Sukses

PT Ultrajaya Milk Industry Tbk, Produsen Minuman Siap Saji Legendaris di Indonesia

Sejak pertama kali melakukan kegiatan produksi hingga saat ini, PT Ultrajaya konsisten menyajikan minuman siap saji yang dikemas dalam kemasan karton aseptik.

Liputan6.com, Jakarta Siapa tidak kenal dengan merek Susu Ultra, Teh Kotak, dan Sari Kacang Ijo? Ketiga merek ini merupakan produk minuman cepat saji yang sudah eksis di Indonesia selama bertahun-tahun. Ketiganya juga merupakan produk dari perusahaan yang sama, yaitu PT Ultrajaya Milk Industry Tbk.

Entitas perusahaan PT Ultrajaya terbentuk pada 1971. Sejak pertama kali melakukan kegiatan produksi hingga saat ini, PT Ultrajaya konsisten menyajikan minuman siap saji yang dikemas dalam kemasan karton aseptik. Pemilihan kemasan ini bertujuan untuk menjaga kualitas produk di dalam kemasan tetap baik hingga sampai di tangan konsumen.

PT Ultrajaya terus melakukan inovasi untuk meningkatkan kualitas dan variasi produknya agar mampu bertahan melintasi generasi ke generasi. Berikut ulasan LIputan6.com tentang PT Ultrajaya yang dirangkum dari laman resmi perusahaan, Kamis (5/1/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Profil PT Ultrajaya

Pendiri PT Ultrajaya telah mulai merintis usahanya sejak 1950. Entitas perusahaan sebagai PT Ultrajaya Milk Industry Tbk resmi dibentuk pada 1971. Perusahaan ini kemudian terdaftar sebagai perusahaan terbuka pada 1990. Sebagai badan hukum yang didirikan dan melakukan kegiatan usaha di Indonesia, PT Ultrajaya selalu berupaya mematuhi semua ketentuan dan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia.

PT Ultrajaya secara turun temurun terus tumbuh dan berkembang dengan pesatnya hingga menjadi salah satu perusahaan yang unggul sebagai produsen produk susu cair segar yang diproses dengan proses UHT dan juga minuman siap saji. Perusahaan percaya bahwa kesuksesan yang dicapai merupakan hasil dari komitmen untuk memproduksi produk dan brand berkualitas tinggi yang mengiringi perkembangan kebutuhan masyarakat.

Dalam proses produksinya PT Ultrajaya berkomitmen untuk memastikan hanya bahan-bahan dengan kualitas terbaik, yang akan digunakan untuk produksi. Perusahaan juga melakukan kegiatan produksi secara maksimal dengan kapasitas produksi yang besar mengimbangi besarnya permintaan konsumen. 

Kegiatan produksi dilakukan menggunakan teknologi terbaik untuk menghasilkan kualitas produk yang baik juga. Selain itu PT Ultrajaya juga terus memperluas jaringan distribusinya ke seluruh pelosok Indonesia, agar semakin banyak orang yang dapat merasakan manfaat dari produk Ultrajaya.

3 dari 4 halaman

Komitmen PT Ultrajaya Milk Industry Tbk Menghasilkan Produk Berkualitas

Tekad Ultrajaya untuk menghasilkan produk minuman siap saji dapat dilihat dari investasi yang sangat besar dalam sistem pengolahan dan pengemasannya. Pabrik PT Ultrajaya yang serba otomatis diakui sebagai salah satu mesin pengolahan makanan dan minuman yang paling canggih di Indonesia. 

Mesin yang paling modern dan berteknologi canggih ini digunakan untuk mempertahankan kesegaran dan nilai gizi dari bahan baku yang sudah terpilih untuk menghasilkan produk berkualitas terbaik bagi konsumen.

PT Ultrajaya merupakan produsen minuman pertama yang menggunakan teknologi Ultra High Temperature (UHT) dan pengemasan aseptik di Indonesia untuk memproduksi produk yang dapat disimpan dalam jangka waktu panjang. Ultrajaya juga merupakan salah satu produsen produk UHT terbesar di Asia Pasifik dengan total kapasitas produksi mencapai lebih dari 100 juta liter setiap tahun.

Sejak bahan baku mulai diproses secara otomatis, hingga produk jadi siap meninggalkan gudang penyimpanan di PT Ultrajaya, tidak ada kontak langsung dengan tangan manusia. Hal ini menjadi jaminan bahwa produk yang dihasilkan higienis dari awal proses produksi hingga distribusi. Perusahaan juga melakukan serangkaian uji laboratorium yang lengkap dan ketat mulai dari bahan baku hingga produk jadi, untuk memastikan standar kualitas yang diinginkan.

