias merupakan anggota suku Irula. Ia terlihat tengah mengekstrak racun ular. Melansir India Times, suku Irula adalah sebuah kelompok etnis di Tamil Nadu, India. Mereka telah memperoleh izin khusus dari pemerintah untuk mengekstrak bisa ular.

Nantinya, racun ular tersebut akan digunakan untuk tujuan pengobatan. Dalam video, seorang pria di Kancheepuram terlihat memegang ular berbisa Russell dengan tangan kosong untuk mengekstrak racunnya dalam gelas kimia setelah reptil itu menempel di atasnya.

Pria itu, dengan acuh tak acuh, melakukan pekerjaan itu tanpa melukai ular tersebut. Simak ulasan lengkapnya yang telah dirangkum Liputan6.com dari laman Twitter @supriyasahuias, Senin (30/1/2023).

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Terkenal hebat dalam menangkap ular

Video yang berdurasi 25 detik tersebut dibagikan oleh petugas IAS Supriya Sahu di Twitter. Kini video tersebut telah ditonton lebih dari 8,5ribu kali.

"Tidak kalah menariknya melihat suku Irula mengekstrak racun ular dari ular seperti Cobra, ular beludak Russell, Krait dll, tanpa melukai mereka. Racun dijual ke perusahaan Farmasi untuk membuat Anti Bisa Ular. Didirikan pada tahun 1978, Irula Snake Catcher's Society memiliki 300 anggota," tulis pemilik akun @supriyasahuias pada keterangan video.

Dilansir India Times, suku Irula merupakan salah satu komunitas adat tertua di India. Orang-orang yang tergabung dalam komunitas tersebut tinggal di sepanjang perbatasan Tamil Nadu dan Kerala. Mereka dikenal sebagai spesialis dalam pengobatan herbal tradisional dan praktik penyembuhan.

Suku Irula terkenal dengan kehebatannya dalam menangkap ular. Seiring dengan pengetahuan mereka dalam pengobatan, mereka populer untuk menangkap dan mengeluarkan racun dari ular berbahaya.

 

3 dari 4 halaman

Hasil ekstraknya selamatkan nyawa manusia

Masyarakat penangkap ular Irula dilaporkan memiliki sekitar 300 anggota yang bekerja untuk menyelamatkan nyawa orang-orang di India Selatan. Tidak hanya India, mereka populer di seluruh dunia. Kehebatan dalam menangkap ular membuat mereka mendapat undangan dari Komisi Konservasi Ikan dan Margasatwa Florida pada tahun 2017.

Dua anggotanya juga ikut berpartisipasi dalam proyek internasional yang bertujuan untuk membatasi masalah ular sanca Burma yang menyebar luas di Taman Nasional Everglades.

Ular yang sangat besar itu telah membentuk populasi berkembang biak yang besar di Everglades, dan mengancam populasi mamalia kecil yang terancam punah di taman nasional. Selama rentang waktu dua bulan, kedua anggota menangkap 34 ular piton, lapor BBC.

4 dari 4 halaman

Saksikan videonya berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.