Sukses

Wajah Pria Ini Terlihat Meleleh Bak Lilin Akibat Penyakit Langka, Banjir Dukungan

Wajah pria meleleh seperti lilin.

Liputan6.com, Jakarta Penyakit tumor memang kerap menghantui banyak orang. Tak heran jika penyakit yang mirip-mirip dengan kanker ini terjadi akibat pertumbuhan sel yang tak normal. Menakutkannya lagi, hingga kini belum ada penyebab pasti penyakit tumor maupun kanker. 

Seperti yang diderita seorang pria di India yang mengidap penyakit langka. Wajahnya tampak meleleh seperti lilin, juga seperti plastik yang terbakar. Kendati terlihat menakutkan, pria bernama Govardhan Das itu tetap dicintai dan dihormati orang sekitar. 

“Orang-orang mengolok-olok saya dan memanggil saya dengan nama yang berbeda tetapi saya tidak mempedulikan mereka,” kata Govardhan Das kepada Jam Press.

Pria 52 tahun bahkan kerap mendapat olok-olok dari orang lain. Ada juga pembeli yang justru ketakutan melihatnya. Mengingat Govardhan sendiri berjuang memenuhi kebutuhan sehari-hari sebagai pedagang. 

Mengidap penyakit langka, pria asal Punjab, India itu punya wajah yang rusak. Bentuk wajahnya tak lagi sama yang berkesan meleleh bak lilin. Berikut Liputan6.com merangkum kisah Govardhan dan penyakit langka ini melansir dari Jam Press, Jumat (20/1/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Wajah dan kepala sebelah kanan meleleh

Govardhan menderita neurofibromatosis tipe 1, kondisi genetik yang sangat langka.  Menurut Medlineplus.gov, penyakit ini ditandai dengan perubahan warna kulit (pigmentasi) dan pertumbuhan tumor di sepanjang saraf di kulit, otak, dan bagian tubuh lainnya.

Das bukanlah penderita neurofibromatosis pertama yang tidak membiarkan kondisinya menurun. Kasus ini 

Penyakit langka ini juga dikenal dengan julukan Von Recklinghausen. Tumor bakal merusak wajah yang sudah terjadi pada 1 dari 3.000 hingga 4.000 orang di seluruh dunia.

Govardhan Das tidak menunjukkan tanda-tanda neurofibromatosis sampai dia berusia 20 tahun. Saat itu tumor seperti benjolan kecil tumbuh di wajahnya, terutama menyerang sisi kanan. Selama tiga dekade berikutnya, massa semakin membesar hingga ia kehilangan telinga kanan dan mata serta separuh mulutnya sementara hidungnya membesar.

3 dari 3 halaman

Disegani meski terlihat menakutkan

Melihat foto Govardhan yang beredar di jagat maya membuat namanya semakin dikenal. Bukan tanpa alasan, videonya yang tersebar di TikTok memicu berbagai komentar dari netizen. Tak sedikit yang menyebut wajah pria asal Punjab itu menakutkan. Kendati demikian, kisah Govardhan banjir dukungan. 

Pria malang itu berjuang untuk melihat, makan atau berbicara dengan benar, dan terus menerus kesakitan, mengklaim bahwa kulitnya terbakar dan gatal setiap kali dia berkeringat.

Yang terburuk, tidak ada obat untuk tumor, yang hanya bertambah seiring bertambahnya usia. Dokter diketahui menolak untuk mengoperasi Das karena mereka mengklaim kondisi tersebut terkait dengan otaknya dan oleh karena itu tidak mungkin untuk diobati.

Meskipun demikian, pasien menolak untuk membiarkan kesengsaraannya yang melemahkan mendefinisikan dirinya.

“Saya merasa tidak nyaman bergerak bebas di pasar karena orang-orang menatap saya dan anak-anak takut pada saya, tetapi keluarga saya dan penduduk desa saya mencintai dan menghormati saya,” katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.