Sukses

Buku Yasin Isi 128. 176 dan 256 Halaman, Ini Letak Perbedaannya

Perbedaan buku yasin isi 128, 176 dan 256 halaman yang umum beredar di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta Buku Yasin merupakan salah satu hal yang melekat erat dengan masyarakat muslim di Indonesia, dimana Buku Yasin umumnya dicetak sebagai cinderamata bagi jamaah, saudara atau teman yang hadir saat acara tahlilan. Akrab dengan masyarakat, anda bisa menemukan percetakan Buku Yasin dengan mudah di Indonesia.

Dalam mencetak Buku Yasin untuk acara tahlilan, umumnya Buku Yasin bisa dirancang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan. Namun tetap dengan mengikuti standar yang telah berlaku, dimana Buku Yasin harus tetap memperhatikan daftar isi yang harus mencakup aspek-aspek penting dalam Buku Yasin yang dibuat.

Rancangan dan aturan dasar yang telah dibuat sedemikian rupa, dapat mempermudah pembaca buku yasin, terutama mereka yang masih awam dan kurang hafal. Di Indonesia sendiri Buku Yasin umumnya terdiri dari tiga kelompok yang memiliki perbedaan dari segi jumlah halaman dan isinya. 

Untuk lebih memahami apa saja perbedaan dari tiga kelompok buku yasin yang ada, berikut ini telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber pada Rabu (25/1/2023). Perbedaan buku yasin isi 128, 176 dan 256 halaman yang umum beredar di Indonesia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Perbedaan Buku Yasin Isi 128, 176 dan 256 Halaman

Perbedaan Buku Yasin Isi 128, 176 dan 256 Halaman

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, buku yasin dibagi menjadi 3 kelompok. Ada buku Yasin halaman 128, 176 dan buku Yasin 256 halaman. Selain jumlah halaman ketiga buku Yasin tersebut juga memiliki perbedaan di bagian isinya. Berikut penjelasannya.

A. Buku Yasin 128 Halaman

Buku Yasin isi 128 halaman adalah jenis buku Yasin yang paling tipis diantara buku Yasin yang lainnya dan paling laris dipasaran. Salah satu faktor yang membuat buku ini laris adalah harganya yang lebih murah daripada buku Yasin lainnya. 

Selain jumlah halaman, buku Yasin 128 halaman juga memiliki beberapa perbedaan daripada jenis buku Yasin lainnya. Adapun perbedaan buku Yasin ini dengan yang lainnya adalah dari isinya. Isi buku Yasin 128 halaman ini terdiri dari :

1. Daftar isi

2. Fadhilah dan keutamaan surat Yasin

3. Surat Yasin

4. Doa surat Yasin

5. Doa tahlil

6. Surat-surat pendek

 

B. Buku Yasin 176 Halaman

Selanjutnya adalah buku Yasin isi 128 halaman, buku yasin ini terbilang popular dan juga laris di pasaran. Buku Yasin yang satu ini merupakan jenis buku Yasin yang dijual dengan harga tidak terlalu murah dan juga tidak terlalu mahal. 

Isinya juga bisa dibilang lebih komplit daripada jenis buku Yasin 128 halaman. Dimana pada buku yasin 176 halaman ini isi didalamnya tidak hanya terdiri dari 6 komponen, namun 12 komponen yang terdiri dari :

1. Daftar Isi

2. Surat Al Fatihah

3. Surat al ikhlas

4. Surat al falaq

5. Surat annas

6. Ayat qursi

7. Fadilah surat Yasin

8. Surat Yasin

9. Doa Surat Yasin

10. Doa tahlil

11. Doa-doa pendek

12. Asmaul husna

 

C. Buku Yasin 256 Halaman

Kelompok buku Yasin yang ketiga adalah jenis buku Yasin yang paling lengkap dan juga paling mahal harganya. Di dalam buku yasin 256 halaman ini, tidak hanya mendapatkan daftar isi, anda bisa mendapatkan : 

- Doa pembuka al fatihah dan ayat kursi

- Surat Yasin dan artinya

- Fadhilah Surat Yasin

- Doa Surat Yasin

- Doa Tahlil

- Doa-doa pendek

- Doa-doa panjang dan mujarab

- Ayat-ayat pendek juz 30

3 dari 3 halaman

Manfaat Membaca Buku Yasin

Manfaat Membaca Buku Yasin

Buku yasin yang diberikan dalam acara tahlilan tidak hanya berfungsi sebagai souvenir, pemberian buku yasin ini diharapkan dapat mempermudah orang yang menerimanya untuk melakukan ibadah berupa mengaji surat yasin, dengan menggunakan buku tersebut. Berikut adalah manfaat-manfaat yang bisa didapatkan dengan rajin membaca surat yasin.

1. Orang yang membaca surah Yasin akan mendapatkan pahala menyelesaikan seluruh Quran sepuluh kali lipat.

Sayyiduna Anas RA melaporkan bahwa Nabi Muhammad SAW mengatakan, “Segala sesuatu memiliki hati dan hati Al-Qur'an adalah Yaseen. Allah Ta'ala akan mencatat siapa saja yang membaca Yasin sebagai telah membaca Al-Qur'an sepuluh kali.  (Tirmidzi, Darimin)

2. Barangsiapa membaca surah Yasin di pagi hari, maka segala aktivitas hari itu dimudahkan.

Sayyiduna Ata ibn Abi Rabah RA melaporkan mendengar bahwa Nabi Muhammad SAW  berkata, "Jika ada yang membaca Yasin di awal hari, kebutuhannya akan terpenuhi.  (Darimee)

3. Membaca Surat Yasin di depan orang yang meninggal dunia, kematiannya dimudahkan dan diampuni dosanya

Sayyiduna Ma'qil ibn Yasar Muzani melaporkan Nabi Muhammad SAW mengatakan, “Jika seseorang membaca Yasin untuk kesenangan Allah, dosa masa lalunya akan diampuni; maka bacakanlah itu pada mereka yang sedang sekarat.” (Baihaqi)

4. Membaca Surat Yasin di kuburan, penghuni kuburan akan mendapatkan kemudahan dan kenyamanan pada hari itu

Sayyiduna Anas melaporkan Nabi Muhammad SAW mengatakan, “Siapa pun yang pergi ke kuburan dan membaca Surah Yaseen Allah Ta'ala memberi mereka (penghuni kuburan) kemudahan hari itu, dan qari menerima berkat spiritual yang setara dengan jumlah huruf Surah Yasin.” (Qurtubi)

5. Barangsiapa membaca Surah Yasin di malam hari Allah Ta'ala mengampuni dosa-dosanya (dosa-dosa kecil)

Sayyiduna Jundub ibn Abdullah ra meriwayatkan bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda, “Barangsiapa yang membaca Yasin di malam hari karena mencari keridhaan Allah Ta'ala, dia diampuni. (Ibn Hibban)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.