Sukses

Profil PT Gandum Mas Kencana, Produsen Bahan Kue Ternama di Indonesia

PT Gandum Mas Kencana adalah salah satu perusahaan yang memproduksi bahan kue yang cukup terkenal di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta Bisnis di bidang kuliner menang tidak ada matinya. Selama manusia hidup ia pasti perlu makan, oleh sebab itu bisnis di bidang makanan akan terus ada. Tidak makanan jadi, bisnis kuliner juga mencakup bahan untuk membuat makanan tersebut. Salah satu perusahaan yang bergerak di bidang bahan makanan adah PT Gandum Mas Kencana.

PT Gandum Mas Kencana adalah salah satu perusahaan yang memproduksi bahan kue yang cukup terkenal di Indonesia. Produk buatan PT Gandum Mas Kencana dapat dengan mudah ditemukan di berbagai tempat perbelanjaan. Bekerja sama dengan PT Prambanan Kencana sebagai distributor, produk PT Gandum Mas Kencana berhasil menjangkau berbagai wilayah di Indonesia.

Selain dipasarkan di dalam negeri, PT Gandum Mas Kencana juga telah berhasil menembus pasar Internasional. Cokelat compound buatan PT Gandum Mas Kencana dengan merek dagang Collata menjadi produk cokelat compound buatan Indonesia yang menembus pasar internasional. Berikut ulasan Liputan6.com tentang usaha PT Gandum Mas Kencana yang dirangkum dari laman resmi perusahaan, Selasa (10/11/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Perjalanan Usaha PT Gandum Mas Kencana

PT Gandum Mas Kencana (GMK) sudah menjalankan usahanya sejak 1985 di Tangerang. Perusahaan terus berkembang menjadi produsen bahan-bahan kue khususnya coklat compound dengan merek Colatta. GMK juga memproduksi bahan dasar dalam bentuk powder dengan merek Haan dan Bendico.  Merek dagang La Kraiva juga dibuat untuk menyediakan produk siap pakai yang dapat digunakan secara luas dalam berbagai kreasi seperti makanan penutup, minuman, dan pembuatan kue.

Berawal dari perusahaan privat yang khusus menyediakan kebutuhan baking skala rumahan, GMK telah berkembang menjadi salah satu pemain utama dalam industri cokelat. Kini, GMK telah menjadi pengekspor cokelat yang merambah ke sejumlah negara di Asia, Afrika, Eropa dan berencana mengembangkan sayapnya ke berbagai negara lain. 

Kebutuhan pasar yang terus berkembang dan berbagai tren yang terus bertumbuh, membuat konsumen membutuhkan produk yang semakin beragam dan spesifik.PT Gandum Mas Kencana mengerti bahwa industri makanan membutuhkan bahan baku berkualitas yang akan mempengaruhi produk jadi.  Harga yang bersaing juga menjadi titik penting dalam bisnis ini. Didukung dengan teknologi tinggi, tim riset dan quality management GMK dapat memenuhi kebutuhan serta mengembangkan produk yang sesuai dengan permintaan konsumen.

PT Gandum Mas Kencana menjamin kualitas produk yang dibuat dengan melengkapi sertifikasi dalam keamanan dan kualitas pangan. Semua produk buatan GMK  telah memenuhi sertifikasi Halal, HACCP, ISO 9001, ISO 22000 dan SNI. Selain itu semua produk dibuat dengan teknologi tinggi, dan sumber daya manusia berkualitas.

3 dari 4 halaman

Produk PT Gandum Mas Kencana Berorientasi pada Pelanggan

PT Gandum Mas memiliki misi “We strive to inspire people to explore their passion in food creations so that they can delight the world” yang menjadi pedoman untuk selalu mengedepankan pelanggan dalam menjalankan bisnisnya. Melalui visi dan misi perusahaan PT Gandum Mas Kencana memberikan produk dan layanan terdepan untuk menyenangkan pelanggan melalui produk makanan dan minuman. 

Mengikuti tren bisnis kuliner saat ini, GMK menyadari terjadinya meningkatnya permintaan terhadap produk yang unik dan spesial. GMK membuka diri terhadap produk yang dirancang khusus sesuai kebutuhan pelanggan. Jumlah pemesanan, fleksibilitas, pengiriman tepat waktu, serta jaminan kerahasiaan telah diatur dalam regulasi perusahaan kami. 

PT Gandum Mas Kencana berusaha untuk menjadi mitra yang dapat memberikan solusi terbaik terhadap pelanggan dalam penanganan masalah bersama. GMK juga menyediakan layanan berupa pengembangan produk dan aplikasi, pelatihan, percobaan, saran produksi, serta konsultasi pengemasan produk.

4 dari 4 halaman

Produk PT Gandum Mas Kencana

Coklat

PT Gandum Mas Kencana memproduksi rangkaian coklat dan produk berbahan dasar coklat untuk industri makanan. Merek Colatta buatan GMK sangat unggul di varian coklat compound. Colatta juga merupakan cokelat compound pertama yang memiliki rangkaian coklat dengan berbagai rasa dan warna. Colatta adalah merek dagang cokelat pertama dari Indonesia yang berhasil memasuki pasar dunia dan telah berkembang pesat terutama di negara-negara Asia.

Dessert Mixes

PT Gandum Mas Kencana juga memproduksi berbagai jenis dessert-mix dan bahan makanan instan berbentuk bubuk, mulai dari pudding, mousse, flaa, dan es krim. GMK juga memproduksi berbagai jenis saus yang sangat cocok dipadukan dengan dessert. Bermula dari tepung pembuat kue, GMK konsisten menjadikan berbagai bahan baku ini sebagai spesialisasi kami. 

Bakery Mixes and Ingredients

Bermula dari premiks dan bahan campuran kue, PT Gandum Mas akhirnya menjadikan produk ini sebagai salah satu bisnis inti. GMK membuat premiks kue dan serta bahan bubuk lainnya, seperti berbagai gula icing dan gula dekorasi. GMK juga melayani berbagai segmen pasar mulai dari industri hingga artisan, dari kelembagaan hingga pasar ritel.

 

Unit Bisnis PT Gandum Mas

Business to Business

Pada unit bisnis food service business to business terdapat beberapa segmentasi konsumen yaitu Bakery, Hotel, Restaurant, Café dan Catering. Banyak rantai layanan makanan ternama dan besar di Indonesia menggunakan produk PT Gandum Mas. Terdapat tiga pilar strategi yang diadopsi GMK di unit bisnis Food Service, termasuk produk yang komprehensif dengan nilai dan kustomisasi yang baik. 

Business to Consumer

Berbeda dengan unit food service business to business, unit consumer goods berfokus pada target konsumen wanita, baik ibu rumah tangga maupun pekerja dengan rentang usia 20 tahun ke atas. Saat ini produk GMK khususnya Colatta merupakan salah satu produk unggulan dalam pembuatan kue coklat yang dikenal luas oleh masyarakat. Begitu juga dengan Haan yang memiliki sejumlah produk unggulan, seperti Wippy Cream, Ice Cream, Pancake, Pudding, dan Flan Mix.

Sesuai target konsumen, GMK melayani permintaan melalui komunikasi tatap muka dan penjualan produk langsung. Untuk meningkatkan brand awareness, GMK juga melakukan komunikasi secara digital. Selain memaksimalkan ketersediaan produk di gerai, GMK gencar melakukan ekspansi dan penetrasi produk di semua jalur.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.