Seluruh produk Ultrajaya telah mendapatkan persetujuan pendaftaran dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Hal ini sebagaimana diwajibkan kepada produsen yang memproduksi dan melakukan perdagangan produk makanan dan minuman dalam kemasan ritel oleh pemerintah Indonesia. Selain itu, produk Ultrajaya juga telah mempunyai sertifikat halal dari Majelis Ulama Indonesia untuk menjamin kenyamanan masyarakat Indonesia yang mayoritas beragama Islam.

4 dari 4 halaman

Kepedulian PT Ultrajaya pada Masyarakat

Selain memiliki komitmen tinggi kepada konsumen dan stakeholder terkait, PT Ultrajaya pun tak luput untuk menunjang kesejahteraan karyawan, masyarakat, serta berpartisipasi aktif dalam menjaga kelestarian lingkungan. Ultrajaya berusaha agar keberadaannya tidak merugikan masyarakat, tapi justru harus dapat memberi manfaat pada masyarakat, terutama bagi masyarakat yang berada di sekitar lokasi kantor dan pabrik Ultrajaya.

Aspek Lingkungan

Melindungi lingkungan hidup merupakan salah satu dari tujuan jangka panjang tanggung jawab sosial perusahaan sebagai produsen makanan dan minuman. PT Ultrajaya selalu mentaati berbagai perundangan dan peraturan yang berkaitan dengan lingkungan hidup, dan memenuhi kesepakatan-kesepakatan tertentu sesuai dengan perizinan yang ada. 

PT Ultrajaya melengkapi fasilitas produksi dengan peralatan pengolahan limbah yang dibutuhkan dan mempekerjakan tenaga khusus untuk memantau kepatuhan terhadap standar lingkungan hidup yang ditetapkan. Kegiatan pengelolaan limbah dilakukan dengan melibatkan pemantauan dan pembuangan limbah padat dan limbah cair.

Pemilihan kemasan karton untuk produk yang dihasilkan juga bertujuan untuk menjaga kelestarian lingkungan. Ultrajaya juga turut aktif berperan serta dan bertindak sebagai sponsor dalam program Thanks To Nature, program yang mengajak seluruh masyarakat untuk lebih mencintai dan turut memelihara lingkungan hidup.

Aspek Ketenagakerjaan

PT Ultrajaya menjadikan Undang-undang Ketenagakerjaan sebagai dasar pijakan usaha. perusahaan selalu mematuhi aturan dan ketentuan yang terdapat dalam undang-undang tersebut. Selain itu, Perseroan juga telah memiliki Perjanjian Kerja Bersama (PKB) yang merupakan panduan bagi seluruh karyawan dalam melaksanakan tugasnya.

PKB ini disusun oleh sebuah tim yang merupakan gabungan antara wakil pihak Perseroan dengan pihak Serikat Pekerja dengan tujuan utama untuk menjelaskan dan menegaskan hak dan kewajiban masing-masing pihak, baik yang sudah ada atau pun yang belum diatur dalam Undang-undang Ketenagakerjaan. Perseroan juga mempunyai Peraturan Perusahaan yang merupakan panduan etika kerja bagi golongan staf & manajerial.

Aspek Pengembangan Sosial dan Kemasyarakatan

PT Ultrajaya berperan aktif di bidang kesehatan masyarakat antara lain dengan memberikan bantuan berupa alat-alat kesehatan yang diperlukan oleh Puskesmas dan Posyandu yang ada di desa-desa tersebut. Perusahaan ini juga memberikan bantuan dana untuk penyuluhan tentang kecukupan gizi dan kesehatan masyarakat bagi petugas-petugas Posyandu, yang pada gilirannya akan memberikan penyuluhan kepada masyarakat.

Sampai saat ini Ultrajaya masih menyediakan dan menyalurkan air bersih kepada masyarakat yang berdomisili di sekitar kantor maupun pabrik Ultrajaya dengan membuat bak-bak penampungan air bersih lengkap dengan instalasi pemipaannya.

PT Ultrajaya juga membuat program beasiswa, program bantuan pembangunan atau renovasi bangunan sekolah, serta menjadi sponsor dalam berbagai acara, seminar, dan kegiatan-kegiatan yang bertemakan pendidikan. Dalam tahun 2014 biaya yang telah dikeluarkan untuk keperluan program di bidang ini adalah Rp. 1.872.000.000.-

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.