Sukses

Alami Kondisi Sangat Langka, Bayi Ini Lahir dengan Mulut Selalu Tersenyum

Kondisi yang dialami baby Ayla ini terbilang sangat langka di seluruh dunia.

Liputan6.com, Jakarta Hadirnya seorang anak dalam keluarga tentu saja memberikan kebahagiaan tersendiri. Terlebih, tak sedikit pula sebuah keluarga yang menantikan lahirnya seorang anak dalam waktu yang cukup lama.

Bukan hanya memberikan kebahagiaan saja, namun adanya anak di keluarga juga harus memberikan rasa perlindungan yang baik. Hal ini pula yang dialami oleh pasangan asal Australia, Cristina Vercher dan Blaize Mucha.

Dilansir Liputan6.com dari Brightside, Sabtu (21/1/2023) Christina dan Blaize  begitu bahagia saat mengetahui anak yang dinantikan akan lahir ke dunia. Namun rupanya, kebahagiaan yang dirasakan keduanya bersamaan dengan perasaan khawatir.

Pasalnyam sang putri diketahui lahir dengan kondisi langka. Bahkan, kondisi sang anak yang diberi nama Ayla ini sempat membingungkan para dokter. Meski begitu, Christina dan Blaize tetap memilih tegar dan merangkul sang anak walau memiliki kondisi langka.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Aktif di media sosial

Usai dinyatakan hamil pada 2021 lalu, Christina dan Blaize terbilang aktif mengunggah perkembangan kehamilan di media sosial. Bahkan, keduanya juga menerima berbagai ucapan selamat hingga pesta menyambut kehadiran sang anak.

Christina bahkan kerap mengunggah foto hasil USG di media sosial. Tak hanya itu saja, usai mengetahui keduanya akan mendapatkan calon anak perempuan, Christina dan sang suami menangis bahagia. Kelahiran sang anak di penghujung tahun pun menjadi sebuah hadiah terindah. Namun, di balik kebahagiaan tersebut, Christina juga membagikan mengenai kondisi sang anak saat lahir.

“Si kecil dalam masa neonatal telah menjadi tantangan terbesar kami, salah satu hal tersulit yang pernah saya alami." ujarnya seperti yang dilansir Liputan6.com dari Brightside, Sabtu (21/1/2023).

3 dari 4 halaman

Kondisi langka

Putri Chritina dan Blaize, baby Ayla lahir secara normal dengan keadaan sehat. Namun, saat para dokter menyerahkan sang anak kepada pasangan tersebut, keduanya menyadari jika mulut Ayla terbuka lebar tidak seperti foto USG sebelumnya.

Belakangan diketahui, jika ternyata Ayla lahir dengan mengidap makrostomia bilateral. Kondisi ini merupakan kelainan yang terbilang sangat langka. Pasalnya, batas mulut tidak menyatu dengan baik saat terbentuk di rahim.

"Pada saat itu adalah formasi yang sangat jelas karena Ayla sangat kecil. Kami langsung khawatir. Blaize dan saya tidak mengetahui kondisi ini, saya juga tidak pernah bertemu seseorang yang lahir dengan makrostomia. Jadi itu sangat mengejutkan," ujar Christina.

Karena kondisi sang anak yang terbilang sangat langka, para dokter pun diketahui membutuhkan waktu beberapa jam untuk memberikan diagnosis.

“Ini membuat pengalaman itu semakin mengkhawatirkan karena butuh beberapa jam bagi seorang dokter untuk memberi kami jawaban. Dengan ini muncul lebih banyak kesulitan, karena rumah sakit hanya memiliki sedikit pengetahuan atau dukungan untuk kondisi langka tersebut.” lanjutnya.

4 dari 4 halaman

Sempat menyalahkan diri sendiri

Kondisi langka yang dialami Baby Ayla ini pun sempay membuat Christina merasa begitu khawatir. Pasalnya, dirinya takut telah melakukan kesalahan selama hamil hingga membuat sang anak mengalami kelainan. Namun, usai menjalani pemeriksaan, para dokter pun memberikan penjelasan jika kondisi Ayla di luar kendali dan tak bisa menyalahkan siapapun.

Hal ini pun membuat Christina sempat merasa lega. Ia dan sang suami pun memilih menjadikan kondisi sang putri sebagai salah satu ciri kecantikannya. Namun, rupanya kekhawatiran Christina dan Blaize tak berhenti disitu saja. Keduanya pun mengkhawatirkan bagaimana Ayla akan menjalani hidup saat tumbuh menjadi dewasa.

Meski begitu, keduanya pun mencoba berbagai hal untuk tidak memperburuk keadaan. Pasangan ini juga memilih untuk membuat setiap harinya menjadi hari paling membahagiaan dan tak terlupakan bagi sang anak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.